• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Penyakit Endometriosis Pada Wanita

Endometriosis | Penyakit Endometriosis Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 9.5 / 10 (10 orang penilai )

endometriosisEndometriosis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika ada suatu jaringan atau endometrium yang mirip dengan lapisan rahim tumbuh dan ditemukan di luar lokasi normal pada tubuh kewanitaan. Endometrium yang tumbuh di bagian lain dari tubuh tersebut menempati lokasi umum dari implan endometrium termasuk ovarium, saluran tuba, dan ligamen yang mendukung rahim dan jaringan yang menutupi kandung kemih dan rectum.
Menurut survei pakar terahli kami endometriosis diperkirakan telah mempengaruhi 5% dari wanita usia subur di indonesia. Ini paling sering menyerang antara usia 20 sampai usia 40 tahun. Endometriosis juga bisa muncul di masa remaja lebih muda, atau muncul pada saat belum dimulainya menstruasi pada wanita. Tapi hal ini sangat jarang bahkan langka terjadi pada wanita di seluruh indonesia.
Kondisi endometriosis ini tentu dapat menggangu kinerja dalam tubuh wanita yang dapat juga akan mempengaruhi fungsi–fungsi lain dalam tubuh.

Endometriosis di bagi menjadi 2 bagian yaitu :
• Endometriosis internal adalah endometriosis yang ditemukan terdapat di dalam miometrium. Miometrium adalah suatu lapisan tengah dari dinding rahim yang terdiri dari sel-sel otot polos dan mendukung jaringan stroma dan pembuluh darah.

• Endometriosis eksternal adalah endometriosis yang ditemukan terdapat di luar uterus. adalah organ reproduksi yang dimiliki oleh setiap wanita.

Implan endometrium adalah fragmen endometrium yang dapat berpindah ke luar rahim, seperti ke dinding otot uterus, ovarium, tuba falopi, vagina, atau usus. Implan endometrium paling sering ditemukan pada organ panggul ovarium, rahim, saluran tuba, dan di rongga belakang rahim. Kadang-kadang jaringan ini tumbuh di bagian yang jauh dari Rahim seperti bagin tubuh paru-paru, lengan, dan ginjal. Adapaun dari bentuk implan muncul seperti benjolan kecil pada permukaan organ dan dapat menimbulkan ligamen yang kadang-kadang dikatakan terlihat seperti bubuk luka bakar. Kista ovarium dapat muncul pada tubuh manusia pada  daerah sekitar jaringan endometrium.

Klinik Utama Gracia Indonesia

Mengenal Endometriosis Lebih Lanjut

Endometriosis merupakan kondisi yang progresif yang biasanya dapat terjadi pada wanita dengan jangka waktu yang lama jika tidak ditangani secara cepat dan tepat. Ketika wanita menstruasi, jaringan kista pada endometrium implan yang mirip dengan rahim bisa menghambat darah yang akan keluar dari vagina, sehingga jika semakin besar suatu kista tersebut maka hal ini bisa menimbulkan rasa sakit yang sangat hebat pada sang penderita. mengalami masalah endometriosis pasti ada hubungannya dengan suatu gangguan sistem reproduksi. Resikonya biasanya berkali-kali lebih besar jika ibu atau saudara perempuannya juga mengalami penyakit endometriosis.

Pada akhir-akhir ini di Indonesia masalah kasus endometriosis ini menjadi semakin serius setelah semakin banyaknya kasus yang terungkap dan belum adanya tindakan serta penyuluhan tentang penanganan secara tepat dan tepat tentang penyakit endometriosis ini. Ada juga kasus penderita yang masih sangat muda terjangkit penyakit endometriosis. Padahal dulu penyakit ini hanya dianggap sebagai  penyakit yang dialami oleh mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Namun, dari beberapa penelitian yang dilakukan oleh para staff ahli kami yang terbaru, terungkap bahwa penyakit endometriosis ini ada hubungannya dengan gangguan sistem kekebalan tubuh dan juga hormonal karena akibat dari paparan racun dari lingkunngan luar yang kurang bersih, serta juga pola makan yang kurang baik sehingga nutrisi dan gizi tubuh menjadi tidak seimbang. Pentingya menjaga pola makan yang begizi memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita sekarang dan masa depan.
 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan