• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Pengobatan Utama Herpes Kelamin Pada Wanita

Pengobatan Utama Herpes Kelamin Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Herpes kelamin pada wanita sama dengan herpes kelamin pada pria dan penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang berisiko. Herpes kelamin atau herpes genital menjadi penyakit yang cukup umum didapat oleh seseorang dengan riwayat kontak seksual yang aktif. Segala bentuk kontak seksual yang berisiko tentulah dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan segala jenis penyakit menular seksual (PMS) termasuk herpes kelamin.

Penyebab adanya keluhan herpes kelamin pada wanita muncul akibat adanya infeksi dari jenis virus, secara keseluruhan jenis virus herpes yang dapat menginfeksi seseorang memiliki 2 jenis yaitu herpes simplex virus tipe 1 (HSV-1) dan herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2). Dan yang lebih spesifik penyebab herpes kelamin pada wanita atau pria adalah herpes simplex virus tipe 2 (HSV-2).

Perlu Anda ketahui bahwa kedua jenis virus herpes tersebut memang berbeda dan juga memiiliki perbedaan tempat untuk muncul. Namun, keduanya dapat HSV-1 juga bisa berubah menjadi kondisi yang menyebabkan adanya gejala HSV-2 muncul pada area alat kelamin Anda. Perpindahan virus yang dilakukan secara tidak sengaja atau kontak tidak langsung dapat menjadi penyebabnya.

Masuknya Virus Herpes Kelamin Pada Wanita Kedalam Tubuh

Sifat dari virus adalah mudah menyesuaikan dengan lingkungan area tubuh yang diinfeksi, sehingga hal inilah yang membuatnya sulit untuk dihilangkan atau disembuhkan secara total. Ketika virus herpes kelamin pada wanita mulai memasuki tubuh melalui kontak kulit ke kulit atau kontak seksual yang dilakukan, maka virus akan mulai berkembang dan menuju kedalam area organ reproduksi Anda.

Selain melalui kontak seksual penyebaran virus herpes tersebut mungkin akan lebih sering dijumpai dan juga memasuki tubuh Anda pada:

o Luka atau lecet

o Lapisan mulut

o Kulit yang memiliki retakan

o Selaput lendir

Virus yang masuk melalui kulit akan berjalan disepanjang saraf Anda, namun bisa menjadi bersifat tidak aktif sementara yang dalam waktu tertentu dapat berubah menjadi aktif dan mulai menyebabkan timbulnya gejala. Setiap orang akan memiliki gejala yang dapat berbeda satu sama lainnya karena adanya beberapa perbedaan kondisi yang dimiliki.

Apa Saja Gejala Herpes Kelamin?

Gejala dari herpes kelamin pada wanita dan pria memiliki kesamaan dan hampir semua gejala infeksi herpes yang dialami oleh seorang wanita juga dapat dirasakan pada pria. apa saja gejala herpes kelamin? berikut adalah beberapa gejala umum herpes kelamin pada wanita:

o Demam, menggigil, dan sakit kepala yang menyerupai gejala flu

o Nyeri pada area bibir vagina ketika urin melewati area luka

o Kemerahan atau ititasi pada area infeksi

o Muncul benjolan atau gelembung yang berisi cairan

o Dalam jumlah banyak atau bergerombol

o Kesemutan ringan atau kebas dan sensasi terbakar didaerah vagina atau dubur

Munculnya benjolan atau gelembung berisi cairan tersebut mungkin akan dirasakan lebih menyakitkan dan dalam beberapa hari gelembung akan mudah pecah dan meninggalkan luka terbuka. Setelah fase ini mungkin Anda dapat mengira jika kondisinya telah hilang, namun hal tersebut adalah anggapan yang salah. Karena dalam jangka waktu tertentu keluhan herpes kelamin Anda akan sangat mungkin untuk berulang atau kambuh kembali.

Kambuhnya sebuah keluhan herpes pada wanita biasanya dengan intensitas yang lebih ringan dari gejala awal munculnya keluhan, sehingga Anda mungkin akan mengira jika keluhannya telah sembuh. Penting untuk Anda ketahui adalah jika sebuah keluhan atau penyakit yang disebabkan oleh virus itu berarti lebih sulit untuk disembuhkan atau dihilangkan sepenuhnya dari dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Penyebab, Gejala, Dan Cara Menyembuhkan Herpes Genital

chat


Mengapa Herpes Kelamin Pada Wanita Lebih Berbahaya?

Keluhan herpes kelamin pada wanita dan pria akan sangat mudah berpindah dari satu orang ke orang lainnya dan lebih sering dikaitkan dengan beberapa kondisi lain yang misalnya seperti:

o Sistem kekebalan tubuh yang lemah

o Luka kulit

o Demam

o Menstruasi

o Kerusakan saraf

o Kerusakan jaringan akibat operasi

o Paparan situasi iklim yang ekstrim

Selain itu seorang wanita akan lebih mendapatkan risiko atau komplikasi dan bahaya dari infeksi HSV-2 lebih tinggi saat bersamaan dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Karena seorang wanita lebih rentan untuk mendapatkan gejala yang lebih parah dan bertahan lama. Beberapa gejala tambahan saat keluhan herpes kelamin pada wanita juga bisa muncul misalnya seperti perubahan cairan vagina atau keputihan abnormal serta juga komplikasi kehamilan dan persalinan.

Penyebaran dari virus penyebab herpes kelamin pada wanita juga bisa sampai hingga area dalam vagina, leher rahim atau serviks, serta sistem saluran kemih yang letaknya berdekatan dengan vagina. Tanda-tanda awal seorang wanita dengan herpes kelamin mungkin akan lebih asimtomatik dibandingkan pada seorang pria, karena banyak yang tidak tahu jika mereka memiliki virus didalam tubuhnya.

Pengobatan Yang Anda Butuhkan Untuk Herpes Kelamin

Meskipun herpes genital tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, jika Anda melakukan perawatan maka keluhan tersebut dapat diobati. Pengobatan dilakukan dengan tujuan:

o Mempersingkat gejala

o Mengurangi tingkat keparahan

o Serta menghindari adanya bahaya atau komplikasi fatal

Seorang wanita dengan diagnosis keluhan herpes genital atau herpes kelamin akan memiliki risiko bahaya atau komplikasi berlipat saat dirinya menjadi hamil atau melahirkan dengan infeksi HSV-2. Kelahiran prematur, gangguan organ vital kronis, kematian, dan komplikasi persalinan lainnya bisa Anda dapatkan saat infeksi HSV ada didalam tubuh menular pada janin Anda.

Bagaimana cara perawatan atau pengobatan yang tepat untuk Anda? pengobatan utama yang akan Anda dapatkan adalah ketika pemeriksaan dan konsultasi dapat dilakukan secara langsung dengan dokter Anda. Karena satu-satunya cara mengetahui apakah Anda memiliki virus herpes genital adalah dengan melakukan pemeriksaan secara medis.

Penyedia kesehatan atau dokter Anda dapat memeriksa dengan mengambil sampel (dari luka, lepuhan, atau darah) untuk melakukan beberapa tes dan uji laboratorium guna memastikan penyebab dan menegakkan diagnosis yang tepat. Beritahu pasangan Anda agar pemeriksaan dapat dilakukan bersama guna menghindari adanya penularan yang berulang jika hanya salah satu saja yang melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Untuk Informasi lebih lanjut tentang pengobatan herpes kelamin atau herpes genital dan penyakit menular seksual (PMS) lainnya di Klinik Utama Gracia, silahkan klik layanan konsultasi chat online kami atau hubungi 081336361555 untuk lebih jelasnya.

Baca Juga: Cara Menghadapi Penyakit Herpes Genitalis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan