• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pengertian Penyakit Menular Seksual

Pengertian Penyakit Menular Seksual
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )

pengertian penyakit menular seksual adalah

Jika Anda sering berhubungan badan dengan berganti-ganti maka ada baiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk tersebut, karena selain berhubungan badan dengan pasangan yang belum sah itu dosa hal lainnya adalah Anda bisa menderita penyakit menular seksual (PMS). Lalu apakah pengertian penyakit menular seksual itu?

Pengertian Penyakit Menular Seksual

Pengertian penyakit menular seksual ataupun disingkat PMS adalah jenis penyakit kelamin yang paling sering ditularkan oleh seseorang yang telah terinfeksi virus akibat hubungan badan baik secara seks vaginal, oral maupun seks anal dan PMS sangat berbahaya dan bisa bertambah buruk jika Anda tidak segera mengobatinya.

Pengertian penyakit menular seksual kadang-kadang disebut sebagai infeksi menular seksual (IMS) karena penyakit kelamin ini melibatkan transmisi organisme penyebab penyakit yang ditularkan satu orang ke orang lain selama aktivitas seksual.

Dan diketahui PMS mungkin sudah ada selama ribuan tahun, namun kondisi yang paling berbahaya adalah  sindrom imunodefisiensi yang didapat dari penyakit AIDS atau penyakit HIV.

Banyak PMS dapat diobati, tetapi mungkin obat yang efektif bisa kurang berhasil diberikan untuk penderita lainnya, seperti HIV, HPV, dan hepatitis B.

Bahkan gonore, yang mudah untuk sembuh saat ini telah menjadi resisten terhadap banyak antibiotik tradisional yang lebih tua. Banyak PMS dapat hadir dan disebarkan oleh orang-orang yang tidak memiliki gejala kondisi dan belum didiagnosis menderita PMS, oleh karena itu, pentingnya kesadaran masyarakat tentang pendidikan tentang infeksi ini dan metode pencegahan nya adalah sangat penting agar semua orang dapat mencegah PMS.

Sehingga tidak ada yang namanya seks aman terkecuali jika Anda melakukannya dengan pasangan yang sudah sah dan salah satu cara yang benar-benar efektif untuk mencegah PMS adalah untuk tidak berhubungan badan.

Apakah Berciuman Bisa Sebabkan PMS?

Kebanyakan orang berpikir bahwa berciuman adalah aktivitas yang sangat aman, akan tetapi mulai sekarang cobalah untuk berpikir dua kali karena pada penyakit sifilis, herpes, dan infeksi lainnya dapat ditularkan melalui tindakan yang relatif sederhana seperti ciuman dan tampaknya tidak berbahaya ini, karena pada dasarnya semua bentuk kontak seksual lainnya membawa beberapa risiko.

Apakah Kondom Ampuh Untuk Mencegah PMS?

Kondom umumnya dianggap melindungi terhadap banyak PMS, karena kondom berguna dalam mengurangi penyebaran infeksi tertentu, seperti klamidia dan gonore.

Namun, pada kenyataannya kondom tidak sepenuhnya melindungi terhadap infeksi lain seperti herpes kelamin, genital warts, sifilis, dan AIDS, sehingga pencegahan penyebaran PMS tergantung pada konseling individu berisiko dan diagnosis dini dan pengobatan infeksi.

chat

Berbagai Jenis PMS

Gonore

stop sex bebasApakah gonore itu? Ya gonore adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh organisme bernama Neisseria gonorrheae yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Diketahui gonore adalah salah satu penyakit kelamin tertua dan hingga saat ini lebih dari satu juta wanita telah terinfeksi gonore dan di antara banyak wanita yang terinfeksi, persentase yang signifikan juga akan terinfeksi klamidia.

Gonore Tidak Dapat Ditularkan Dari Kursi Toilet

Berlawanan dengan kepercayaan banyak orang gonore tidak dapat ditularkan dari kursi toilet atau gagang pintu. Karena pada umumnya bakteri yang menyebabkan gonore memerlukan kondisi yang sangat spesifik untuk pertumbuhan dan reproduksi.

Sehingga bakteri Neisseria gonorrheae tidak bisa hidup di luar tubuh lebih lama dari beberapa menit, juga tidak bisa hidup di kulit tangan, lengan, atau kaki.

Karena pada umumnya bakteri ini hanya bisa bertahan pada permukaan yang lembab di dalam tubuh dan paling sering ditemukan pada leher rahim, tabung uretra, Miss V dan bisa di bagian belakang tenggorokan akibat dari kontak seks oral.

Gejala Gonore

Mayoritas wanita yang terinfeksi tidak memiliki gejala terutama pada tahap awal infeksi dan bila wanita memang mengalami tanda dan gejala gonore tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Merasa terbakar saat buang air kecil,
  • Sering buang air kecil
  • Keputihan yang berwarna kekuningan
  • Pembengkakan alat kelamin
  • Miss V terasa Gatal atau terasa seperti terbakar

Jika tidak segera diobati, gonore dapat menyebabkan infeksi panggul yang parah dengan pembengkakan saluran telur dan saluran telur. Gonore juga dapat menyebar melalui tubuh untuk menginfeksi sendi sehingga menyebabkan artritis gonokokal .

Infeksi gonorrhea pada tuba Fallopii dapat menyebabkan infeksi pelvis yang serius dan menyakitkan yang dikenal sebagai penyakit radang panggul atau PID. PID terjadi pada sebagian besar wanita dengan infeksi gonorea pada serviks rahim.

Pengobatan Gonore

Dulu, pengobatan gonore yang tidak rumit cukup sederhana, karena satu suntikan penisilin bisa menyembuhkan hampir setiap orang yang terinfeksi. Tetapi sayangnya, ada jenis baru gonore yang telah menjadi resisten terhadap berbagai antibiotik, termasuk penisilin, dan karena itu lebih sulit diobati. Untungnya, gonore masih bisa diobati dengan obat suntik atau oral lainnya.

Chlamydia

Bakteri Chlamydia trachomatis adalah bakteri penyebab utama yang menyebabkan infeksi yang sangat mirip dengan gonore karena penyebarannya dan gejalanya.

Penyakit chlamydia telah mempengaruhi sekitar 4 juta wanita setiap tahunnya. Seperti gonore, bakteri klamidia ditemukan di serviks dan uretra dan bisa hidup di tenggorokan atau rektum.

Baik pada pria maupun wanita yang terinfeksi sering tidak memiliki gejala infeksi klamidia, dengan demikian seseorang secara tidak sadar dapat menyebarkan infeksi tersebut kepada orang lain.

Gejala Chlamydia

Kebanyakan wanita yang terinfeksi chlamydia tidak memiliki gejala, namun infeksi serviks uterus adalah gejala infeksi yang paling umum terjadi. Sementara sekitar setengah dari wanita yang terinfeksi chlamydia tidak memiliki gejala akan tetapi gejala tersebut mungkin seperti sakit perut, keputihan, rasa sakit ketika berkemih dan kebutuhan mendesak untuk segera buang air kecil.

Jika tidak segera diobati maka Chlamydia sangat merusak tabung Fallopii dan hal ini dapat menyebabkan infeksi panggul yang parah, bahkan beberapa wanita akan mengembangkan penyakit radang panggul

Karena sudah umum bagi wanita yang terinfeksi untuk tidak memiliki gejala, maka infeksi klamidia seringkali tidak diobati dan berakibat pada penghancuran luas ke saluran telur, sehingga menimbulkan masalah kesuburan dan kehamilan.

chat

Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang sudah diketahui sudah ada sejak berabad-abad lamanya, diketahui sifilis disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum biasanya bakteri ini jika dilihat dibawah mikroskop berbentuk cacing berbentuk spiral yang menggoyang kuat.

Sehingga bakteri Ini menginfeksi orang tersebut dengan menggali lapisan lembab Treponema pallidum mengakibatkan lembab dan luka tertutup berlendir pada mulut atau alat kelamin. Spirochete menghasilkan ulkus klasik tanpa rasa sakit yang dikenal sebagai chancre.

Gejala Sifilis

Ada tiga tahap sifilis, bersamaan dengan tahap tidak aktif (laten). Pembentukan ulkus (chancre) adalah tahap pertama. Chancre berkembang setiap saat dari 10 sampai 90 hari setelah infeksi dengan waktu rata-rata 21 hari setelah infeksi sampai gejala pertama berkembang. Sifilis sangat menular saat ulkus hadir.

Cara Mengobati Sifilis

Biasanya pengobatan sifilis tergantung pada stadium penyakit dan, pilihan pengobatan untuk sifilis bervariasi akan tetapi biasanya suntikan penisilin berkepanjangan sangat efektif dalam mengobati sifilis tahap awal dan lanjut.

Pengobatan neurosifilis memerlukan pemberian penisilin secara intravena. Pengobatan alternatif termasuk doksisiklin oral atau tetrasiklin.

Pada wanita yang terinfeksi selama kehamilan bisa menularkan infeksi ke janin melalui plasenta dan ada baiknya penisilin harus karena antibiotik lain tidak secara efektif melintasi plasenta untuk mengobati janin yang terinfeksi, jika tidak diobati dengan segera maka sifilis bisa menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian pada bayi.

Herpes Kelamin

Herpes kelamin ataupun Genital herpes disebabkan oleh infeksi yang bernama virus herpes simpleks (HSV) yang ditularkan melalui kontak intim pada lapisan mulut yang tertutup lendir atau pada Miss V atau kulit kelamin.

Diketahui virus herpes simpleks memasuki lapisan atau kulit begitu masuk virus ini bergerak ke akar saraf di dekat sumsum tulang belakang dan mengendap di sana secara permanen.

Ketika orang yang terinfeksi mengalami wabah herpes, maka virus tersebut menyusuri serabut saraf ke tempat infeksi, sehingga saat mencapai kulit maka akan timbul ciri kemerahan dan lecet. Setelah wabah awal wabah selanjutnya cenderung sporadis karena karena virus ini mungkin terjadi dalam hitungan mingguan atau bahkan bertahun-tahun.

Gejala Herpes Kelamin

Setelah seseorang terpapar virus HSV maka ada masa inkubasi yang umumnya berlangsung 3 sampai 7 hari sebelum terjadi lesi dan selama masa ini tidak ada gejala dan virus lain yang tidak bisa ditularkan ke orang lain.

Wabah biasanya dimulai dalam waktu dua minggu setelah infeksi awal dan terasa seperti gatal diikuti oleh kemerahan pada kulit dan timbul bentuk lepuhan atau bisul dan biasanya bisul yang terbentuk saat pelepuhan bisa pecah sehingga sangat menyakitkan untuk disentuh dan bisa berlangsung dari 7 hari sampai 2 minggu.

hpv

HPV

HPV atau singkatan dari Human papillomavirus adalah salah satu virus yang bertanggung jawab dari pertumbuhan kutil kelamin yang dapat menginfeksi saluran kelamin pria dan wanita dan diketahui lebih dari 40 jenis HPV dapat menyebabkan kutil kelamin.

Diketahui kutil kelamin ditularkan melalui hubungan seksual dan jenis HPV yang berbeda umumnya menyebabkan kutil di tempat umum yang berbeda di tubuh. Sehingga infeksi HPV telah lama dikenal sebagai penyebab kanker serviks dan kanker anogenital lainnya pada wanita, dan juga dikaitkan dengan kanker anal dan kanker Mr P.

Pengobatan HPV

Sayangnya tidak ada obat atau pengobatan yang bisa memberantas infeksi HPV, jadi satu-satunya pengobatan adalah menghilangkan lesi yang disebabkan oleh virus. Namun, menghilangkan kutil tidak selalu mencegah penyebaran virus, sehingga kutil kelamin sering kambuh lagi.

Akan tetapi terdapat beberapa metode alternatif termasuk cryotherapy (pembekuan kutil kelamin dengan nitrogen cair) setiap satu sampai dua minggu, operasi pengangkatan lesi, atau operasi laser. Akan tetapi operasi laser dan eksisi bedah keduanya memerlukan anestesi lokal atau umum yang tergantung pada luasnya kutil.

Chancroid

Chancroid adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Hemophilus ducreyi, yang dapat berpindah dari satu pasangan seksual ke pasangan yang lain. Perpindahan bakteri ini dimulai di area kulit kelamin yang terpapar secara seksual, paling umum pada Mr P dan Vulva.

Chancroid dimulai sebagai benjolan yang muncul 3 sampai 10 hari setelah terpapar secara seksual. Sel-sel yang membentuk benjolan kemudian mulai mati, dan benjolan itu menjadi bisul yang biasanya terasa nyeri.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Terinfeksi Chancroid?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang dan segera hubungi dokter karena biasanya seorang dokter profesional harus mengevaluasi siapa saja yang pernah melakukan kontak seksual dengan orang dengan pasien Chancroid dan semua orang yang pernah melakukan hubungan badan dengan pasien Chancroid harus diobati juga.

chat

Kutu Kemaluan

Diketahui kutu kemaluan disebabkan oleh parasit kecil bernama pthirus pubis, berbentuk seperti kutu atau tungau. Kutu kelamin ditularkan melalui kontak fisik yang dekat, termasuk kontak seksual. Parasit mempengaruhi kulit atau rambut dan menyebabkan gatal pada alat kelamin karena kutu tersebut menghisap darah dan menempel pada bulu kemaluan.

Cara Mengobati Kutu Kemaluan

Biasanya untuk menyembuhkan kutu kemaluan digunakan larutan krim permetrin 1% yang digunakan pada daerah yang terkena dan dicuci setelah 10 menit. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pengobatan ini bisa digunakan jika ada resep dokter.

HIV dan AIDS

Mungkin dari sekian banyaknya jenis penyakit kelamin, HIV adalah yang paling ditakuti karena infeksi yang disebabkan human immunodeficiency virus (HIV) memperlemah sistem kekebalan tubuh seseorang dan meningkatkan kerentanan tubuh terhadap berbagai infeksi, serta perkembangan kanker tertentu.

HIV adalah infeksi virus yang terutama ditularkan melalui kontak seksual atau jarum suntik, atau dari ibu hamil yang terinfeksi ke bayi yang baru lahir.

Gejala HIV

logo hivMeskipun tidak ada gejala atau tanda spesifik yang memastikan seseorang terinfeksi HIV akan tetapi banyak orang akan mengembangkan penyakit non spesifik dua sampai empat minggu setelah mereka terinfeksi.

Penyakit awal ini dapat ditandai dengan demam, muntah, diare, nyeri otot dan sendi, sakit kepala, sakit tenggorokan sampai mengalami kelenjar getah bening yang menyakitkan. Rata-rata orang sakit sampai dua minggu dengan penyakit awal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit awal telah terjadi hingga 10 bulan setelah infeksi. Hal ini juga memungkinkan untuk terinfeksi virus HIV tanpa harus mengenali penyakit awal.

Rata-rata waktu dari infeksi terhadap perkembangan gejala yang berkaitan dengan penurunan fungsi sistem kekebalan tubuh adalah 10 tahun.

Komplikasi serius meliputi infeksi atau kanker yang tidak biasa, penurunan berat badan secara drastis, kemunduran intelektual (demensia), dan kematian.

Bila gejala HIV parah, penyakit ini disebut sebagai acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Sejumlah pilihan pengobatan yang tersedia untuk orang yang terinfeksi HIV memungkinkan banyak pasien untuk mengendalikan infeksi mereka dan menunda perkembangan penyakit mereka terhadap AIDS.

Hepatitis B

Hampir sebagian besar orang tidak akan menanggap hepatitis B adalah PMS karena pada umumnya Virus hepatitis B (HBV) adalah virus yang menyebabkan penyakit radang hati.

Diketahui salah satu cara yang paling umum dari penyebaran virus hepatitis B adalah melalui kontak seksual yang intim, dan komplikasi dari hepatitis B bertanggung jawab atas kematian 1-2 juta setiap tahunnya

Biasanya virus hepatitis B dapat menyebabkan terjadinya peradangan hati akut dan kronis. Tahap awal infeksi berlangsung beberapa minggu, dan pada kebanyakan orang, infeksi bisa saja hilang.

Akan tetapi seseorang yang pulih dari infeksi awal bisa mengembangkan kekebalan terhadap HBV yang melindungi mereka dari infeksi virus ini di masa depan. Namun, sebagian kecil individu yang terinfeksi HBV akan mengembangkan penyakit hati kronis atau jangka panjang.

Orang-orang yang berpotensi menulari ini adalah bentuk kronis dari hepatitis B yang berbahaya bagi wanita. Hepatitis B kronis dikaitkan dengan sirosis hati, gagal hati, dan kanker hati.

Gejala Hepatitis B

Hanya 50% infeksi akut dengan virus hepatitis B yang menyebabkan gejala, dan gejala hepatitis B bisa termasuk pewarnaan kuning pada kulit atau mata, demam, sakit perut bagian atas, dan mual. Pada tahap selanjutnya, hepatitis B dapat menyebabkan pembengkakan kaki dan akumulasi cairan di perut.

Itulah tadi berbagai penjelasan pengertian penyakit menular seksual dan penting bagi Anda untuk mencegah risiko PMS mulai dari sekarang juga agar terhindar dari berbagai macam efek mengerikan dari penyakit tersebut.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa penggunaan kondom dapat membantu mengurangi risiko penularan infeksi tertentu, namun tidak mencegah penularan banyak infeksi, sehingga ada baiknya lakukanlah hubungan badan dengan pasangan Anda yang sudah sah agar terhindar dari penyakit kelamin.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan