• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Penyakit Keputihan Pada Wanita

Penyakit Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 9.3 / 10 (7 orang penilai )

keputihan

Keputihan Pada  Wanita

Keputihan adalah keluarnya cairan berlendir berwarna putih seperti krim dan berwarna kelabu yang keluar dari dalam vagina wanita. Pada dasarnya keputihan ini adalah hal yang sering dan biasa dihadapi oleh wanita di seluruh Indonesia dan dunia. Menurut pakar dan staff terahli kami mereka berpendapat bahwa hampir 80% wanita yang sudah menikah telah mengalami masalah keputihan yang diakibatkan oleh aktivitas seksual dengan pasangannya.

Sekarang banyak wanita yang tidak memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya risiko serta bahaya penyakit yang bisa disebabkan dari penyakit keputihan ini. Bahkan banyak wanita yang menganggap enteng masalah keputihan ini. Maka dari itu penting sekali bagi para kaum wanita harus memiliki pengetahuan dasar keputihan yang mampu membedakan produksi cairan lendir vagina secara alami dengan penyakit keputihan yang serius dimana penyakit keputihan tersebut dapat membutuhkan perawatan medis dari doker khusus kewanitaan.

Keputihan pada dasarnya terbagi menjadi 2 jenis yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Klinik Utama Gracia Indonesia

Keputihan Normal atau Fisiologis

Keputihan normal adalah keluarnya cairan berwarna putih dari dalam vagina yang tidak terlalu berlebihan keluarnya. Untuk Anda yang mengalami keputihan jenis ini tidak perlu khawatir dan merasa risau atau panik, karena keputihan jenis ini tidaklah berbahaya bagi kesehatan Anda. Biasanya keputihan ini terjadi pada wanita yang sudah mengalami masa remaja atau puber dan  mulai menstruasi. Berikut kami beritahukan untuk Anda ciri-ciri dari keputihan normal.

• Keluarnya cairan encer dari vagina
• Cairan yang keluar berwarna bening dan transparan
• Cairan tersebut tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal
• Cairan yang keluar sedikit dan tidak lengket

Dari penjelasan diatas jika dari Anda ada yang mengalami keputihan dengan ciri-ciri tersebut, maka Anda tidak perlu khawatir ataupun panik karena hal ini sangatlah lumrah dan  normal  terjadi pada wanita di seluruh dunia. Adapaun cara yang mudah untuk mengatasi keputihan diatas adalah membilas daerah kewanitaan Anda denga kain bersih atau tissue. Lakukan setiap hari dan jangan lupa untuk membilas dan mencuci daerah kewanitaan Anda dengan air bersih.

Keputihan Tidak Normal Atau Patologis

Keputihan tidak normal adalah keluarnya cairan dari dalam lubang vagina dengan volume yang berlebihan atau banyak. Untuk keputihan jenis ini tentu berbeda dengan jenis keputihn normal. Keputihan tidak normal ini haruslah Anda waspadai karena keputihan ini mungkin akan  membahayakan diri Anda. Keputihan ini sering disebut sebagai tanda dari penyakit pada rahim atau organ kewanitaan. Keputihan jenis ini sangat beresiko pada kesehatan cabang bayi bagi wanita yang sedang mengalami kehamilan.

Berikut kami beritahukan untuk Anda ciri-ciri dari keputihan tak normal.

• Keluarnya cairan kental dari dalam vagina
• Cairan yang keluar lengket
• Cairan berwarna kuning, hijau, atau putih susu
• Menimbulkan bau amis dan timbul rasa gatal
• Meninggalkan bekas bercak pada celana dalam Anda

Jika diantara Anda ada yang mengalami ciri-ciri dari jenis keputihan tidak normal diatas. Maka kami sarankan bagi Anda agar segera pergi kerumah sakit atau klinik kesehatan terdekat  untuk melakukan pemeriksaan medis dan penanganan lebih lanjut dari dokter khusus kewanitaan.

Dari ciri-ciri diatas tentu kita dapat dengan jelas tahu bagaimana cara membedakan antara keputihan normal dan tidak normal pada wanita. Lantas bagaimanakah cara yang tepat untuk mengatasi kedua jenis keputihan tersebut. Sebenarnya solusi atau langkah yang tepat untuk mengatasi kedua keputihan tersebut adalah berbeda beda, seperti yang sudah Anda baca pada artikel kami diatas bahwa jika Anda mengalaki keputihan normal Anda hanya perlu melakukan perawatan diri dan di sarankan selalu membilas daerah intim tersebut dengan air bersih dan lakukan selama beberapa sampai keputihan Anda hilang. Sedangkan untuk keputihan tidak normal disarankan untuk Anda segera berkonsultasi dengan dokter khusus kewanitaan, agar penyakit keputihan Anda dapat segera teratasi dan Andapun dapat melanjutkan kegiatan Anda sehari-hari dengan lebih bebas dan bahagia.

Kami menyediakan konsultasi online gratis yang bisa anda gunakan untuk menanyakan masalah keputihan yang anda alami, dengan cara klik banner konsultasi dibawah ini. Atau anda bisa menghubungi kami melalui telepon di 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan