• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pengertian Penyakit Herpes

Penyakit Herpes dan Penjelasan Apa Itu Herpes
Nilai Rata-rata: 9.9 / 10 (17 orang penilai )

penyakit herpes

Herpes adalah Virus Herpes Simplex atau disingkat dengan sebutan HSV. Herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus bukan bakteri. Ada dua tipe atau jenis virus HSV herpes ini. Jenis virus yag pertama telah dianggap oleh beberapa para ahli kami dapat menyebabkan luka dingin di mulut dan bibir luar sang penderita.

Sementara jenis kedua dikaitkan dengan herpes genital atau luka membentuk bintik kecil timbul disekitar penis atau vagina. Kedua jenis virus tersebut tentu dapat menyebabkan herpes genital. Herpes genital adalah infeksi pada alat kelamin yang bisa menulari pria dan wanita.

Virus herpes jenis 2 cenderung memiliki gejala lebih buruk dan dampak lebih parah dari pada kasus jenis virus pertama. Sebagian besar kasus herpes genital adalah disebabkan oleh jenis kedua virus herpes .

Terlepas dari kedua jenis virus tersebut gejala bahwa herpes genital telah menulari sang penderita adalah timbul luka yang terlihat seperti lecet atau bekas luka yang terdapat di daerah sekitar alat vital. Hal ini dapat terjadi dari waktu ke waktu pada alat kelamin sang penderita. Virus ini dapat hidup jauh di dalam saraf manusia selama beberpa periode sampai sang penderita mengobati virus ini secara tuntas. Rasa gatal dan nyeri dapat mendahului munculnya penyakit herpes.

Herpes termasuk penyakit seks menular. Herpes dapat menyebar kepada orang lain melalui kontak seksual dengan seseorang yang memiliki virus herpes. Banyak orang meremehkan virus ini, padahal virus ini termasuk virus yang berbahaya dan dapat merepotkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pantang bagi suatu pasangan untuk tidak berhubungan seksual jika salah satu individu pasangan terjangkit virus ini.

Banyak orang berfikir cara yang baik untuk menghindari herpes jika ingin berhubungan seks dengan seseorang yang memiliki herpes adalah menggunakan alat pelindung atau kondom. Namun yang harus Anda ketahui adalah kondom tidak dapat dapat menutupi semua kulit yang terjangkit virus herpes, sehingga kenyataannya kondom tidak benar-benar melindungi Anda dan pasangan Anda terhadap penularan penyakit herpes. Karena orang-orang yang terjangkit virus herpes selalu berpotensi menularkan virus tersebut. Pentingnya pencegahan dengan obat-obatan dan tindakan-tindakan tertentu untuk mengurangi kemungkinan terjangkitnya herpes bisa Anda lihat di bawah ini.

herpes adalah

 

Pembawa virus herpes dapat dengan mudah menularkan infeksi kepada pasangannya melalui hubungan vagina atau dubur dan penis. Melalui kontak seksual dengan lisan berkmungkin juga dapat menularka virus ini. Herpes tidak bisa disembuhkan oleh obat-obatan, tapi tidak berarti tidak ada obat yang bisa menyembukan penyakit herpes ini. obat-obatan anti-viral dapat mengurangi keparahan dan frekuensi dari gejala herpes. Ada sebuah kumpulan obat-obatan yang disebut cyclovirs, yang berguna dalam mengobati herpes genital. Selain dapat mengobati herpes obat-obatan cyclovirs  juga dapat dipakai sebagai  tindakan pencegahan untuk mencegah wabah herpes terjadi.

Herpes Dan Kehamilan

Herpes genital adalah sesuatu perhatian khusus untuk ibu hamil. Karena penyakit herpes dapat ditularkan dari ibu ke bayi yang baru lahir selama proses kelahiran. Herpes dapat ditularkan ke bayi saat melahirkan walaupun jika ibu tersebut tidak memiliki gejala terjadinya herpes. Ketika bayi terserang herpes dari ibu yang terjangkit herpes, dalam bahasa medis atau kedokteran disebut dengan herpes neonatal.

Gejala herpes neonatal muncul dalam bulan pertama kehidupan dan bisa sangat serius. Jenis yang paling serius dari infeksi herpes neonatal pada bayi baru lahir disebut juga dengan istilah diseminata herpes. Maka dari itu kami sarankan bagi para ibu yang sedang hamil untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin terhadap dirinya sendrir dan calon sang buah hati tercinta. Minimal pemeriksaan 1 bulan 1 kali untuk menjaga kandungan Anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan