• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Penggunaan Antibiotik Untuk Keputihan

Penggunaan Antibiotik Untuk Keputihan
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Keputihan abnormal merupakan keputihan yang terjadi karena adanya infeksi jamur, bakteri, ataupun virus pada organ kewanitaan. Untuk mengatasinya bisa menggunakan antibiotik untuk keputihan. Keputihan abnormal ini memang tidak seharusnya dibiarkan berlarut-larut tanpa pengobatan, karena infeksi bisa menjadi lebih buruk.

Sebenarnya keputihan sendiri adalah hal wajar untuk dialami oleh wanita. Karena organ kewanitaan akan mengeluarkan cairan yang disebut keputihan tersebut untuk menghindarkan area tersebut dari infeksi. Namun berbeda halnya jika yang terjadi merupakan keputihan yang abnormal.

Keputihan yang abnormal akan memiliki ciri-ciri berubah warna, berbau, dan menyebabkan terjadinya gatal pada area genital wanita. Keputihan abnormal juga bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu. Seperti misalnya keputihan berwarna kuning bisa menandakan infeksi kencing nanah. Keputihan berbusa, kuning atau kehijauan dan berbau tidak sedap, menandakan trikomoniasis. Keputihan tebal, putih dan seperti keju, menandakan infeksi ragi. Keputihan berwarna putih, abu-abu atau kuning dan bau amis, menandakan terjadinya bacterial vaginosis. Bila Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter, maka dokter akan memberikan penanganan berupa antibiotik untuk keputihan.

Antibiotik Untuk Keputihan

Pengobatan untuk keputihan abnormal biasanya berupa antibiotik. Antibiotik ini bisa diberikan dalam bentuk obat minum, krim atau gel, ataupun suntikan antibiotik. Biasanya pemberian krim atau gel yang dikhususkan untuk vagina diperuntukkan bagi wanita yang alergi pada antibiotik yang dikonsumsi melalui mulut.

chat

Jenis antibiotik yang akan diberikan dokter pun juga berdasarkan penyebab keputihan yang Anda alami. Walaupun pengobatan keputihan abnormal sudah pasti menggunakan antibiotik, namun Anda tidak bisa membeli antibiotik ini tanpa resep dokter, atau tanpa melakukan pemeriksaan terlebih dulu pada dokter. Karena antibiotik ini terbilang obat yang keras, sehingga pemakaiannya harus benar-benar tepat, agar tidak ada efek negatif yang terjadi.

Penggunaan Antibiotik

Bila antibiotik ini tidak dikonsumsi sesuai aturan atau anjuran dokter, maka bisa menyebabkan bakteri menjadi resisten pada antibiotik, sehingga infeksi akan sulit untuk disembuhkan. Selain itu, antibiotik yang digunakan tidak sesuai aturan akan membuat bakteri baik mati, sehingga bakteri jahat bisa tumbuh subur pada area organ kewanitaan. Hal ini terjadi karena antibiotik akan membunuh setiap bakteri, termasuk bakteri yang sebenarnya berguna. Pemakaian dalam jangka panjang, bila dihentikan, bisa mengakibatkan infeksi kembali. Dan bila diobati lagi, maka infeksi tidak bisa lagi disembuhkan dengan antibiotik tersebut.

Itulah mengapa pemakaian antibiotik ataupun obat lainnya harus sesuai dengan resep dan anjuran dari dokter. Hal ini dilakukan agar tidak ada efek negatif dari obat yang seharusnya memberikan efek kesembuhan.

Jika Anda mengalami keputihan abnormal, sebaiknya periksakan diri agar dipastikan diagnosis yang Anda alami dan pemberian pengobatan yang tepat. Pemeriksaan akan dimulai dengan memeriksa fisik, dan mengambil sampel cairan vagina Anda. Sampel tersebut akan diberikan ke lab dan diuji apakah ada infeksi bakteri, virus, atau jamur pada area kewanitaan Anda. Jika positif terdapat infeksi, maka dokter akan memberikan pengobatan sesuai kondisi Anda.

Pengobatan umumnya dilakukan untuk menghentikan gejala dan juga menghilangkan infeksi. Selagi masa pengobatan, ada baiknya Anda juga melakukan penanganan secara mandiri, seperti selalu menjaga kebersihan area kewanitaan, tidak membersihkan vagina menggunakan sabun atau produk yang memiliki kandungan parfum, dan lakukan hubungan seksual yang aman, agar terhindar dari penyakit yang juga dapat menyebabkan keputihan abnormal.

Bila ada hal yang ingin ditanyakan atau Anda ingin berkonsultasi, silahkan melalui layanan chatting Klinik Utama Gracia yang sudah disediakan di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan