• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Obat Penyakit Herpes Zoster dan Simplexs

Obat Penyakit Herpes Zoster dan Simplexs
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

Penyakit herpes adalah penaykit yang cukup mengerikan yang disebabkan oleh virus. Herpes terbagi menjadi dua jenis, yakni herpes zoster dan herpes genital. Herpes zoster merupakan herpes yang menyerang kulit, sedangkan herpes genital adalah penyakit menular seksual. Keduanya sama-sama disebabkan oleh virus.

Kita akan membahas obat penyakit herpes dari kedua jenis penyakit tersebut. Sebelum membahas mengenai obat herpes, kita akan membahas apa itu herpes zoster dan apa itu herpes simplex. Kita akan membahas satu persatu secara rinci, agar anda mengerti mengenai apa saja penyakit herpes tersebut.

Herpes Zoster

Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varisella zoster yang menyerang bagian saraf dan kulit. Gejala umumnya dari herpes zoster adalah muncul bintik-bintik seperti cacar air. Sebenarnya, herpes zoster merupakan lanjutan dari penyakit cacar air. Herpes zoster sering juga disebut sebagai cacar api atau cacar naga.

Virus varisela zoster yang menyebabkan cacar air akan terus berada di dalam tubuh. Dan ketika sistem imun tubuh lemah, maka virus tersebut akan kembali aktif dan menyebabkan anda mengalami cacar api. Biasanya cacar api akan menyerang orang-orang yang sudah berusia di atas 55 tahun. Pada saat itu, sistem metabolisme tubuh sangat lemah.

Gejala umum herpes zoster adalah akan muncul rasa sakit dan panas seperti terbakar. Terkadang akan menimbulkan gejala lain seperti rasa gatal. Setelah itu, beberapa hari kemudian akan muncul ruam di beberapa bagian tubuh lainnya. Ruam ini akan menjadi luka yang melepuh dan berisi air. Lepuhan tersebut akan berubah menjadi koreng dalam beberapa hari kemudian.

Herpes zoster bukanlah penyakit yang menular. Penyakit ini akan menular, jika anda belum pernah terkena cacar air serta anda melakukan kontak langsung dengan penderita herpes zoster. Maka anda akan terinfeksi virus varisela zoster dan akan mengalami cacar air. Obat penyakit herpes zoster biasanya adalah antibiotik yang mampu melawan virus tersebut.

chat

Herpes Genital (Simplex)

Berbeda dengan herpes zoster, herpes genital adalah herpes yang disebabkan oleh virus herpes simplex. Virus menular melalui hubungan seks dengan penderita herpes simplex. Gejala umumnya akan tumbuh ruam atau bentol di sekitar area kelamin, anus, dan mulut jika pernah melakukan seks oral.

Banyak penderita herpes simplex yang tidak menyadari jika dirinya sudah tertular penyakit herpes. Sehingga mereka pun tidak mengetahui sehingga tidak pernah melakukan pemeriksaan dan pengobatan penyakit herpes yang ia alami.

Gejala umum yang sering muncul yang biasa dirasakan oleh penderita adalah munculnya rasa sakit dan gatal pada area kelamin, anus, dan mulut. Lalu akan muncul ruam berwarna merah maupun lenting putih. Akan muncul luka setelah lenting mengalami pecah, lenting yang pecah akan menjadi koreng, serta penderita selalu merasa sakit ketika buang air besar dan saat berhubungan seks.

Gejala dapat datang dan hilang selama bertahun-tahun jika anda tidak melakukan pengobatan. Jika anda mencurigai tubuh anda sudah tertular herpes simplex atau tidak, maka periksakanlah diri anda ke dokter. Namun pemeriksaan dilakukan jika anda merupakan seorang yang aktif secara seksual.

Obat Penyakit Herpes

Obat-obat yang biasa diberikan kepada penderita herpes adalah obat yang berfungsi agar virus tidak kembali aktif dan menyebabkan keparahan kepada penderitanya. Virus herpes tidak dapat hilang dari tubuh dan obat penyakit herpes pun tidak ada yang mampu membunuh virus penyebab herpes.

Jenis obat yang paling sering diberikan dokter kepada pasien herpes zoster yakni:

  • Asiklovir
  • Famsiklovir
  • Valasiklovir

Pada penderita herpes zoster biasanya ditambahkan obat untuk meredakan rasa sakit seperti parasetamol, ibuprofen, dan obat-obat antidepressan. Ketika anda menemukan gejala herpes, maka segeralah untuk melakukan tindakan medis dengan datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan