• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Herpes Zoster, Bukanlah Penyakit Kelamin

Penyakit Herpes Zoster, Bukanlah Penyakit Kelamin
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendegar kata ‘Herpes’ ? Tentunya anda akan membayangkan bahwa itu merupakan penyakit kelamin yang cukup menakutkan. Mungkin jika anda memiliki rekan yang mengidap penyakit herpes anda langsung menjauhi dirinya, karena takut tertular. Padahal herpes tidak hanya penyakit yang menyerang kelamin, tetapi herpes juga menyerang kulit, dan itu adalah penyakit herpes zoster. 

Berikut penjelasan mengenai penyakit herpes zoster. Herpes zoster atau yang dikenal sebagai cacar api atau cacar naga adalah penyakit kulit setelah cacar air. Seorang yang sudah pernah mengalami cacar air maka ia akan mengalami cacar api. Herpes zoster sama-sama disebabkan oleh virus varisella zoster.

Varisella zoster adalah virus yang ada didalam tubuh setelah cacar air akan menetap di dalam tubuh secara laten. Ia akan bersarang di pusat-pusat saraf manusia. Namun penyakit cacar api lebih umum menyerang orang berusia lanjut, yakni mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Penyebab Herpes Zoster

Pertanyaan mengenai penyebab munculnya herpes zoster juga cukup banyak. Banyak orang lanjut usia yang penasaran dengan apa yang menyebabkan virus varisella zoster tersebut kembali aktif pada tubuh mereka.

Sebagian besar penyebab aktif kembali virus varisella zoster selain dari usia, yakni sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta sedang dalam mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang membuat virus aktif kembali.

Gejala Penyakit Herpes Zoster

Penderita herpes zoster akan mengalami beberapa gejala ketika virus sudah mulai aktif. Gejala yang paling umum terjadi, muncul rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Rasa sakit tersebut pun muncul dengan rasa seperti tertusuk benda tajam ataupun seperti rasa terbakar.

Setelah rasa sakit seperti terbakar tersebut muncul, biasanya akan muncul ruam atau bintil-bintil seperti cacar air pada bagian-bagian tubuh tertentu. Ruam yang muncul akan berubah menjadi luka yang melepuh. Setelah melepuh, luka akan menjadi koreng dalam beberapa hari berikutnya.

Selain dari munculnya ruam yang akan berubah menjadi luka tersebut, herpes zoster juga menimbulkan beberapa gejala pada penderitanya, seperti:

  • Sakit kepala
  • Demam
  • Badan selalu terasa lelah
  • Tubuh terasa sensitif
  • Perut terasa tidak enak

Kapan Harus Melakukan Pemeriksaan?

Lakukan pemeriksaan segera setelah anda menemui luka melepuh pada tubuh. Hindari untuk meminta orang lain menyentuh luka pada tubuh, karena dapat menularkan virus penyakit herpes zoster kepada orang lain.

Dalam melakukan pemeriksaan, dokter akan melihat luka dan mengambil sampel luka yang muncul. Luka tersebut akan diperiksa ke laboratorium jika memang diperlukan. Dalam penanganan cacar api sama dengan penanganan cacar air.

chat

Dokter akan memberikan obat-obat antibiotik yang akan diberikan untuk mengobati virus agar tidak aktif secara terus menerus. Obat yang digunakan terkadang adalah acyclovir, dan valacyclovir. Obat-obatan ini paling tepat dikonsumsi setelah tiga hari virus aktif.

Pencegahan

Untuk mencegah virus varisella zoster aktif dan menyebabkan penyakit virus herpes zoster, anda dapat mencegah terlebih dahulu. Pencegahan yang dilakukan dengan vaksinasi varisella zoster. Vaksin yang diberikan untuk mencegah timbulnya ruam dan komplikasi yang lebih parah.

Ketika anda sudah terkena virus varisella zoster maka anda harus dapat terus menjaga luka agar tidak makin parah, dengan selalu menutup luka, dan selalu mencuci tangan. Cara ini dilakukan untuk menghindari komplikasi yang berarti.

Komplikasi

Penyakit herpes zoster juga menyebabkan penderitanya mengalami komplikasi jika saat virus aktif tidak segera melakukan pengobatan. Komplikasi yang sering terjadi yakni:

• Gangguan saraf
• Infeksi pada bekas ruam
• Bercak putih pada bekas luka
• Kebutaan jika herpes muncul di dekat mata
• Rasa nyeri yang cukup parah

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan