• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Pentingnya Pengobatan Sipilis Pada Wanita Sedini Mungkin

Pentingnya Pengobatan Sipilis Pada Wanita Sedini Mungkin
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )



Sangat penting untuk mencari tahu pengobatan sipilis pada wanita secara efektif, karena wanita sangat rentan tertular berbagai macam penyakit kelamin termasuk sipilis. Sipilis adalah infeksi bakteri yang ditularkan melalui kontak seksual terutama pada wanita. Kondom tidak selalu dapat mencegah penyakit menular seksual (PMS) ini. Organisme sipilis adalah Treponema Pallidum.

Sipilis awal dapat menyebabkan mulut atau ulkus genital (chancre). Ini adalah ciri khas tahap pertama. Tahap selanjutnya dari sipilis dapat menyebabkan kerontokan rambut, sakit kepala, radang tenggorokan dan ruam kulit. Sipilis dapat menyebabkan kerusakan jantung dan otak. Tes darah skrining standar untuk sipilis atau tes laboratorium untuk mendeteksi respons terhadap infeksi. Setiap tes yang positif harus dikonfirmasi dengan tes khusus untuk organisme yang menyebabkan sipilis untuk Treponema Pallidum dan tes antibodi. Sipilis di terapi dengan antibiotik.

Pengertian Sipilis Pada Umumnya

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri dan sprirochete (organisme yang sangat kecil). Yang dapat mempengaruhi seluruh tubuh dan perlu mendapatkan pengobatan sipilis pada wanita dengan antibiotik lebih awal untuk menghindari masalah yang serius. Bakteri memasuki tubuh melalui luka di kulit atau melalui kontak dengan pasangan yang sakit dengan sipilis.

Umumnya terasa sakit pada vulva, vagina, anus atau penis, sipilis paling sering menyebar melalui kontak seksual. Luka genital yang disebabkan oleh sipilis juga membuat lebih mudah terinfeksi dan menularkan HIV. Sipilis juga dapat menyebar melalui kontak dengan ruam yang muncul di tahap akhir penyakitnya.

Penyebab Sipilis Yang Paling Utama

Sipilis adalah penyakit kelamin (STD) yang telah ada selama berabad-abad. Hal ini disebabkan oleh organisme bakteri mikroskopis yang disebut spirochete, dengan nama ilmiah Treponema Pallidum. Spirochete adalah organisme seperti cacing dengan bentuk spiral. Spirochete dapat menginfeksi orang dengan menggali ke dalam lapisan mulut atau alat kelamin yang lembab dan berlendir. Spirochete menghasilkan ulkus klasik yang tidak nyeri atau biasa disebut chancre.

Baca Juga : Cara Mencegah Sipilis Agar Tidak Menginfeksi Orang Lain

chat

Gejala Sipilis Pada Wanita

Ada 4 tahap gejala sipilis, dan masing-masing ditentukan oleh berapa lama orang itu memilikinya, gejala bisa bervariasi setiap tahapnya, seperti :

• Gejala Sipilis Tahap Primer

Tahap pertama sipilis berupa nyeri yang sangat kecil dan berbentuk bulat serta keras. Muncul di area dimana masuk ke tubuh, seperti ke vulva, vagina, lidah atau bibir. Gejalanya kemungkinan ada didalam vagina. Sebagian besar tidak menimbulkan rasa sakit. Namun ada juga yang merasakan sakit. Gejala sipilis sering hilang dalam waktu sekitar 3 minggu atau 6 minggu bahkan tanpa adanya pengobatan sipilis pada wanita itu sendiri. Jika tidak segera ditangani pada tahap ini, maka akan berlanjut ke tahap lain.

• Gejala Sipilis Tahap Sekunder

Tahap ini dapat muncul dengan ruam di satu atau lebih area. Dan kebanyakan muncul di telapak tangan dan bagian bawah kaki, gejalanya kemungkinan termasuk :

• Sakit tenggorokan.
• Kelenjar membengkak.
• Demam.
• Rambut rontok.
• Sakit kepala dan sakit otot.
• Berat badan menurun.
• Kelelahan.

Jika tidak segera ditangani pada tahap ini, gejalanya akan hilang, namun bakteri sipilis masih ada didalam tubuh. Infeksi akan berkembang ke tahap laten.

• Gejala Sipilis Tahap Laten

Tahap ini disebut tahap tersembunyi dan bisa berlangsung bertahun-tahun. Sipilis tetap berada didalam tubuh tanpa adanya gejala infeksi. Setelah 10 tahun hingga 20 tahun tanpa adanya pengobatan sipilis pada wanita, maka sipilis bisa berlanjut ke tahap lanjut atau tahap akhir.

• Gejala Sipilis Tahap Akhir

Pada tahap ini, sipilis dapat menyebabkan, seperti :

• Masalah dengan pembuluh darah.
• Kerusakan tulang dan sendi.
• Kesulitan berjalan.
• Kebutaan.
• Kelumpuhan.
• Kerusakan otak.
• Demensia.
• Penyakit jantung.
• Kematian.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sipilis?

Sipilis dapat didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes darah. Tidak seperti tes atau pengujian untuk klamidia dan gonore (kencing nanah), pemeriksaan rutin untuk sipilis tidak dianjurkan untuk wanita yang tidak hamil. Namun semua wanita hamil harus diskrining pada pemeriksaan prenatal pertama dan melakukan tes pada kehamilan dan saat persalinan jika berisiko tinggi. 2 tes darah biasanya diperlukan utnuk mendiagnosis sipilis.

Pengobatan Sipilis Pada Wanita

Tergantung pada stadium penyakitnya dan pengobatan klinisnya, pemilihan pengobatan sipilis pada wanita sangat bervariasi. Pengobatan sipilis pada wanita dengan suntikan jangka panjang sangat efektif dalam mengobati sipilis tahap awal dan akhir. Pengobatan membutuhkan pemberian suntikan intravena. Dan pengobatan alternatif lainnya.

Pengobatan harus digunakan pada pasien hamil dengan sipilis karena antibiotik lain tidak secara efektif melewati palsenta untuk mengobati janin yang terinfeksi. Jika tidak segera diobati, maka sipilis dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian pada bayinya. Oleh karena itu, untuk melakukan pengobatan sipilis pada wanita secara efektif hanya ada di Klinik Utama Gracia.

Salah satu klinik terbaik dan ternama di Jakarta Indonesia. Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pengobatan mengenai penyakit sipilis. Karena Klinik Utama Gracia menangani penyakit sipilis dan penyakit kelamin lainnya. Klinik yang sangat memperhatikan kepuasan, privasi dan kesembuhan setiap pasiennya ini sangat terpercaya. Untuk memudahkan dalam pengobatan sipilis pada wanita di Klinik Utama Gracia. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555. Dan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter secara online, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi chat online dibawah ini.

Baca Juga : Apakah Sipilis Menular Melalui Hubungan Intim Saja?

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan