• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?

Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh Total?
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )



Penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Penyakit kelamin adalah jenis penyakit yang menular melalui hubungan seksual. Ada ratusan bahkan ribuan jenis penyakit kelamin yang dapat menyerang pria maupun wanita.

Penyakit Kelamin Pada Pria Dan Wanita

Penyakit kelamin merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit. Penyakit ini sangat mudah menular melalui aktivitas seks vaginal, anal, maupun oral dengan penderita penyakit kelamin. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita dari segala usia, jika sudah melakukan hubungan seksual, maka rentan untuk terinfeksi penyakit kelamin.

Jika mendengar kata penyakit kelamin, tentu saja yang ada dipikiran kita bahwa ini adalah penyakit yang berbahaya. Sebenarnya, penyakit ini ditularkan melalui aktivitas seksual yang tidak aman, seperti memiliki banyak pasangan seks dan sering melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman akan mempermudah penularan infeksi.

Penyakit kelamin akan menyebabkan penularan infeksi yang semakin luas. Selain itu, penyakit kelamin juga akan menyebabkan banyak kerusakan pada permukaan kulit di area kelamin. Beberapa jenis penyakit kelamin juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ reproduksi, kerusakan saraf, bahkan kematian.

4 Jenis Penyakit Kelamin Pada Pria Dan Wanita

Sebelum menjelaskan penyakit kelamin apakah bisa sembuh, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis – jenis penyakit kelamin yang dapat menyerang pria dan wanita. Pria dan wanita berisiko tinggi untuk menderita penyakit kelamin jenis apapun. Ada ratusan bahkan ribuan jenis penyakit kelamin, dan beberapa di antaranya hanya dapat menyerang kaum pria dan ada jenis penyakit kelamin yang hanya di derita oleh wanita. Berikut ini, 4 jenis penyakit kelamin yang umum terjadi pada pria maupun wanita, diantaranya:

• Gonore

Gonore atau dikenal dengan penyakit kencing nanah merupakan jenis penyakit kelamin yang umum di alami pria dan wanita. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri neisseria gonorhoeae dan gejala penyakit gonore akan ditandai dengan keluarnya cairan seperti nanah dari kelamin.

Biasanya, jika gonore di alami oleh pria akan ditandai dengan keluarnya cairan seperti nanah dari Mr P dan disertai dengan terjadinya pembengkakan pada Mr P, skrotum, dan kelenjar getah bening. Jika gonore terjadi pada wanita, maka akan ditandai dengan keputihan yang tidak normal dan rasa nyeri serta pendarahan di luar masa menstruasi.

• Sipilis

Sipilis atau dikenal dengan sebutan penyakit raja singa merupakan jenis penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Penyakit ini akan mengakibatkan kerusakan pada permukaan kulit dan biasanya, sangat sulit untuk mengetahui setiap gejala penyakit ini.

Biasanya, sipilis akan ditandai dengan munculnya luka terbuka tanpa disertai rasa sakit. Luka ini sering ditemukan pada area kelamin. Sipilis memiliki tahapan dengan gejala yang berbeda-beda, jika Anda mengalami sipilis tahap satu dan tidak melakukan pengobatan apapun, maka gejala dapat menghilang dengan sendirinya. Inilah yang menyebabkan banyak penderita sipilis tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit kelamin ini.

• Herpes Kelamin

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks. Herpes kelamin akan ditandai dengan munculnya benjolan kecil berisi air dan ketika benjolan ini pecah, maka penularan dapat terjadi melalui cairan ataupun luka tersebut.

Pria maupun wanita yang kerap tidak menyadari bahwa mereka sedang terinfeksi penyakit ini. Dan ketika mereka terinfeksi, maka penderita akan bertanya penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Sebaiknya, Anda segera melakukan pemeriksaan untuk setiap gejala ataupun gangguan yang terjadi pada area kelamin.

• Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (hpv), penyakit ini akan ditandai dengan munculnya benjolan daging berukuran kecil berwarna merah keabu-abuan dan mirip dengan daging tumbuh. Pertumbuhan kutil sering terjadi di area kelamin, dubur, bahkan pada organ reproduksi bagian dalam.

Penyakit ini sangat mudah menular dan sulit untuk diketahui gejala pastinya. Selain dengan pertumbuhan daging yang disebut dengan kutil, maka gejala lainnya akan disertai dengan rasa gatal, nyeri dan panas seperti terbakar. Beberapa penderita kutil kelamin akan mengalami rasa sakit saat buang air kecil.

Penyakit Kelamin Apakah Bisa Sembuh? Ini Jawabanya

Hampir semua penderita penyakit kelamin akan mengajukan pertanyaan, penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Sebenarnya, hampir semua jenis penyakit kelamin dapat disembuhkan, jika mendapatkan penanganan yang tepat.

Ketika Anda menderita penyakit kelamin gonore atau sipilis dan Anda mencari jawaban penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Ketika Anda menderita penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri ini bisa sembuh secara total. Dan kemungkinanan untuk sembuh harus mendapatkan penanganan yang tepat dan sebaiknya segera melakukan pengobatan disaat awal mengalami gejala.

Namun, ketika Anda mencari jawaban untuk penyakit kelamin apakah bisa sembuh dan jenis penyakit kelamin yang sedang Anda derita adalah herpes kelamin atau kutil kelamin. Maka, jawabannya tentu dapat disembuhkan, meskipun tidak dapat sembuh secara total.

Hingga saat ini belum ditemukan obat ataupun pengobatan yang dapat menyembuhkan penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus. Ketika, virus menginfeksi tubuh Anda, maka virus ini akan terus berada di dalam tubuh Anda selamanya dan sangat sulit untuk disembuhkan secara total.

Jadi, kesimpulannya penyakit kelamin apakah bisa sembuh? Maka, jawabannya tentu saja bisa meskipun tidak semua jenis penyakit kelamin dapat disembuhkan secara total. Jika Anda sedang mencari informasi untuk mengobati penyakit kelamin yang sedang Anda derita atau Anda membutuhkan informasi lain mengenai penyakit kelamin apakah bisa sembuh.

Segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah penyakit kelamin yang sedang Anda derita. Jika Anda memiliki pertanyaan lain seputar penyakit kelamin atau Anda memiliki keluhan pada sekitar kelamin, silahkan konsultasikan dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Ciri - Ciri Penyakit Sipilis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan