• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penjelasan Cystitis Adalah

Cystitis Adalah | Pengertian Terlengkap Penyakit Cystitis
Nilai Rata-rata: 9.3 / 10 (15 orang penilai )

Apa itu Cystitis?

Cystitis adalah merupakan suatu peradangan yang disebabkan oleh bakterial yang berkembang didaerah saluran perkemihan, yang menyebabkan rasa nyeri pada daerah kandung kemih dan panggul  sekitarnya. Gejala yang muncul pada setiap orang berbeda- beda, penyakit ini bisa menyerang pada anak2, remaja, dewasa serta usia lanjut. paling banyak yang diserang oleh penyakit ini adalah wanita, sampai sepertiga dari semua wanita memiliki setidaknya satu infeksi  dalam kehidupan mereka. peradangan atau infeksi yang terjadi bisa diklasifikasikan sebagai infeksi yang sederhana dan infeksi yang sudah parah.

Hal ini mengundang banyak tanya dari kaum wanita, kenapa bisa diklasifikasikan dengan sederhana dan parah? ahli medis klinik utama gracia berpendapat bahwa infeksi yang sederhana hanya akan menyerang pada wanita sehat dengan sistem kemih yang normal. hal tersebut juga akan terjadi pada pria yang sehat, infeksi atau peradangan kandung kemih (cystitis) akan jarang terjadi. sehingga baik wanita ataupun pria yang mengalami infeksi atau peradangan yang sudah parah akan terjadi ketika kedua jenis kelamin ini memiliki sistem kemih yang abnormal.

Gejala Cystitis

Infeksi yang terjadi dari gejala Cystitis, menyebabkan adanya peradangan yaitu iritasi dan pembengkakan di bagian kandung kemih dan uretra. Hal ini yang menyebabkan muncul rasa ingin tahu anda bagaimana gejala Cystis tersebut.  Berikut akan kami jelaskan gejala-gejala Cystitis :

1. Buang air kecil lebih sering, walaupun hanya dengan volume atau jumlan urin sangat sedikit.
2. Anda akan merasakan Buang Air kecil secara tiba tiba
3. Muncul rasa Nyeri, terbakar serta ketidakyamanan saat BAK
4. Lebih sering merasakan BAK pada malam hari
5. Nyeri pada perut bagian bawah
6. Muncul darah dalam urin
7. Urin akan menjadi keruh, yang menyebabkan muncul bau yang tidak enak.

Jika sudah didiagnosa mengalami Cystitis yang sangat parah, akan muncul juga beberapa gejala seperti demam, menggil, mual, muntah, nyeri pinggang, nyeri punggung, serta psikologis apabila bakteri sudah menyebar dari system perkemihan  ke aliran darah atau ginjal. Pasien yang sudah terinfeksi pada system perkemihan memerlukan pengobatan yang lebih lama secara cepat dan tepat. Serta harus dilakukan pengujian lebih lanjut untuk melihat kondisi fungsi system urin.

cystitis adalah

 

Pengobatan Cystitis

Bagi anda yang sudah terinfeksi cystitis, sebaiknya mengkonsumsi antibiotic sesuai dengan anjuran dokter. Biasanya jika kondisi belum terlalu parah, akan mengkonsumsi antibiotic selama 3 hari.tetapi Kondisi yang sudah parah atau memiliki komplikasi, khususnya pada pria yang mengalami kelenjar prostat membesar akan mengalami masalah cystitis lebih lam dan harus melakukan pengobatan lebih lama dengan penggunaan antibiotic selama 10 hari, bahkan menurut tim medis kami cystitis yang sudah parah harus melakukan terapi berkepanjangan sampai benar benar sudah dikatakan sembuh total.

Jika mengkonsumsi antibiotic, sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Apabila anda mengalami demam, menggigil , mual, muntah, atau nyeri pinggang yang menunnjukan adanya infeksi pada daerah perkemihan segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke klinik terdekat. Menurut ahli medis kami solusi terbaik untuk mengatasi cystitis adalah lakukan pemeriksaan sedini mungkin sebelum terjadi komplikasi.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan