• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Kutil Kelamin Atau kondiloma akuminata

Kutil Kelamin Dan kondiloma akuminata | Klinik Utama Gracia
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (6 orang penilai )

kutil kelamin

Kutil Kelamin

Para kaum wanita atau pria dewasa pasti mengerti tentang hubungan seks pada masing-masing lawan jenis atau pasangannya. Berhubungan intim tentu akan menjadi bagian dari kehidupan manusia setelah memiliki pasangan atau menikah. Namun berhubungan dengan pasangan yang kita miliki akan menghadirkan sensasi yang berbeda, dibandingkan dengan pasangan lain. Karena kita tidak mengetahui apakah pasangan seks tersebut memiliki riwayat penyakit kelamin atau tidak. Salah satu penyakit yang mudah terserang akibat hubungan seks tidak sehat yaitu penyakit kutil kelamin atau kondiloma akuminata.

Berhubungan seks dengan orang yang sehat dari penyakit infeksi menular seksual akan lebih baik dan lebih aman, karena hubungan seks sehat menjadi salah satu kesuksesan menuju rumah tangga yang harmonis. Tapi jika hubungan seks dilakukan secara tidak sehat maka hal itu akan berdampak buruk bagi kedua individu, karena penyakit manusia kemungkinan besar dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

chat

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas penyakit seks menular yaitu kutil kelamin atau kondiloma akuminata Penyakit kutil kelamin disebabkan oleh virus human papilloma atau disingkat HPV. Penyakit ini memiliki gejala awal  seperti bintik-bintik merah yang dapat menyebar di daerah penis dan vagina. Bintik-bintik akan bertambah banyak dan membesar jika dibiarkan, bintik tersebut sering dikatakan sebagai kutil kelamin. Karena memang tumbuh di area kelamin, baik kelamin pria maupun kelamin wanita.

Kutil tersebut juga akan menular kepada pasangan Anda melalui hubungan seks. Dokter ahli Klinik Utama Gracia menjelaskan, penularan virus human papilloma tersebut terjadi melalui kontak melalui kulit dengan kulit, pada saat aktivitas seks berlangsung. Risiko tertular penyakit kutil kelamin ini akan semakin meningkat ketika berhubungan seks di lakukan tanpa kondom atau pelindung.

Jenis virus human papilloma ada banyak. Beberapa di antaranya seperti jenis 16 dan 18 dapat  menyebabkan kanker serviks, sedangkan pada jenis lain dapa menimbulkan penyakit seks menular seperti penyakit Kondiloma akuminata. Seseorang yang terjangkit virus human papilloma kutil kelamin atau kondiloma akuminata biasanya akan mengalami gatal-gatal di area sekitar organ intim.

Gejala Kutil Kelamin

Selanjutnya akan muncul bintik-bintik seperti kutil yang akan timbul di kulit area penis atau vagina. Jika tidak segera di tangani secara cepat kutil ini akan terus tumbuh dan membentuk ukuran yang semakin besar. Bila penderita adalah pria maka penyakit kondiloma akuminata ini dapat tumbuh di bagian tongkat dan ujung penis, anus, dan sekitar area kelamin lainnya. Sedangkan untuk perempuan yang mungkin terjangkit virus dari pasangan prianya, kutil dapat tumbuh di bagian leher rahim,  dinding vagina atau di sekitar area vagina lainnya.

Kutil yang muncul umumnya tak tampak secara kasat mata, karena bentuknya yang cukup kecil. Sehingga sering terabaikan oleh penderitanya. Tetapi terdapat gejala yang umum terjadi seperti rasa gatal pada area kelamin, dan ketika melakukan hubungan seks, saat melakukan penetrasi dapat membuat kutil berdarah.

Namun jika terus dibiarkan, maka kutil akan bertambah banyak dan membentuk kelompok-kelompok. Ketika sudah cukup banyak, maka kutil akan membentuk kelompok yang cukup besar, dan akan terlihat seperti kembang kol. Bintik-bintik yang muncul akan muncul dengan warna abu-abu atau berwarna kemerahan.

Kondiloma akuminata

Kondiloma akuminata memiliki beberapa penjelasan yang wajib Anda ketahui. Mari kita baca pada penjelasan di bawah ini.

• Penyakit kondiloma akuminata disebabkan oleh virus papiloma human dengan jenis virus 6 dan 11
• Pertumbuhan jaringan yang bersifat jinak dan superfisial di daerah genitalia atau kelamin
• Tumor yang ditemukan pada kelamin laki-laki atau wanita bersifat lunak

Pada Perkembangan awal virus, kutil yang tumbuh dan keluar dari kulit berukuran sangat kecil, kemudian cenderung akan muncul lebih banyak dan berkelompok, selanjutnya kutil-kutil tersebut akan menyatu membentuk suatu benjolan dengan ukuran yang besar menyerupai jambul ayam.

Kapan Harus Memeriksakan Diri Ke Dokter

Penyakit kondiloma akuminata bukanlah penyakit biasa. Anda harus segera melakukan pengobatan ketika sudah menemukan bintik-bintik di sekitar area kelamin anda. Jika timbul rasa gatal pada kelamin yang terjadi secara terus menerus, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui, apakah bintik-bintik yang muncul tersebut betul-betul bintik yang akan menyebabkan kutil kelamin, atau hanya sekedar bintik-bintik biasa. Bintik-bintik tersebut juga dapat muncul di anus, ataupun dibagian mulut dan tenggorokan ketika anda pernah melakukan seks anal maupun seks oral.

chat

Jika kutil tumbuh di luar, maka kondisi tersebut masih dapat langsung mendapatkan diagnosa. Namun apabila kutil tumbuh di dalam anus atau dalam vagina, maka pemeriksaan harus menggunakan perantara alat yang dapat melihat ada atau tidaknya pertumbuhan kutil di dalam anus, vagina, dan di dalam rahim.

Bayipun dapat tertular penyakit ini karena ibu yang sedang mengandung yang terjangkit virus HPV. Negara Indonesia menunjukkan bahwa penyakit ini menduduki peringkat ketiga diantara penyakit PMS atau penyakit seks  menular lainnya.

Temui dokter, ketika anda menemui beberapa gejala seperti :

• Merasa gatal di sekitar area kelamin
• Pernah melakukan hubungan seks tanpa pengaman dengan orang yang tidak anda ketahui riwayat seksualnya
• Memiliki pasangan yang sudah tertular kondiloma akuminata
• Tertular penyakit menular seksual lainnya

Bagi wanita yang telah aktif secara seksual atau telah menikah, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan pap smear setiap dua atau tiga tahun sekali. Pemeriksaan pap smear dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan virus HPV di sekitar area dalam vagina, dan dinding rahim.

Tes pap smear dapat menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengetahui perkembangan sel-sel yang terdapat di dalam rahim. Keakuratan dari tes pap smear pun mencapai 90 % lebih. Pap smear pun dapat dilakukan untuk mendeteksi perkembangan sel yang dapat berubah menjadi kanker rahim atau kanker serviks.

Hingga saat ini, tes pap smear masih menjadi tes yang cukup efektif dalam memeriksa ada atau tidaknya virus HPV di dalam tubuh. Sehingga sangat dianjurkan bagi anda wanita yang sering melakukan hubungan seks dengan bergonta-ganti pasangan untuk melakukan tes pap smear untuk mengetahui perkembangan virus dan pertumbuhan sel.

Pengobatan Kutil Kelamin

Ada dua cara yang sering dilakukan untuk mengobati kondiloma akuminata, yakni dengan menggunakan obat topical dan dengan ablasi. Cara yang mana yang cocok digunakan? Sesuai dengan sudah seperapa parah kondisi kondiloma akuminata yang telah dialami.

Pengobatan Topikal

Obat Imiquimod

Obat ini dirancang untuk dapat melawan virus penyebab kutil tersebut. Karena obat ini akan bekerja agar sistem imun tubuh dapat lebih kuat dan dapat melawan virus yang ada. Imiquimod sangat cocok digunakan untuk kutil yang sudah cukup besar.

Podophyllotoxin

Obat podophyllotoxin merupakan obat yang sangat cocok untuk meracuni sel-sel kutil. Obat jenis ini sering digunakan untuk melawan kutil-kutil yang berukuran kecil dan cukup banyak.

Asam Trikloroasetat

Obat yang satu ini sangat efektif dalam membakar sel-sel kutil. Sehingga akan menimbulkan efek samping seperti rasa panas setelah dioleskan pada bagian yang terdapat kutil. Obat ini digunakan harus sesuai dengan asam trikloroasetat.

Teknik Ablasi

Terdapat sekitar empat teknik ablasi yang sering dilakukan untuk mengobati kutil kelamin, berikut beberapa model ablasi yang sering digunakan:

Bedah laser

Sesuai dengan namanya, kutil kelamin akan dibedah menggunakan alat laser yang digunakan untuk menghilangkan dan membakar kutil-kutil yang ada di tubuh anda. Namun metode ini adalah metode paling terakhir yang digunakan untuk menyembuhkan dari kondiloma akuminata, setelah teknik ablasi lainnya tidak dapat dilakukan.

Bedah Listrik

Selain bedah laser, terdapat cara lain untuk melakukan penyembuhan kutil pada kelamin, yaitu bedah listrik. Bedah listrik dengan melakukan pemotongan kutil-kutil tersebut, setelah itu jaringan kutil yang tersisa akan dibakar menggunakan kawat listrik.

Cryotheraphy

Teknik ini merupakan teknik pembekuan kutil menggunakan cairan nitrogen. Teknik cryotheraphy harus dilakukan berkali-kali hingga kutil hilang, dan tumbuh jaringan kulit baru. Biasanya teknik ini digunakan untuk jaringan kutil yang tumbuh di sekitar penis dan vulva.

Eksisi

Teknik eksisi ini adalah teknik yang paling sederhana dalam menyembuhkan kutil kelamin. Teknik ini merupakan teknik yang dilakukan dengan cara membuang dan memotong jaringan kutil. Setelah itu jaringan akan dibuang. Biasanya dokter akan melakukan bius lokal pada pasien, dan efek samping dari teknik eksisi adalah munculnya bekas luka setelah sembuh.

chat

Merawat Kutil Kelamin

Ketika anda sudah mengunjungi dokter, dan mendapatkan penanganan dini maka saatnya untuk melakukan penanganan secara mandiri di rumah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, tentunya ini merupakan cara yang cukup mudah dan sederhana yang dapat anda lakukan.

Menjaga Kebersihan

Ketika anda sedang dalam masa pengobatan, maka cobalah untuk tetap menjaga kebersihan pada sekitar area kelamin, dan tetaplah menjaga kelamin agar tetap sehat. Bakteri sangat senang tinggal di area yang lembab, ketika area sekitar kelamin yang di tutupi oleh kutil dan selalu dalam kondisi kering, maka itu akan membantu dalam penyembuhan kutil menjadi lebih cepat.

Jangan Menggaruk

Kondilama akuminata yang ada disekitar area kelamin akan menimbulkan efek gatal. Namun saat gatal itu muncul, jangan pernah menggaruk gatal tersebut. Dengan menggaruk kutil, hanya menyebabkan kutil menjadi pecah dan virus akan menyebar ke area yang belum terinfeksi.
Untuk menghilangkan rasa gatal dari kutil, anda bisa merendam dengan air hangat yang dicampur dengan oatmeal, dan mengkompres dingin kutil yang ada.

Makan-Makanan Sehat

Cara lain yang sangat efektif dalam mengatasi kondiloma akuminata adalah dengan terus menjaga pola makan. Selalu konsumsi makanan sehat, agar anda dapat mempercepat penyembuhan kutil yang muncul disekitar tubuh anda. Makanan sehat dapat membantu dalam melawan bakteri.

Pencegahan

Dokter juga mengatakan, sama seperti penyakit menular seks lainnya penyakit kutil kelamin atau human papilloma sebenarnya dapat dicegah dengan cara melakukan seks sehat. Namun hal utama yang harus di perhatikan adalah, tidak dianjurkan untuk berganti-ganti pasangan seks dengan sembarang orang. Selain itu gunakanlah kondom ketika berhubungan seksual dengan suami atau istri Anda demi menjaga keamanan dan kesehatan diri Anda dan pasangan.

Kondiloma Akuminata adalah salah satu penyakit menular seksual selain, kutu kemaluan, Sifilis, Vaginitis, Herpes Genetalis, Gonore dan Chlamydia.
Penularan penyakit menular seksual pada penjelasan di atas pada umumnya adalah melalui hubungan seksual yang tidak sehat, sedangkan kemungkinan lainnya yaitu melalui transfusi darah, suntik jarum, dan lain-lain.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan