• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Pentingnya Menghilangkan Bau Keringat

Pentingnya Menghilangkan Bau Keringat
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

2 Jenis Kelenjar Yang Menghasilkan Keringat

Bakteri akan tumbuh subur dan baik pada lingkungan-lingkungan yang lembab ataupun terdapat area udara yang sedikit. Misalnya seperti area ketiak dan selangkangan, dimana memang segala jenis bakteri bisa dengan mudah menjadikannya sebagai tempat yang ideal untuk berkembang. Tapi darimana Anda berkeringat dan tubuh mengeluarkan keringat?

Tubuh Anda memiliki 2 jenis kelenjar keringat yang juga menghasilkan jenis keringat berbeda pada tubuh Anda.

o Kelenjar ekrin

Kelenjar keringat yang terletak dekat pada area permukaan kulit Anda, biasanya terletak pada telapak tangan atau kaki, serta wajah. Keringat yang dihasilkan kelenjar ini akan lebih bersifat ringan atau encer. Anda mungkin akan berkeringat dengan kelenjar ini ketika Anda mengalami peningkatan suhu tubuh karena keringat yang ini akan membantu Anda untuk mendinginkan atau mengontrol suhu tubuh.

o Kelenjar apokrin

Kelenjar apokrin terletak pada area seperti ketiak, selangkangan atau area genital dan juga sekitar puting susu. Secara letak memang sudah dapat terlihat jika Anda mengalami sebauh keluhan keringat yang berbau maka sebagian besar akan dihasilkan dari kelenjar ini. Keringat dari kelenjar ini juga banyak mengandung protein, sehingga akan sangat mudah menimbulkan reaksi bau ketika bertemu dengan bakteri.

Haruskan Anda Menghilangkan Bau Keringat?

Masalah kesehatan dan tekanan psikologis akan mudah muncul sebagai akibat adanya keluhan bau keringat yang dialami oleh seseorang, yang berarti bahwa Anda akan membutuhkan cara untuk menghilangkan atau mengobati keluhan tersebut. Banyak orang yang menganggap bahwa kondisi seperti keringat yang berbau memang tidak menimbulkan adanya rasa sakit ataupun masalah fisik lainnya.

Namun tahukah Anda tentang beberapa kondisi medis serius yang diawali dengan adanya gejala keringat berlebih atau keringat berbau? Beberapa orang akan lebih rentan untuk mendapatkan keluhan bau keringat karena adanya kondisi yang mendasar diantaranya seperti:

o Kelebihan berat badan atau obesitas

o Memiliki kecenderungan produksi keringat berlebih (hiperhidrosis)

o Seringnya konsumsi makanan pedas

o Riwayat kondisi medis seperti diabetes, tiroid, dan masalah ginjal

o Stres, khawatir, tekanan, atau gugup

o Kondisi genetik

Jika Anda memiliki salah satu kemungkinan kondisi seperti diatas maka hal tersebutlah yang bisa dijadikan sebagai penyebab keluhan yang Anda alami. Dan secara tidak langsung, orang-orang dengan keluhan bau keringat tentu akan lebih mendapatkan tekanan psikologis. Hal ini akan lebih terjadi pada usia-usia remaja, dimana masa pubertas mereka dimulai dan kelenjar keringat mereka yang menjadi lebih aktif pada masa tersebut.

Baca Juga: Coba Lakukan Ini! Untuk Mengatasi Bau Badan Anda

chat

Tips Untuk Menghilangkan Bau Keringat

Tips untuk menghilangkan bau keringat sama halnya juga dengan mengatasi bau badan lainnya, dimana kondisi ini mungkin akan meliputi beberapa praktik kebersihan yang baik dan diikuti dengan adanya perubahan gaya hidup. Tetapi Anda mungkin masih tetap membutuhkan beberapa tips dan cara khusus untuk menghilangkan bau keringat yang Anda alami.

o Gunakan produk yang mengandung antimikroba atau antibakteri

Sabun ataupun produk-produk yang mengandung antimikroba dan antibakteri akan lebih dianjurkan guna membunuh atau mengurangi perkembangan segala bentuk mikroorganisme yang berkontribusi untuk menghasilkan bau keringat yang buruk. Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan kandungan parfum atau aroma yang ada pada produk tersebut, beberapa organisme mungkin akan berinteraksi dengan kandungan tersebut yang akhirnya dapat menimbulkan reaksi bau yang lebih tajam.

o Deodoran

Deodoran menjadi pilihan terbanyak orang-orang untuk menghilangkan bau keringat, tetapi deodoran hanya berperan untuk menghilangkan bau tanpa mengurangi jumlah keringat. Sebagian besar deodoran lebih berbasis pada kandungan alkohol dan mengubah area kulit menjadi lebih asam sehingga tidak menarik untuk bakteri berkembang.

o Antiperspiran

Antiperspiran merupakan salah satu tips yang digunakan untuk menghilangkan bau keringat karena mengandung senyawa yang berbasis aluminium. Dengan sistem kerja pemblokiran pori-pori untuk mengurangi jumlah keringat atau bahkan menghentikan keringat mencapai permukaan kulit Anda. untuk penggunaan antiperspiran sendiri Anda mungkin akan membutuhkan resep atau anjuran dokter agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Sebuah pengobatan dan perawatan tentu akan lebih berjalan maksimal ketika Anda juga tahu kondisi serta dosis penggunaan obat apa yang tepat untuk keluhan yang Anda rasakan tersebut. Berkeringat memang kondisi yang wajar dan alamiah, namun terkadang setiap orang akan memiliki masalah pada intensitas bau yang dihasilkan dari keringatnya.

Jika Anda mengalami kondisi bau yang mempengaruhi keseharian dan hidup Anda, segera lakukan konsultasi atau pemeriksaan untuk tahu cara pengobatan atau menghilangkan bau keringat yang Anda rasakan dengan dokter. Klinik Utama Gracia menyediakan layanan medis utnuk membantu Anda mengurangi keluhan dan mengobatinya hingga tuntas.

Butuh reservasi dengan dokter kami? Hubungi kami dinomor 081336361555 untuk memudahkan informasi dan konsultasi Anda.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Keringat Berlebih Di Ketiak

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan