• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Herpes Zoster

Herpes Zoster Adalah | Pengertian Penyakit Herpes Zoster
Nilai Rata-rata: 9.7 / 10 (3 orang penilai )

HERPES ZOSTER

penyakit herpes zoster

Penyakit Herpes Zoster adalah penyakit yang pada umumnya dialami manusia yang memiliki usia di atas 40 sampai 50  tahun. Penyakit ini sama halnya dengan penyakit yang juga dikenal dengan sebutan penyakit cacar ular atau cacar api. Penyebab penyakit tersebut  disebabkan oleh adanya virus varisela zoster. Virus yang memiliki nama varisela adalah virus yang mungkin bisa menetap di dalam tubuh manusia bahkan setelah penyakit  cacar air telah sembuh, dan nantinya dapat aktif kembali dan mengakibatkan penyakit  herpes zoster. Penyakit herpes zoster ini pada umumnya adalah penyakit yang tidak mengancam jiwa Anda, namun dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang tentu dapat menggangu kegiatan Anda sehari-hari. Oleh Karen itu, segeralah hubungi dokter jika Anda merasakan tanda atau gejala dari penyakit herpes zoster ini, agar nantinya Anda dapat segera ditangani sedini mungkin.

Penyebab Virus  Herpes Zoster

Penyebab virus herpes zoster adalah sama dengan penyakit cacar air, yaitu virus varisela zoster. Alasan virus ini aktif kembali setelah penyakit cacar air sembuh masih belum diketahui secara pasti apa alasan di balik itu semua. Tapi ada beberapa faktor yang diduga oleh para tim ahli klinik utama gracia memengaruhi penyebabnya, yaitu:

  • Penyakit herpes zoster ini pada umumnya menyerang manusia lanjut usia

  • Pernah terkena cacar air.

  • Sistem immune atau kekebalan tubuh yang sedang tidak vit, misalnya karena mengidap penyakit, penggunaan obat steroid dalam kurun waktu atau jangka panjang, atau bisa juga menjalani kemoterapi.

  • Mengalami kondisi stres.

Seseorang yang terserang penyakit herpes zoster tidak dapat menularkan penyakit ini kepada orang lain, namun penderita dapat menularkan penyakit cacar airnya. Jika ada di antara Anda ada yang belum pernah terkena penyakit cacar air dan Anda mengalami kontak secara langsung dengan ruam akibat dar penyakit herpes zoster, Anda mungkin dapat terkena virus yang bernama varisela zoster dan juga terkena penyakit cacar airnya.  Jika Anda terkena penyakit herpes zoster, gejala atau tanda pertama yang mungkin akan dirasakan adalah timbulnya rasa sakit dan nyeri. Rasa sakit ini bisa berupa rasa sakit seperti sensasi terbakar. Selanjutnya dalam Beberapa hari, ruam menyerupai seperti setengah lingkaran akan muncul. Ruam seperti ini biasanya bisa mengelilingi bagian sisi kanan atau kiri tubuh, terutama pada bagian dada dan perut. Kemudian ruam tersebut akan membentuk luka seperti melepuh yang berisi air yang terasa gatal dan ruam itu juga dapat menjadi koreng dalam waktu tiga sampai lima hari.

Walau begitu tanda atau gejala-gejala penyakit ini bisa bervariasi. Berikut di bawah ini adalah gejala atau tanda yang mungkin dapat terjadi:
• Menggigil dan demam.
• Rasa nyeri di seluruh tubuh.
• Sakit di bagian kepala.

Langkah-langkah Mengobati Herpes Zoster

herpes zoster adalah

Rasa nyeri dan juga ruam adalah salah satu gejala dari herpes zoster. Oleh karena itu, cara diagnosis yang dilakukan oleh dokter biasanya adalah dengan memeriksa bentuk ruam dan lokasinya, rasa nyeri dan juga tanda-tanda lain yang dirasakan. Dokter mungkin juga akan meminta kepada Anda untuk mengambil sampel cairan dari ruam dan kulit ruam yang selanjutnya akan diperiksa di bagian laboratorium. Sama halnya dengan penyakit cacar air, tidak ada langkah atau cara khusus yang dilakukan untuk menangani penyakit herpes zoster. Adapaun Tujuan pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengurangi gejala sampai penyakit tersebut sembuh secara sendirinya. Masa penyembuhan pada penyakit  herpes zoster bisa membutuhkan waktu rata-rata membutuhkan 2-4 minggu.

Langkah pengobatan secara medis dilakukan untuk dapat mempercepat kesembuhan pasien dan juga mengurangi adanya risiko komplikasi yang terjadi adalah dengan cara pemberian obat-obatan antivirus. Contohnya obat anti virus adalah  famciclovir dan acyclovir. Obat antivirus tersebut efektif di lakukan jika diminum dalam 3 hari setelah ruam muncul, dan biasanya diberikan untuk digunakan oleh pasien selama maksimal waktu 10 hari. Adapaun orang yang khususnya memerlukan obat-obatan antivirus tersebut dapat meliputi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sedang mengalami penurunan atau terkena diabetes. Jika Anda mengatasi rasa sakit da nyeri dengan sedini mungkin, Anda dapat menghindarkan pasien dari gangguan saraf yang dapat mengakibatkan rasa nyeri yang bisa berlangsung selama berbulan-bulan setelah ruam sembuh. Untuk mengatasi rasa sakit dan nyeri, ada beberapa jenis obat yang biasanya akan diberikan oleh dokter. Yaitu :

  • Obat pereda rasa nyeri dan sakit contohnya ibuprofen , kodein, parasetamol dan aspirin.

  • Obat TCA (antidepresan trisiklik ), contoh  nortriptyline dan amitriptyline.

  • Obat antikonvulsan, contohnya gabapentin

  • Obat antidepresan dan antikonvulsan pada umumnya membutuhkan waktu beberapa minggu sampai efek keefektifannya dapat dirasakan oleh pasien.

Anda juga dapat melakukan beberapa cara dan langkah-langkah sederhana untuk dapat mengurangi gejala yang terjadi. Contohnya adalah dengan mengenakan pakaian yang berbahan halus seperti bahan katun, dan jangan lupa untuk menutup ruam Anda agar tetap bersih untuk mengurangi adanya iritasi dan juga risiko terjadinya infeksi. Hindari pemakaian plester atau apa pun juga yang berbahan perekat agar nantinya tidak menambah iritasi. Jika bagian ruam ada yang ruam terasa gatal, Anda dapat menggunakan losion kalamin untuk mengurangi rasa gatal tgersebut. Dan hindarilah penggunaan antibiotik oles karena hal tersebut dapat memperlambat proses penyembuhan. Untuk luka melepuh yang berair, Anda bisa  membersihkannya dengan mengkompres dengan air dingin.

Mencegah Herpes Zoster

Mencegah adalah hal yang sangat jauh lebih penting dari pada mengobati. Adapaun Langkah-langkah pencegahan utama yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terjadinya herpes zoster ini adalah dengan menerima vaksin herpes zoster dan juga cacar air. Hal ini mungkin tidak mencegah sepenuhnya terkena penyekit herpes zoster, tapi setidaknya vaksinasi ini dapat mengurangi keparahan tanda dan juga gejala yang akan dialami jika terserang penyakit herpes zoster ini. Anda bisa juga mencegah penyebaran penyakit herpes zoster dengan cara yang sederhana. Contoh tidak meminjam dam memakai barang pribadi seseorang yang mengidap penyakit herpes zoster ( contohnya pakaian atau handuk ).

Itulah beberapa isi artikel menarik dari kami tentang penyakit herpes zoster. Semoga artikel kami diatas dapat menambah wawasan Anda. Terima kasih

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan