• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pengobatan Klamidia Adalah Dengan Cara Berikut

Pengobatan Klamidia Adalah Dengan Cara Berikut
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

Sudah pernah mendengar tentang penyakit klamidia? Klamidia adalah penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual sehingga disebut sebagai penyakit menular seksual. Penyakit ini bisa menyerang pria maupun wanita yang terjadi karena adanya infeksi bakteri chlamydia trachomatis. Segala bentuk kontak seksual, dapat menularkan bakteri ini dari penderita kepada pasangan seksualnya, seperti melalui vaginal, oral ataupun anal seks.

Keberadaan penyakit ini sering tidak diketahui karena jarang terjadi gejala yang menunjukkan adanya infeksi bakteri klamidia. Sekalipun gejala akan muncul, kemungkinan bisa terjadi pengabaian karena gejala tidak terasa parah dan bisa segera berlalu. Padahal bila penyakit ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan terjadinya komplikasi dimana munculnya kondisi kesehatan lain yang lebih serius.

Pada pria dan wanita akan mengalami gejala yang berbeda ketika terinfeksi klamidia. Pada pria, gejala klamidia yang mungkin muncul yaitu keluar cairan bening ataupun keruh dari ujung penis, sakit saat buang air kecil, terasa gatal dan sensasi panas pada lubang penis, dan juga terjadi bengkak disertai sakit pada testis.

Sedangkan pada wanita, gejala klamidia yang akan terjadi adalah keluar cairan abnormal yang bau, terjadi pendarahan ketika di luar masa menstruasi, sakit pada perut bagian bawah, demam, sakit saat berhubungan seksual, gatal dan sensasi panas pada area vagina, dan juga sakit saat buang air kecil.

Agar tidak terjadi komplikasi, maka Anda harus melakukan pengobatan yang tepat untuk menghilangkan keberadaan bakteri penyebab klamidia tersebut.

chat

Diagnosis Klamidia

Sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu melakukan diagnosis. Cara mendiagnosis klamidia adalah dengan menguji sampel cairan dari saluran uretra pria ataupun serviks wanita di laboratorium, ataupun bisa juga dengan melakukan tes urine untuk melihat keberadaan bakteri.

Pengobatan Klamidia

Bila Anda positif terinfeksi klamidia, maka pengobatan yang tepat untuk klamidia adalah dengan pemberian antibiotik. Dokter akan memberikan antibiotik selama 5 sampai 10 hari. Pengobatan juga harus dilakukan pada pasangan seksual Anda, untuk menghindari Anda bisa terinfeksi kembali. Ketika melakukan pengobatan, usahakan untuk tidak terlebih dulu melakukan hubungan seksual agar tidak terjadi penyebaran dari bakteri penyebab klamidia tersebut.

Penggunaan antibiotik yang diberikan dokter harus dihabiskan walaupun dalam beberapa hari Anda sudah merasa membaik. Setelah antibiotik habis, Anda dapat melakukan pemeriksaan kembali agar dapat dipastikan bahwa infeksi sudah teratasi. Para wanita umumnya akan disarankan menjalani rawat inap, agar pemberian antibiotik dapat diberikan melalui intravena.

Mencegah klamidia tentunya akan lebih baik daripada harus mengobati penyakit ini ketika telah terinfeksi. Ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan yaitu menggunakan kondom saat melakukan aktivitas seksual apapun, tidak berbagi mainan seks dengan orang lain, dan juga tidak melakukan hubungan seksual dengan banyak orang.

Mewaspadai keberadaan klamidia, berarti juga menjaga agar tidak terjadi kondisi lain yang lebih serius yang dapat dialami oleh penderita klamidia bila infeksi ini dibiarkan tanpa pengobatan. Untuk itu melakukan pemeriksaan akan lebih baik dilakukan bagi Anda yang sudah aktif secara seksual.

Anda pun dapat berkonsultasi pada staf medis kami melalui layanan chatting yang sudah tersedia agar mendapatkan solusi dari permasalahan yang Anda alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan