• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Pahami Fungsi Serviks Serta Hal Lain Terkait Serviks

Pahami Fungsi Serviks Serta Hal Lain Terkait Serviks
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (4 orang penilai )

Pada sistem reproduksi wanita terdapat suatu organ bernama serviks. Ternyata fungsi serviks sangat penting bagi wanita. Serviks merupakan penghubung antara uterus atau rahim ke vagina. Organ ini letaknya di bagian bawah rahim dan terdiri dari otot-otot yang kuat. Ukuran dari organ ini pun berbeda tiap wanita, namun rata-rata adalah sekitar 2 hingga 3 inci. Organ yang juga dikenal dengan sebutan leher rahim ini bisa menghasilkan cairan lendir 20 sampai 60 miligram, dan 600 miligram setiap menstruasi.

Fungsi Serviks

1. Memproduksi Lendir

Fungsi yang pertama yaitu sebagai tempat memproduksi lendir. Lendir ini akan membantu membawa cairan semen dari vagina menuju ke rahim, untuk membuahi sel telur ketika wanita berovulasi. Namun jika wanita sedang tidak berovulasi, maka lendir dari serviks ini akan menebal yang berfungsi untuk menghalangi atau menjaga cairan semen keluar dari rahim.

2. Membantu Proses Kelahiran

Selama proses kelahiran, serviks akan berfungsi dalam membuka leher rahim yang awalnya sangat sempit. Di bawah pengaruh hormon dan juga tekanan yang berasal dari kepala janin, maka pembukaan tersebut bisa melebar selama persalinan untuk memungkinkan bayi lahir. Dokter umumnya akan menggunakan tingkat dilatasi serviks guna memantau kemajuan ketika proses kelahiran dan untuk menentukan apakah diperlukannya intervensi. Pengukuran panjang saluran serviks juga bisa dilakukan untuk melihat apakah terjadi kelahiran prematur yang ditunjukkan melalui ukuran serviks yang cenderung pendek.

chat

Permasalahan Pada Serviks

Permasalahan yang mungkin terjadi pada salah satu organ reproduksi ini yaitu kanker serviks. Adanya pertumbuhan sel yang abnormal membuat fungsi serviks menjadi terganggu. Pertumbuhan sel ini bisa terjadi secara jinak ataupun ganas. Pertumbuhan sel yang ganas terjadi karena adanya infeksi Human papillloma virus atau HPV yang merupakan penyebab utama kanker serviks.

Gejala yang akan muncul ketika wanita mengalami kanker serviks yaitu terjadinya pendarahan yang abnormal di luar periode menstruasi atau setelah melakukan hubungan seksual ataupun setelah wanita mengalami menopause, merasa nyeri pada perut bagian bawah dan panggul, sakit ketika berhubungan seksual, dan juga sering keluar cairan keputihan yang abnormal.

Biasanya pengobatan yang akan dilakukan untuk penderita kanker serviks adalah terapi radiasi, kemoterapi ataupun operasi hysterectomy. Namun jika ditemukan lebih dini, operasi hysterectomy ini tidak perlu dilakukan.

Menjaga Kesehatan Serviks

Sebagai salah satu bagian organ reproduksi, penting halnya bagi wanita untuk menjaga kondisi kesehatan dari serviks. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan serviks seperti:

1. Menjaga kebersihan vagina. Hal ini sangat penting dilakukan, bukan hanya untuk menjaga kesehatan serviks, namun juga kesehatan seluruh organ kewanitaan.

2. Hindari seks bebas. Melakukan seks bebas akan membuat wanita lebih mudah terkena penyakit menular seksual.

3. Ganti pakaian dalam secara rutin. Hal ini penting untuk menghindari pertumbuhan bakteri jahat. Sama halnya dengan saat menstruasi, gantilah pembalut setiap 3 atau 4 kali dalam sehari.

4. Rutin memeriksakan diri. Pengecekan serviks bisa dilakukan dengan pemeriksaan pap smear. Namun umumnya hal ini dilakukan pada wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan ini diperlukan untuk mengetahui lebih dini jika adanya gangguan yang terjadi pada serviks.

Itulah penjelasan mengenai fungsi serviks, permasalahan yang bisa menyerang serviks dan juga cara menjaga kesehatan serviks pada wanita. Beberapa hal tersebut penting diketahui setiap wanita, agar kesehatan organ reproduksinya tetap terjaga. Jika Anda memiliki masalah terkait dengan serviks, konsultasikan hal tersebut melalui layanan chatting online Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan