• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pahami Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid Ini

Pahami Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Haid Ini
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

Ketika menstruasi atau haid, maka wanita akan mengalami peluruhan sel telur pada lapisan dinding rahim yang keluar melalui vagina dalam bentuk darah. Hal ini adalah siklus alami karena tidak adanya pembuahan pada sel telur oleh sperma. Walaupun alami, namun ada banyak gangguan yang bisa terjadi selama proses ini. Untuk menghindarinya, Anda harus mengetahui beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat haid ini harus dipatuhi, agar kondisi tubuh tetap terjaga ketika mengalami haid. Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan adalah konsumsi makanan tertentu yang akan membuat nyeri haid semakin parah dan juga terjadi pendarahan yang terlalu berlebihan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang termasuk dalam hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat haid.

1. Makanan Dan Minuman Yang Memiliki Kandungan Kafein

Jenis makanan dan minuman yang harus dihindari ketika haid yang pertama adalah yang mengandung kafein di dalamnya. Konsumsi makanan dan minuman berkafein bisa membuat Anda mengalami gangguan di sirkulasi darah, dan terjadinya abnormalitas saat pendarahan haid. Maka Anda perlu mengurangi, bahkan menghindari kopi, teh, ataupun minuman energi yang cenderung mengandung kafein di dalamnya.

2. Makanan Yang Banyak Mengandung Minyak

Makanan yang banyak mengandung minyak biasanya adalah makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng cenderung lebih gurih dan juga lezat. Namun kandungan minyaknya yang sangat tinggi bisa menyebabkan kadar kolesterol meningkat, dan mempengaruhi siklus haid Anda. Dengan kolesterol tinggi, peredaran darah akan terhambat dan haid pun menjadi tidak lancar.

chat

3. Makanan Manis

Kandungan gula dalam makanan manis akan memberikan kalori tinggi dan menimbulkan gangguan ketika haid. Hal inilah yang membuat makanan manis seharusnya Anda hindari ketika sedang haid. Karena makanan manis sulit dihindari, sebaiknya pilih-pilih makanan yang akan Anda konsumsi agar kadar gula dalam tubuh tetap terjaga.

4. Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji merupakan makanan yang harus dihindari ketika Anda haid ataupun tidak. Karena makanan-makanan ini cenderung tidak sehat, memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hal tersebut akan berpengaruh pada kesehatan tubuh, terutama pada proses haid yang Anda alami. Untuk itu, sebaiknya Anda konsumsi makanan yang tinggi serat, protein dan zat besi demi kelancaran siklus haid Anda.

5. Makanan Olahan

Nugget, bakso, sosis, mie, dan makanan olahan lainnya sebaiknya Anda hindari ketika Anda haid. Sama halnya dengan junk food atau makanan cepat saji, makanan olahan akan menyebabkan ketidaklancaran proses haid Anda.

6. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak seperti daging merah sebaiknya dihindari saat Anda sedang haid. Walaupun kaya protein yang baik untuk tubuh, namun nyatanya daging merah harus dikurangi konsumsinya ketika wanita sedang haid. Anda bisa memilih daging lain yang tidak mengandung lemak tinggi, agar proses haid tidak terganggu.

Konsumsi makanan di atas sebaiknya dihindari ataupun dikurangi agar tidak menyebabkan gangguan pada proses haid Anda. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat haid lainnya seperti jarang bergerak, beraktivitas berat, mencabut bulu, dan lainnya, yang seharusnya juga Anda hindari. Anda bisa berkonsultasi terkait jenis makanan yang baik Anda konsumsi saat haid pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting di halaman ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan