• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Orchitis Adalah Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria

Orchitis Adalah Penyebab Ketidaksuburan Pada Pria
Nilai Rata-rata: 7.5 / 10 (2 orang penilai )

Pernah mendengar penyakit orchitis? Penyakit ini mungkin masih asing di telinga masyarakat. Orchitis adalah peradangan yang terjadi pada testis pria, bisa salah satunya, ataupun kedua testis. Biasanya peradangan berat ini merupakan reaksi sekunder karena adanya infeksi yang terjadi pada bagian tubuh yang lain.

Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, walaupun paling sering dialami oleh pria di atas usia 45 tahun dan juga penderita gondok. Untuk lebih memahami tentang penyakit ini, berikut adalah beberapa penjelasan terkait orchitis.

Penyebab Orchitis

Orchitis sendiri dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan penyebab yang mendasarinya, yaitu idiopatik, virus dan juga bakteri. Pada orchitis idiopatik, maka tidak diketahui dengan pasti penyebab apa yang mendasari peradangan yang terjadi. Sedangkan orchitis virus disebabkan oleh virus, yang biasanya adalah virus mumps yang juga menjadi penyebab gondongan. Biasanya orchitis virus sering ditemukan pada anak laki-laki dengan usia di bawah 10 tahun.

Sementara orchitis bakteri disebabkan oleh bakteri seperti escherichia coli, staphylococcus, dan streptococcus. Adapula bakteri penyebab epididimitis, gonore, klamidia, dan sifilis yang menyebabkan kondisi peradangan ini.

Adapula beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko pria mengalami orchitis adalah mengalami infeksi saluran kemih, tidak pernah mendapatkan vaksin gondong, pernah mengalami penyakit menular seksual, sering bergonta-ganti pasangan seksual, melakukan aktivitas seksual yang tidak aman, dan juga pernah melakukan hubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual.

Gejala Orchitis

Gejala yang akan dialami oleh penderita orchitis adalah sakit dan bengkak di skrotum yang terjadi beberapa minggu, mual, demam, sakit saat buang air kecil, area yang terinfeksi terasa berat, keluar darah dan semen, terasa sakit pada skrotum saat disentuh atau ketika melakukan hubungan seksual.

Jika gejala-gejala di atas sering atau sedang Anda alami, sebaiknya periksakan kondisi tersebut pada dokter. Karena penyakit orchitis ini bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria. Namun jika ditangani segera, maka penyakit ini bisa sembuh tanpa komplikasi apapun.

chat

Diagnosis Orchitis

Pemeriksaan orchitis akan dimulai dengan pemeriksaan fisik, guna mengetahui apakah adanya pembesaran pada kelenjar getah bening di selangkangan, testis bengkak, dan juga kelenjar prostat bengkak.

Selain itu, dokter juga akan menyarankan tes lainnya seperti:

Tes urine. Memeriksa apakah ada penyakit menular seksual atau bakteri yang bisa menyebabkan infeksi.

Tes darah. Memeriksa adanya infeksi virus HIV, sifilis, atau penyakit menular lain.

Ultrasound testis. Memeriksa kuantitas aliran darah di testis.

Pemeriksaan dubur. Memeriksa apakah ada pembengkakan atau pembesaran pada prostat. Pemeriksaan ini diperlukan untuk memastikan berapa lama antibiotik akan dibutuhkan pasien.

Pemeriksaan penyakit menular seksual. Pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel cairan kelamin, guna mendeteksi infeksi gonore ataupun klamidia.

Tes pencitraan testis. Memeriksa apakah pasien mengalami orchitis atau tidak dengan menggunakan pelacak radioaktif yang dimasukkan ke aliran darah.

Pengobatan Orchitis

Pengobatan yang bisa dilakukan pada penyakit orchitis adalah antibiotik jika disebabkan oleh bakteri, obat anti-inflamasi, obat penghilang rasa sakit, dan Anda juga bisa mengompres area testis yang mengalami infeksi agar rasa sakit bisa dikurangi.

Perhatikan hal-hal di atas terkait dengan penyakit orchitis yang bisa dialami oleh pria. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami masalah pada organ kelamin Anda, ataupun mengalami gejala-gejala orchitis di atas. Selain itu hindari faktor-faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan Anda mengalami penyakit ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan