• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pengertian Penyakit Prostatitis

Prostatitis Adalah - Pengertian Penyakit Prostatitis Pria
Nilai Rata-rata: 9.5 / 10 (11 orang penilai )

prostatitis

Apa itu prostatitis?

Prostatitis adalah peradangan pada kelenjar prostat. Beberapa artikel mengungkapkan bahwa prostatitis sama halnya dengan kanker prostat, tetapi tim ahli medis klinik utama gracia berpendapat bahwa prostatitis bukanlah kanker, hanyalah peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Penyakit prostatitis hanya menyerang pada pada laki-laki dengan usia diatas 35 tahun. Yang perlu anda ketahui adalah penyebab prostatitis dibagi menjadi 2 bagian yaitu bakteri dan non-bakteri. Menurut Dr. klinik utama gracia jika prostatitis berasal dari bakteri maka bakteri yang ada didalam nya yaitu berupa spesies yang disebut ilmu kedokteran yaitu pseudomonas, gram-negative dan proteus. Prostatitis bakteri juga menyebar dari rectum dan urin yang sudah terinfeksi.  Jika anda melakukan pemeriksaan laboratorium, maka akan keluar hasil sesuai dengan bakteri yang dijelaskan diatas, maka anda didiagnosa prostatitis dikarenakan bakteri. Dari bakteri ini juga anda bisa tertular karena infeksi menular hubungan seksual. Sedangkan prostatis non- bakteri karena tekanan pada kelenjar prostat yang lebih tnggi, pada daerah panggul terjadi myalgia, dan gangguan emosional.

Jenis Prostatitis :

1. Prostatitis Kronis

prostatitis jenis ini gejalanya tidak begitu parah dan akan sembuh dengan proses cepat tanpa adanya pengobatan dari dokter, hanya dengan mengendalikan emosional serta stressor diri sendiri.

2.  Prostatitis bakteri akut

Prostatitis jenis ini biasanya terjadi pada pria diusia berapapun. Dengan gejala muncul tiba-tiba dan gejala yang sangat parah. Jenis prostatitis bakteri akut, harus segera mendapatkan pengobatan. Mungkin bagi anda yang terkena jenis prostatitis ini anda akan susuah untuk BAK dan ketika BAK muncul nyaeri yang sangat hebat. Adapun beberapa gejala yang akan timbul yaitu demam, mengigil, nyeri punggung bawah, nyeri didaerah genitalia, sering BAK, terasa sakit dan terbakar pada saat BAK, lebih sering BAK pada malam hari. Serta akan disertai rasa sakit dan nyeri di seluruh tubuh.

3. Prostatitis bakteri akut

Tipe prostatitis ini sangat jarang terjadi dikarenakan ini adalah infeksi yang dating kembali atau berulang setelah sebelumnya sudah pernah diobati. Tetapi anda harus tetap waspada, karena jesni ini akan sulit diobati jika terjadi kembali. Ada beberapa gejala yang perlu anda ketahui pada jenis ini yaitu terjadi batuk ringan, anda tidak akan merasakan demam.

4. Asimtomatik prostatitis inflamasi

Prostatitis jenis ini terjadi tanpa adanya gejala. Jika terjadi hal ini, Dr klinik utama gracia akan mendiagnosa anda memiliki sel sel yang bias melawan infeksi dalam cairan prostat atau semen.

Siapa yang beresiko terkena prostatitis?

Prostatitis terjadi pada usia diatas 35 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada pria pada umunya tanpa adanya batasan umur. Yang pastinya tidak terjadi pada anak- anak atau bayi. Berikut akan kami jelaskan beberapa resiko yang akan terjadi ketika akan mengalami prostatitis :
1. Terjadi infeksi pada kandung kemih atau infeksi lain dalam tubuh
2. Mengalami cedera pada daerah antara skrotum dan anus
3. Pembesaran prostatitis
4. Jika dimasukankan kateter ke dalam uretra akan timbul rasa nyeri dan terjadi infeksi

Klinik Utama Gracia Indonesia

Pengobatan Prostatitis

1. Prostatis Kronis, pengobatan pada prostatitis kronis dapat menggunakan antibiotic sampai infeksi hilang. Tetapi tergantung pada pengobatan atau terapi lain dari instruksi dokter seperti obat-obatan yang dapat membantu mengendurkan otot-otot disekitar prostat dan kadung kemih, serta obata-obatan yang bias mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

2. Prostatitis bakteri kronis, pengobatanya bisa menggunakan antibiotic selama 4-12 minggu. Jenis prostatitis ini sulit untuk disembuhkan, karena infeksi bsas saja datang kembali. Jika antibiotic tidak bekerja dalam tubuh anda selama 4-12 minggu, menurut ahli medis kami untuk sementara waktu anda menggunakan antibiotic dalam dosis rendah, Karena hal seperti ini dokter akan menganjurkan anda untuk melakukan operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh prostat.

3. Prostatitis bakteri akut , pengobatan untuk jenis ini akan disarankan untuk mengkonsumsi antibiotic selama 2-4 minggu, serta akan di tambahkan dengan obat nyeri. Jika mengkonsumsi antibiotic dan obat nyeri selama 2-4minggu tidak ada proses penyembuhan dan bahkan semakin parah, maka anda dianjurkan unuk dirawat di rumah sakit.

Pon yang paling penting jika anda mengalami penyakit prostatitis, kami menyarankan anda untuk sering berkonsultasi dengan spesialis kelamin serta petugas medis lainnya. Hal ini dapat membantu anda, untuk mendapatkan penanganan lebih cepat untuk kesembuhan.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan