• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pengertian Penyakit Gonore

Penyakit Gonore Adalah | Klinik Utama Gracia
Nilai Rata-rata: 9.1 / 10 (15 orang penilai )

Apa Itu Gonore

Gonore adalah suatu penyakit atau infeksi menular yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Menurut pakar Ahli Klinik Utama Gracia penyebab utama penyakit gonore ini adalah dari infeksi bakteri neisseria gonorrhoeae. Bakteri neisseria gonorrhoeae adalah bakteri gram negatif bentuk diplokokus yang tak lain adalah penyebab infeksi pada saluran urogenitalis.

Kuman atau bakteri ini bersifat fastidious dan untuk pertumbuhnya bakteri ini perlu media yang lengkap dan baik. Nmaun bakteri ini juga rentan sekali terhadap panas dan kekeringan sehingga bakteri jenis ini tidak dapat bertahan hidup lebih lama di luar hostnya. Hal ini cenderung untuk menginfeksi bagian tubuh yang lebih hangat dan lembab, daerah tersebut meliputi :

  • Daerah vagina
  • Bagian dubur atau anus
  • Saluran reproduksi wanita seperti rahim, tuba falopi dan leher rahim

Penyakit gonore dapat menular dari orang pertama ke orang lain melalui hubungan seks atau intim yang tidak sehat atau sembarang. Salah satunya adalah berhubungan seks tanpa menggunkan pengaman atau kondom, gerakan oral seks, anal seks, atau seks vaginal. Selain itu berhubungan seks dengan sembarang orang dan orang banyak secara berganti-ganti pasangan.

Memiliki dampak dan risiko besar terinfeksi bakteri ini yang dapat menimbulkan terjangkit penyakit gonore. Cara dan perlindungan terbaik terhadap infeksi gonre ini adalah seks dengan lebih satu pasangan.

Serta penggunaan kondom pada saat berhubungan adalah langkah yang tepat. Perilaku seseorang yang membuat orang tersebut lebih memilih untuk tidak  menggunakan kondom adalah karena tidak ada rasa peduli yang tinggi terhadap menjaga kesehatan diri sendiri dan pasangannya. juga meningkatkan kemungkinan infeksi.

gonore

 

Bagaimana Kita Tahu Manusia Terinfeksi Penyakit Gonore?

Sebuah penyedia jasa pelayanan kesehatan untuk masalah penyakit di rumah sakit dan Klinik Utama Gracia dapat melakukan tes untuk melihat apakah Anda dan orang lain terinfeksi gonore atau tida. Dokter dan tim ahli akan menguji setiap debit yang berasal dari vagina, uretra, dan anus. Adpun cara lain biasanya penyedia dapat mengambil sampel sel dari leher rahim, leher rahim, penis, anus, tenggorokan atau urtra dan urin Anda.

Seperti yang sudah kita ketahui Penyakit gonore menular melalui kontak antara penis dengan vagina dan anus. Tidak mesti sampai terjadinya ejakulasi untuk terjadinya penularan dan  terjangkitnya penyakit gonore ini.

Gonore juga dapat ditularkan oleh ibu yang sedang hamil  kepada bayi di dalam kandungannya pada saat melahirkan. Orang yang terjangkit gonore dan telah mendapatkan pengobatan secara intensif dari dokter masih mungkin terinfeksi lagi kalau mereka melakukan hubungan seksual secara langsung dengan penderita gonore lain tanpa menggunakan pengaman.

Siapa Saja Yang Mungkin Terjangkit Virus Ini?

Semua orang yang aktif dan sering melakukan hubungan seksual dengan sembarang pasangan dapat terinfeksi penyakit gonore, laki-laki atau perempuan mereka semua dapat tertular penyakit ini. Bahkan anak-anak di bawah umur pun bisa juga terjangkit penyakit gonore.

Tanda-Tanda Penyakit Gonore

Pada saat terkena penyakit gonore ini baik pria ataupun wanita mungkin tidak menujukkan tanda dan gejala sama sekali. Namun pada sebagian kasus pria menunjukkan tanda dan gejala yang tampak sekitar 2 minggu atau 14 hari setelah terinfeksi. Adapaun gejala dan tandanya adalah  rasa panas ketika buang air kecil dan keluarnya cairan berwarna kuning, putih, ataupun hijau dari penis. Dan terkadang pria penderita gonore ini dapat mengalami rasa sakit dan nyeri serta pembengkakan pada testis mereka.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan