• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Penjelasan Lengkap Tentang Keputihan Seperti Ampas Tahu Anda

Penjelasan Lengkap Tentang Keputihan Seperti Ampas Tahu Anda
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )



Keputihan seperti ampas tahu pada wanita tentu sering Anda dengar atau bahkan Anda alami dalam beberapa waktu. Anda tidak perlu merasa khawatir jika mengalami kondisi ini, karena keputihan seperti ampas tahu dapat diatasi dan disembuhkan secara total dengan perawatan medis. Anda hanya perlu mencari tahu beberapa hal mengenai keluhan tersebut guna menghindari terjadinya keluhan tersebut.

Dalam artikel kali ini Anda akan mendapatkan informasi kesehatan tentang keluhan keputihan seperti ampas tahu yang sering ditemukan terjadi pada wanita.

Penyebab Keluhan Keputihan Ampas Tahu Anda

Infeksi eksternal dari jenis ragi atau jamur atau juga dikenal dengan keluhan kandidiasis adalah kondisi yang sering mengakibatkan adanya keluhan keputihan seperti ampas tahu atau keju cottage pada seorang wanita. Jenis ragi atau jamur Candida Albicans inilah yang sering ditemukan sebagai organisme mikroskopik yang menganggu keseimbangan sistem didalam area vagina atau organ reproduksi bagian dalam Anda.

Secara teknis memang ada berbagai jenis atau strain candida yang dapat berkembang, ketika seorang wanita mengalami infeksi jamur berulang yang terasa berat itu berarti memungkinkan adanya strain candida lain yang menjadi penyebabnya. Terkadang Anda mungkin juga tidak dapat menyadari adanya faktor lain yang berpengaruh, diantaranya mungkin seperti:

o Diabetes yang tidak terkontrol

o Kehamilan

o Sistem kekebalan tubuh yang lemah

o Ketidakseimbangan hormon

o Kurangnya istirahat

o Gangguan emosional

o Penggunaan antibiotik berlebih

o Obesitas

o Alat kontrasepsi yang digunakan

Baca Juga: Ini Alasan Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan Wanita

chat

Bagaimana Infeksi Jamur Berkembang Pada Area Vagina?

Kondisi alamiah dimana sebuah ragi atau jamur berkembang didalam tubuh Anda dan termasuk juga pada jenis candida. Jenis jamur candida memang hidup dalam jumlah kecil didalam vagina, sebagaimana bakteri Lactobacillus juga berkembang sebagai bakteri baik yang ada didalam tubuh Anda. Selama jumlahnya terkontrol tentu keduanya tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan Anda.

Jenis bakteri dan jamur tersebut akan mudah berkembang dalam lingkungan yang hangat, lembab, dan juga tanpa udara. Sebuah infeksi terjadi ketika bakteri baik tersebut sudah tidak dapat mengontrol keseimbangan organisme jahat divagina, dan sejumlah jamur akan tumbuh dengan mudah dalam jumlah banyak. Yang akhirnya menimbulkan reaksi keputihan abnormal atau keputihan seperti ampas tahu yang Anda alami tersebut.

Mendiagnosis Keluhan Keputihan Yang Anda Alami

Infeksi ragi atau jamur akan mudah didiagnosis dengan pemeriksaan yang dilakukan. Mendatangi langsung dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan keputihan seperti ampas tahu yang Anda alami adalah tindakan yang memang harus Anda lakukan.

Beberapa tindakan tes dan uji medis mungkin akan disarankan oleh dokter Anda guna analisis dan tindakan lebih lanjut yang disesuaikan dengan kondisinya. Pemeriksaan medis yang mungkin Anda lakukan dapat berupa seperti:

o Pemeriksaan panggul

Pemeriksaan panggul ini mungkin akan lebih bersifat umum, pemeriksaan ini dilakukan dengan melakukan pengambilan sampel cairan, sekresi, maupun sel-sel dari vagina maupun organ reproduksi bagian dalam guna menjalani tes dan uji laboratorium secara lebih spesifik. Pemeriksaan ini dapat mencakup untuk beberapa tes atau uji medis lainnya seperti biopsi dan kultur jaringan.

o Pemeriksaan DNA

Pemeriksaan DNA dengan mengambil sampel darah mungkin akan dilakukan dan disarankan bagi Anda yang memiliki keluhan keputihan seperti ampas tahu akibat infeksi berulang atau terus muncul dalam jangka panjang. Pemeriksaan ini mungkin akan lebih ditujukan pada kemungkinan kondisi mendasar lain yang dapat terjadi pada kondisi yang Anda alami.

Pengobatan Akan Dilakukan Sesuai Kebutuhan

Setiap metode atau jenis pengobatan yang dianjurkan oleh dokter Anda tentu sudah disesuaikan dan dipertimbangkan berdasarkan beberapa faktor dan kondisi yang tepat untuk Anda lakukan. Penting untuk Anda ketahui bahwa semua infeksi ragi atau jamur dapat diobati hingga total, tetapi Anda juga harus tahu tentang infeksi apa yang Anda miliki sehingga pengobatan dapat dilakukan dengan benar.

Klinik Utama Gracia dapat menjadi pilihan tepat untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi mengenai kesehatan area organ reproduksi Anda secara khusus. Anda akan mendapatkan pelayanan medis terbaik dengan metode pengobatan intensif untuk setiap keluhan ginekologi yang Anda alami. Tunggu apalagi? Segera reservasi atau konsultasi dengan dokter kami via telepon di nomor 081336361555 . Dokter dan tenaga medis profesional kami siap membantu Anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keputihan Wanita, Mana Yang Normal Dan Tidak Normal

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan