• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Operasi Selaput Dara Agar Kembali ‘Perawan’

Operasi Selaput Dara Agar Kembali ‘Perawan’
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )

Sampai saat ini, keperawanan wanita masih selalu dikaitkan dengan selaput dara. Jika selaput dara sudah robek, maka wanita dinyatakan sudah tidak perawan. Hal inilah yang mendorong kemajuan teknologi untuk dapat mengembalikan keperawanan wanita lewat prosedur operasi selaput dara.

Selaput dara yang merupakan membran tipus yang mengelilingi lubang bukaan vagina ini dianggap sebagai mahkota wanita. Selaput dara yang masih utuh menandakan wanita belum pernah melakukan hubungan seksual dan berarti masih perawan, dan begitupun sebaliknya. Padahal sebenarnya selaput dara juga bisa robek tanpa terjadi penetrasi seksual.

Robeknya selaput dara karena hal lain bisa terjadi, seperti saat berkuda, bersepeda, kecelakaan, ataupun melakukan olahraga yang berat. Hal ini bisa terjadi karena kondisi selaput dara yang cenderung tipis sehingga mudah robek karena aktivitas berat. Namun adapula wanita yang memiliki selaput dara yang sangat elastis, sehingga walaupun sudah pernah melakukan hubungan seksual, selaput daranya tetap masih utuh layaknya ‘perawan’.

Pemikiran bahwa selaput dara adalah tanda keperawanan wanita, mencetuskan inovasi pada bidang medis. Saat ini sudah ada prosedur yang akan membantu wanita ‘mengembalikan’ keperawanannya dengan cara operasi selaput dara.

Operasi Selaput Dara

Operasi selaput dara dilakukan untuk mengembalikan keperawanan wanita dengan cara membuat selaput dara menjadi utuh kembali. Operasi ini biasa dikenal dengan sebutan Hymenoplasty dan Hymenorrhaphy. Berikut penjelasannya.

chat

1. Hymenoplasty

Prosedur hymenoplasty dilakukan untuk mengembalikan selaput dara menjadi seperti semula saat ‘masih perawan’. Prosedur operasi ini termasuk dalam operasi kecil yang dilakukan tanpa membutuhkan waktu yang lama. Umumnya pasien operasi akan diberikan bius lokal ataupun total, tergantung pada perawatan yang diperlukan.

Hymenoplasty sendiri dibagi menjadi dua yaitu:

Simple hymenoplasty. Prosedur operasi ini dilakukan jika masih tersisa robekan di selaput dara, sehingga dokter akan menjahit kedua bagian selaput dara menggunakan benang yang bisa diserap tubuh untuk memperbaiki keadaan selaput dara menjadi seperti semula.

Alloplant. Prosedur hymenoplasty yang kedua ini akan dilakukan pada wanita yang memiliki selaput dara yang sudah benar-benar rusak atau hilang dan tidak bisa diperbaiki sama sekali. Maka prosedur ini akan dilakukan dengan pemasangan selaput dara buatan pada pasien yang tentunya menggunakan bahan yang aman.

2. Hymenorraphy

Hymenorraphy adalah rekonstruksi selaput dara. Prosedur ini termasuk dalam bedah plastik karena biasanya dilakukan dengan alasan non medis. Hal ini yang membuat prosedur ini tidak tersedia di setiap rumah sakit. Wanita yang melakukan prosedur ini memiliki keinginan agar ketika berhubungan seksual, mereka bisa mengeluarkan darah sebagai pertanda bahwa selaput daranya robek seperti masih perawan.

Pertama dokter akan memberikan bius lokal ataupun total, kemudian akan dibuat sayatan untuk merobek tepi selaput dara. Lalu akan dijahit bersama kulit yang telah robek untuk membuat lapisan sekunder sehingga selaput dara terlihat seperti masih utuh. Kemudian membran buatan tanpa pembuluh darah dan kapsul gelatin akan ditempatkan sebagai selaput dara palsu dan untuk membuat cairan seperti layaknya darah. Terakhir, prosedur akan dilakukan dengan membuat lipatan yang berasal dari lapisan vagina dalam untuk membuat lapisan selaput dara baru yang memiliki pembuluh darah.

Itulah dua jenis prosedur operasi yang dilakukan untuk ‘mengembalikan’ keperawanan dengan membuat selaput dara kembali menjadi utuh. Prosedur operasi ini termasuk aman. Namun tetap diperlukan konsultasi terlebih dahulu terkait dengan kondisi selaput dara yang Anda miliki. Jika Anda ingin berkonsultasi terkait prosedur operasi mengembalikan selaput dara ini, bisa melalui staf medis Klinik Utama Gracia dengan menggunakan layanan chatting online yang sudah tersedia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan