• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Radang Panggul Pada Wanita

Penyakit Radang Panggul Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 9.1 / 10 (8 orang penilai )

radang panggul

Penyakit radang panggul atau dalam bahasa inggris di sebut Pelvic inflammatory disease (PID) adalah infeksi yang terjadi pada bagian atas sistem reproduksi wanita atau yang bisa disebut dengan uterus, ovarium dan saluran tuba. Penyakit ini merupakan komplikasi yang paling umum dan merupakan termasuk penyakit serius dari segala macam penyakit menular seksual ( PMS ) lainnya dikalangan wanita atau perempuan.

Radang panggul ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang masuk ke dalam vagina wanita melalui hubungan seks, ketika berhubungan intim berlangsung laki-laki yang tidak menggunakan kondom atau pelindung dapat mengakibatkan pasangan wanita berkemungkinan lebih besar terjangkit. Penyakit gonore dan klamidia juga adalah salah satu penyebab utama terjadinya radang panggul.

Penyakit ini dimulai dengan awal infeksi yang naik dari vagina lalu ke leher rahim dan sampai ke saluran kelamin bagian atas. Tanda dan gejala radang panggul bisa meliputi demam, keputihan yang keluar dari vagina dengan bau yang tak sedap, rasa sakit di area vagina yang hebat seperti nyeri ketika berhubungan seksual dengan pasangan, dan pendarahan vagina.

Mikroorganisme menular bermigrasi ke wilayah atas dari uretra dan banyak organisme lain yang berbeda yang dapat menyebabkan terjadinya radang panggul. Kaum wanita yang terkena penyakit menular seksual dapat beresiko lebih besar.

Pada saat kejadian penyakit ini menyerang, hal ini dapat meningkatkan risiko pertahanan tubuh smenjadi rusak karena pertarungan pertahanan awal infeksi saluran kelamin di bagian atas.

penyakit radang panggul

Lalu bagaimana Anda tahu jika Anda terjangkit?

Diagnosis pada pengecekan radang panggul biasanya didasarkan dari sejarah hubugan seksual Anda secara medis, pemeriksaan fisik, dan berbagai hasil tes lainnya yang dilakukan oleh dokter ahli. Anda mungkin tidak menyadari jika Anda terkena penyakit ini, karena gejala pada penyakit ini sangatlah tidak terlalu menonjol, atau Anda mungkin tidak mengalami sama sekali gejala apapun pada saat penyakit masuk ke diri Anda. Namun ada juga gejala dari penyakit ini yang mungkin akan terlihat seperti :

• Nyeri di perut bagian bawah dekat dengan area kewanitaan
• Timbul demam yang terjadi pada diri Anda
• Munculnya keputihan yang keluar dari vagina dengan bau yang tak sedap
• Rasa sakit dan nyeri atau pendarahan ketika berhubungan seks
• Rasa perih seperti terbakar ketika buang air kecil
• Pendarahan pada vagina Anda

Jika Anda para wanita ada yang memiliki tanda atau gejala dari ciri-ciri diatas kami sarankan agar segera pergi ke dokter khusus ahli penyakit ini. Dapatkan hasil tes untuk klamidia pada setiap tahunnya jika Anda aktif berhubungan seksual. Bicara jujur dan terbuka dengan dokter konsultasi Anda tentang segala aktifitas seks Anda sehingga dokter tahu tes apa dan pengujian apa saja yang harus di lakukan dokter agar Anda segera tahu apakah Anda terkena penyakit ini atau tidak

Bagaimana Anda bisa mengurangi risiko?

Jika Anda aktif berhubungan seksual ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar Anda terhindar dari penyakit ini, yaitu :

• Tidak melakukan hubungan seks dengan sembarang orang yang Anda tidak kenal
• Menggunakan kondom dengan benar ketika berhubungan seks dengan pasangan
• Sebelum berhubungan seksual alangkah baiknya Anda mengetahui apakah pasangan Anda sedang dalam kesehatan yang baik atau tidak.

Kebanyakan pasien yang terjangkit memerlukan pengobatan rawat jalan dan dalam kasus-kasus tertentu dokter juga ada yang mempertimbangkan apakah pasien harus mengikuti pengobatan rawat inap atau tidak tergantung dari parah atau tidaknya penyakit radang panggul yang terjadi.

Itulah beberapa info mengenai radang panggul wanita yang harus Anda ketahui. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih  
 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan