• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penyakit Balanitis Pada Pria

Balanitis Adalah | Penyakit Balanitis Pada Kaum Pria
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (8 orang penilai )

balanitis

Penyakit Balanitis 

Balanitis adalah penyakit yang menyerang kaum pria yaitu pembengkakan yang terjadi pada kulup dan kepala penis atau ujung penis pria. Penderita balanitis biasanya terjadi karena adanya sikap seorang pria yang kurang memperhatikan kebersihan area dan penis mereka dengan secara benar dan teratur. Maka dari itu jika pria tidak peduli dengan hal tersebut sangat besar kemungkinan akan adanya jamur atau bakteri yang bersarang di area sekitar kelamin yang dapat menimbulkan penyakit kelamin seperti balanitis.

Penyakit balanitis dapat membuat seorang pria bisa merasakan rasa panas yang dirasakan di area kepala penis mereka. Penyakit balanitis di kasus-kasus besar diderita oleh kaum pria yang masih memiliki kulup atau belum disunat. Pembengkakan tersebut dapat menyebabkan pria yang mengalami balanitits merasakan rasa sakit, nyeri, rasa gatal, dan akhirnya bisa menyebabkan stricture atau penyempitan pada urethra. Pria yang mengalami balanoposthitis dapat meningkatan resiko berkembangnya penyakit balanitis phimosis, paraphimosis  dan xerotica obliterans.

Balanitis xerotica obliterans ini adalah merupakan peradangan yang kronis yang dapat menyebabkan kulit pada aera sekitar kepala penis pria menjadi kembali putih dan keras. Pembukaan pada urethra seringkali diliputi atau di lingkari oleh kulit putih yang keras ini, yang dapat dengan segera menyumbat aliran semen dan kemih pada alat vital laki-laki. Penggunan krim anti radang dan anti bakteri bisa Anda gunakan untuk meringankan sakit pada peradangan yang terjadi. Pada penyakit phimosis, kulit yang di sunat menempel dan tidak dapat ditarik sepanjang kepala penis pria. Pada bayi laki-laki keadaan ini adalah hal yang normal dan biasanya penis dapat menjadi normal kembali hingga massa pubertas datang. Bagi pria yang lebih dewasa, masalah penyakit phimosis bisa diakibatkan oleh adanya iritasi yang berkepanjangan atau balanoposthitis secara berulang. Kulit kulup memang bisa berhubungan dengan kegiatan seks dan berkemih untuk itu kulup yang tidak dirawat secara baik bisa meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih. Pengobatan yang baik dan benar dalam masalah penyakit ini pada umumnya adalah dengan melakukan tindakan sunat.

balanitis adalahBalanitis bisa juga muncul dan terjadi karena seorang laki-laki telah membersihkan penisnya dengan sabun yang memiliki bahan kimi keras didalamnya. Walaupun area ini harus terus bersih tapi penggunaan sabun yang tepat harus di perhatikan karena tidak semua jenis sabun dapat diterima oleh kulit penis pria dan pilihlah sabun yang minim busa dan gunakan sabun yang sudah teruji secara medis baik untuk area tubuh Anda.

Selanjutnya jangan lupa untuk memperhatikan penis Anda setelah selesai menggunakan sabun. Apakah masih ada sisa sabun yang tersisa, jangan sampai sisa sabun tadi tersisa di penis Anda karena hal itu dapat menyebabkan terjadinya balanitis.

Sebenarnya ada tes khusus yang dapat pria lakukan untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab sebenarnya penyakit balanitis ini dapat terjadi. Dokter khusus andrologi dapat  melakukan diagnosis setelah dokter melakukan uji laboratorium terkait dengan tes pada kulit untuk jamur, bakteri, atau virus. Selanjutnya barulah akan terdeteksi penyebab manakah yang merupakan factor utama munculnya balanitis ini.

Hingga saat ini pengobatan balanitis dapat dilakukan dengan penggunaan obat pil antibiotik dan krim untuk menghilangkan bakteri yang merupakan penyebab dari penyakit balanitis. Pengguna krim anti jamur akan Anda gunakan jika memang penyebab balanitis Anda adalah oleh jamur. Pengobatan yang paling ampuh dalam masalah ini adalah dengan khitan atau sunat. Sunat memang menjadi solusi utama para dokter dalam menangani berbagai masalah kulup pria Mengapa khitan menjadi obat terbaik bagi para penderita yang mengalami balanitis. Sering terjadi di kehidupan manusia laki-laki khususnya  pada penderita bagaimana kulup tidak bisa ditarik kembali ke atas karena kemerahan dan ruam yang terjadi. Dan alhasil, kepala penis tidak dapat dibersihkan dengan benar dan baik. Sunat adalah jawabannya, karena dengan sunat penis yang sudah tidak memiliki kulup  akan membuat risiko terinfeksi penyakit pada penis pria semakin kecil.

Jenis-Jenis Balantis

penyakit balanitis

Klinik Utama Gracia Indonesia

Adapun Jenis atau tipe dari penyakit balanitis menurut satff dan tenaga ahli kami yaitu :  

1.    Balanitis Candida albicans

Balanitis ini dapat Anda lihat jika muncul bentolan berwarna merah yang terlihat pada kulup atau ujung/kepala penis, jika dilihat dari luar akan terlihat halus dan ada juga herpes yang berukuran kecil. Pada keadaan yang akut bisa terjadi erosi dan eksudasi.

2.    Balanitis Trichomonas

Balanitis jenis ini terlihat jika adanya bentol berwarna merah yang terlihat pada kepala penis pria yang dapat semakin membesar. Jika terlihat secara lebih datil pada bentol merah tersebut atasnya akan terlihat adanya bisul air yang besar dan kecil. Dan kondisi ini bisa mengakibatkan terjadi erosi.

3.   Balanitis superficial akut

Balanitis ini akan diawali dengan adanya pembilasan local dan warna kemerahan yang muncul pada kulup serta dapat terjadi bengkak, rasa nyeri terbakar dan gatal-gatal pada ujung penis. Jika kulup tersebut dilipat dan dibuka maka akan terlihat di bagian dalam kulup Anda dan kepala penis bisa terjadi eksudat, erosi hiperemia bahkan sampai pendarahan. Untuk pria akan lebih menyakitkan jika bagian yang terkena balanitis tersebut bergesekan antara penis dengan bahan pakaian pasien.

4.  Balanitis luka bernanah seperti cincin

Balanitis ini bisa di lihat dengan adanya bentol berwarna merah pada ujung penis dan juga  kulup yang semakin lama akan semakin membesar yang berbentuk seperti cincin dan dapat menimbulkan luka dan bernanah..

Itulah beberapa info menarik yang bisa Anda ketahui tentang penyakit balanitis pada pria. Semoga artikel kami diatas berguna bagi Anda. Terima kasih

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan