• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya Atau Tidak? Cari Tahu Disini

Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya Atau Tidak? Cari Tahu Disini
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (4 orang penilai )



Kebanyakan orang yang menderita penyakit herpes kelamin tidak megetahui apa saja tanda dan gejala dari penyakit ini. Sehingga, banyak di antara mereka yang tidak menyadari bahwa sedang memiliki penyakit berbahaya yang dapat menular.

Padahal, informasi seperti tanda dan gejala awal penyakit herpes kelamin sangat penting untuk diketahui pria maupun wanita. Informasi seperti ini bisa menjadi salah satu bentuk pencegahan dini agar tidak terjadi komplikasi yang membahayakan kesehatan.

Sebelum mengetahui gejala awal herpes kelamin, sebaiknya Anda mengetahui lebih jelas apa itu herpes kelamin?

Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini terbagi menjadi beberapa jenis dan satu diantaranya merupakan herpes kelamin. Herpes kelamin merupakan penyakit kelamin menular seksual yang dapat menyerang pria maupun wanita.

Herpes Kelamin

Penyakit ini menjadi salah satu jenis penyakit menular seksual yang sangat umum terjadi. Sangat banyak kasus penderita herpes kelamin yang terjadi setiap tahunnya. Pria maupun wanita dari segala usia berisiko untuk menderita penyakit ini.

Terlebih mereka yang sudah aktif melakukan hubungan seks sejak usia dini sangat rentan dengan infeksi menular seksual ini. Penularan infeksi virus ini sangat mudah terjadi melalui aktivitas seks meliputi, seks kelamin, oral seks, dan anal seks.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang menderita penyakit herpes mengetahui tanda dan gejala awal penyakit herpes kelamin. Kondisi seperti ini sangat sering terjadi pada beberapa kasus, inilah sangat mengapa sangat penting untuk mengetahui setiap tanda dan gejala awal herpes kelamin.
 

chat

Apa Saja Penyebab Herpes Kelamin?

Umumnya, yang menjadi penyebab utama penyakit herpes kelamin adalah infeksi virus. Herpes simpleks virus (HSV) merupakan jenis virus yang menjadi penyebab utama penyakit ini. Virus ini sangat menular dan dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Ada dua jenis virus herpes simpleks, yaitu HSV 1 dan HSV 2. Namun, yang sering terjadi menjadi penyebab herpes kelamin disebabkan oleh infeksi HSV 2.

Virus ini akan menginfeksi melalui selaput kulit dan jaringan pada tubuh manusia. Penularan infeksi sangat mudah terjadi melalui sentuhan langsung dengan luka ataupun berhubungan seks dengan penderita penyakit herpes kelamin.

Penularan infeksi akan lebih mudah terjadi, apabila Anda melakukan beberapa faktor, seperti dibawah ini:

• Berhubungan seks dengan penderita herpes kelamin
• Sering berganti-ganti pasangan seks
• Berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman (kondom)
• Berhubungan seks dengan sesama jenis

Wanita yang sering menggunakan mainan seks secara bersamaan dengan teman, menjadi salah faktor terjadinya penularan infeksi. Meskipun, virus ini tidak dapat bertahan hidup diluar tubuh manusia dalam waktu yang lama, namun penularan dapat terjadi tanpa adanya aktivitas seksual.

Lalu, Apa Saja Gejala Awal Penyakit Herpes Kelamin?

Herpes kelamin terkenal sebagai jenis penyakit menular seksual yang dapat terjadi tanpa menunjukkan gejala apapun. Infeksi ini dapat menyembunyikan gejala yang bisa menjadi tanda bahwa seseorang sedang terinfeksi penyakit herpes kelamin.

Untuk menghindari terjadinya komplikasi yang dapat membahayakan kondisi kesehatan Anda. Ada baiknya untuk mengetahui apa saja gejala awal penyakit herpes kelamin, di antaranya:

• Terdapat benjolan yang berisi cairan di sekitar area kelamin
• Keputihan yang tidak normal
• Terasa nyeri pada area sekitar kelamin
• Keluar cairan abnormal dari Mr P

Benjolan berisi cairan ini menjadi salah satu tanda awal penyakit herpes kelamin. Benjolan ini ketika pecah akan membentuk luka terbuka dan dapat mengering. Penularan infeksi dapat terjadi melalui sentuhan langsung dengan luka ataupun cairan yang berasal dari luka di area kelamin.

Sebaiknya, Anda menghindari aktivitas seks dengan pasangan yang memiliki ciri ciri seperti di atas. Meskipun aktivitas seks dilakukan menggunakan pengaman (kondom), infeksi bisa saja terjadi melalui area yang tidak terlindungi oleh kondom.

Gejala lain yang akan muncul pada penyakit herpes kelamin biasanya, meliputi kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan penderitanya, seperti pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, nyeri pada otot, flu dan demam, nyeri dan sakit pada area kelamin, sakit ketika berhubungan seks dan masih banyak gejala lainnya yang mungkin terjadi pada penderita herpes.

Dampak Dan Komplikasi Herpes Kelamin

Infeksi herpes kelamin yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan kondisi dan masalah yang semakin parah bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda, yang memiliki gejala herpes kelamin sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Karena, virus yang menjadi penyebab utama herpes kelamin akan bertahan selamanya di dalam tubuh penderita yang terinfeksi. Kondisi ini dapat menyebabkan infeksi kambuhan yang ditandai dengan munculnya gejala pada waktu yang tidak dapat ditentukan setelah gejala awal terjadi.

Apabila terus menerus dibiarkan, maka virus akan berkembang semakin besar dan dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal pada tubuh. Tidak hanya itu, komplikasi dari herpes yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan saraf, organ vital pada tubuh dan menyebabkan kematian.

Penanganan Herpes Kelamin

Cegah komplikasi herpes kelamin sedini mungkin dengan menghindari segala faktor yang dapat menyebabkan penularan infeksi dan munculnya infeksi yang berulang. Tidak hanya itu, Anda juga sebaiknya mendapatkan penanganan untuk penyakit herpes yang sedang Anda derita.

Jika Anda memiliki tanda dan ciri ciri dari penyakit herpes, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli kelamin untuk mencegah terjadinya komplikasi yang dapat membahaykan kondisi kesehatan Anda.

Untuk mendapatkan penanganan herpes kelamin agar tidak terjadi komplikasi, maka Anda bisa melakukan konsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dini agar tidak terjadi kondisi yang lebih buruk.

Konsultasikan keluhan Anda melalui layanan konsultasi online atau datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan dari dokter spesialis penyakit kelamin.

Baca Juga : Apa Saja Ciri Ciri Herpes

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan