• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Pengertian Penyakit Gonore

Penyakit Gonore Adalah | Klinik Utama Gracia
Nilai Rata-rata: 9.2 / 10 (17 orang penilai )



Banyak yang tidak mengetahui bahwa penyakit gonore adalah jenis penyakit yang harus diwaspadai keberadaannya. Pria maupun wanita memiliki risiko yang sama untuk menderita penyakit berbahaya ini. Penting bagi Anda untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit gonore.

Apa Itu Penyakit Gonore?

Penyakit gonore adalah jenis kelamin yang dapat menular. Di indonesia, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan penyakit kencing nanah. Penyakit gonore adalah jenis penyakit kelamin yang umum terjadi dan penyakit ini sangat mudah menular dari satu orang ke orang lain.

Penyakit gonore adalah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri ini dikenal dengan neisseria gonorrhoaea yang mudah untuk menular melalui aktivitas seksual. Bakteri ini akan menginfeksi tubuh melalui kelamin, dubur, dan saluran reproduksi wanita, seperti leher rahim.

Umumnya, penyakit gonore termasuk jenis penyakit yang tidak begitu berbahaya. Namun, jika terus dibiarkan tanpa adanya penanganan, maka gonore akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan penderitanya.

Apa yang Menyebabkan Saya Terinfeksi Gonore?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa penyakit gonore adalah jenis penyakit yang sangat mudah menular. Anda bisa terinfeksi penyakit ini ketika melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sudah menderita penyakit gonore.

Penyakit gonore adalah penyakit yang dapat menular dari satu orang ke orang lain. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terinfeksi gonore dan hal ini sering disebabkan oleh aktivitas seks yang tidak aman, seperti hubungan seks berisiko.

Anda berisiko untuk terinfeksi penyakit gonore ketika melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan seks dan kerap berganti-ganti pasangan seksual. Bakteri yang menjadi penyebab gonore akan menginfeksi dari satu orang ke orang lain, sehingga Anda akan terinfeksi dari salah satu pasangan seks yang sudah terinfeksi gonore sebelumnya.

Infeksi ini mudah menular melalui aktivitas seks melalui, kelamin, anal seks, dan oral seks. Serta, aktivitas seks yang dilakukan dengan sesama jenis akan meningkatkan risiko seseorang untuk terinfeksi gonore.
 

chat

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Saya Terinfeksi Gonore?

Langkah yang tepat untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi gonore atau tidak, yaitu dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter. Namun, ada langkah dini yang bisa Anda ketahui, yaitu dengan mengenali setiap tanda dan gejala penyakit gonore.

Adapun beberapa kasus yang sering terjadi, beberapa penderita gonore tidak memiliki gejala apapun. Kondisi seperti ini yang banyak mengakibatkan penderita mengalami komplikasi akibat tidak menyadari, bahwa mereka sedang menderita penyakit gonore.

Ciri ciri umum penyakit gonore adalah keluar cairan seperti nanah dari kelamin. Biasanya, pria yang menderita gonore akan mengalami perasaan seperti buang air kecil tapi dengan cairan nanah dari kelamin.

Sementara, pada wanita akan mengalami keputihan abnormal ditandai dengan warna cairan keputihan berwarna kuning kehijauan. Ciri ciri lainnya biasa akan mengakibatkan pembengkakan pada area kelamin dan terasa sakit ketika berhubungan seksual.

Sebaiknya, Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin untuk mengetahui kondisi Anda yang sebenarnya.

Siapa Saja yang Berisiko Menderita Gonore?

Pria maupun wanita dari segala usia memiliki risiko untuk menderita penyakit gonore. Terlebih pada mereka yang sudah aktif melakukan hubungan seksual sejak usia dini. Pria ataupun wanita yang aktif melakukan hubungan seks sejak dini sangat rentan untuk terinfeksi penyakit gonore.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki aktivitas seks berisiko, maka Anda akan meningkatkan risiko untuk terinfeksi segala jenis penyakit kelamin dan berisiko untuk menularkan penyakit ini kepada pasangan seksual selanjutnya.

Apakah Gonore Penyakit Mematikan?

Meskipun penyakit gonore adalah jenis penyakit yang tidak begitu berbahaya, namun penyakit ini bisa menjadi jenis penyakit yang mematikan.

Jika Anda terinfeksi penyakit gonore dan membiarkan tanpa melakukan penanganan apapun, maka bakteri akan terus berkembang ke seluruh tubuh Anda dan mengakibatkan kerusakan secara permanen pada area kelamin dan sistem reproduksi.

Banyak penderita gonore yang mengalami komplikasi akibat bakteri yang berkembang semakin besar dan mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf dan sistem reproduksi, sehingga memungkinkan penderita mengalami infertilitas hingga kematian.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Gonore?

Pengobatan gonore tidak boleh sembarangan. Penyakit ini bisa menjadi komplikasi dan berdampak buruk akibat tindakan pengobatan yang tidak sesuai. Pengobatan penyakit gonore harus dilakukan dengan bantuan dokter dan secara medis.

Lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita. Setelah mengetahui kondisi dan tingkat keparahan dokter akan memberikan beberapa resep obat untuk mengatasi rasa sakit yang muncul.

Jika Anda memiliki ciri ciri penyakit gonore segera lakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia. Jangan biarkan kondisi ini terus menerus tanpa adanya penanganan apapun, karena akan sangat membahayakan kesehatan area kelamin Anda.

Nah, jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit gonore silahkan konsultasikan diri Anda dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui  081336361555 atau melalui tombol konsultasi online yang sudah tersedia dibawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan