• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Obat Pelancar Haid Alami

Obat Pelancar Haid | Melancarkan Haid Wanita Alami
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (8 orang penilai )

Obat Pelancar Haid

obat pelancar haid

Haid yang lancar dan teratur adalah suatu siklus menstruasi yang sangat baik bagi para kaum wanita. Menstruasi adalah perubahan secara fisiologis yang terjadi pada tubuh wanita atau perempuan yang terjadi setiap 1 bulan dan hal ini dapat dipengaruhi juga oleh hormon reproduksi pada wanita. Tetapi menstruasi sering terjadi secara tidak teratur. Yakni terkadang datang lebih cepat, kadang juga datang lebih lambat. Tentunya hal ini sangat menghambat aktivitas anda. Namun tak perlu khawatir, terdapat beberapa obat pelancar haid yang dapat anda konsumsi selain dari obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Sebagai seorang wanita, anda harus mengetahui secara jelas kapan anda mendapatkan haid. Pada waktu normal, menstruasi akan terjadi setiap 28-35 hari sekali. Tetapi ada juga wanita yang mengalami haid lebih dari 35 hari sekali, bahkan mencapai angka 42 hari. Jika siklus menstruasi anda masih dalam jangka waktu 42 hari, kondisi tersebut masih dalam tahap normal. Namun jika melebihi 45 hari, maka anda memiliki masalah.

Menstruasi yang tidak lancar dapat dilihat dari waktu tiga bulan berturut-turut. Selama itu lah anda bisa melihat siklus haid yang terjadi pada tubuh anda. Jika hanya dalam waktu dua bulan haid anda terjadi tidak dalam waktu normal, namun pada bulan ketiga haid anda kembali pada waktu normal, maka itu adalah hal yang wajar, sehingga tidak perlu anda khawatirkan.

Haid Pada Wanita

Siklus haid yang biasa terjadi dan normal adalah sekitar 2 sampai 8 hari, dan prosesnya ketika dinding Rahim wanita melepaskan sel telur hingga terjadinya pendarahan. Darah yang keluar dari menstruasi tersebut berkisar 70 ml. Jika lebih dari itu, maka menstruasi yang anda alami sedang dalam kondisi yang tidak wajar dan tidak normal.

Wanita tentu tidak akan pernah terlepas dari yang namanya proses siklus menstruasi atau haid hingga 45-50 tahun dari ia pertama kali mengalami menstruasi. Haid normal akan terjadi secara berkala atau periodik di setiap bulannya. Dan ketika siklus haid atau mentruasi terganggu contohnya haid terjadi lebih lama dan atau menstruasi terjadi secara lebih cepat, berarti anda sedang mengalami menstruasi yang tidak teratur. Ketika hal seperti ini terjadi di kehidupan wanita, tidak jarang bagi wanita akan mengalami emosi yang tak stabil, depresi, stress dan gangguan psikologis lainnnya.

Hormon pada wanita saat haid punya peranan yang sangat penting dalam mengontrol proses haid tersebut, diantaranya ada yang berkaitan dengan waktu terjadinya anovulasi, menopause, nyeri saat menstruasi, berat badan bertambah ( kegemukan ) dan lain-lainnya.

chat

Bagi Anda para kaum wanita yang kini sedang mempunyai masalah dengan siklus menstruasi,  pasti Anda ingin tahu bagaimana cara melancarkan haid yang baik dan aman. Obat Pelancar Haid yang baik dan aman adalah obat pelancar haid yang Alami, selain dari obat pelancar haid yang diberikan oleh dokter. Karena selain alami obat ini juga bisa kita temukan disekitar kita dengan mudah. Selain itu kita dapat membuat dan mengolahnya sendiri dengan mudah dirumah.

Sebelum kita membahas mengenai apa saja obat haid yang sangat mudah kita temukan, maka kita harus tahu apa sebenarnya yang menyebabkan menstruasi tidak lancar. Jika menstruasi lancar dan teratur maka kita akan nyaman dalam menghadapi hari-hari bersama dengan menstruasi yang kita alami.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab haid tidak lancar. Ketidaklancaran haid yang terjadi, terkadang tidak kita sadari. Padahal aktivitas yang kita lakukan sangat berpengaruh terhadap kondisi menstruasi yang akan kita hadapi. Berikut beberapa penyebab menstruasi tidak lancar.

Stress

Penyebab yang pertama memang menjadi penyebab paling umum bagi setiap wanita yang selalu mengalami menstruasi tidak teratur. Apabila menjelang siklus menstruasi, dan anda mengalami stress baik itu karena pekerjaan, masalah rumah tangga, serta deadline tugas kuliah yang menumpuk menyebabkan anda mengalami stress, maka bersiaplah menstruasi anda akan datang lebih awal atau datang lebih cepat.

Aktivitas Berlebihan

Faktor selanjutnya yang sangat berpengaruh terhadap menstruasi anda yakni aktivitas. Apakah anda beberapa hari ini tengah melakukan aktivitas yang cukup berlebihan dan cukup membuat anda menguras hampir seluruh tenaga anda setiap harinya? Anda pun menjadi kurang beristirahat, maka kondisi seperti ini akan membuat anda mengalami menstruasi secara tidak teratur.

Penyakit

Mungkin saat ini anda sedang menderita sakit. Sakit akan mempengaruhi metabolisme tubuh, dan sakit yang anda alami akan menganggu menstruasi pada tubuh anda. Perhatikan saja, bagaimana kondisi menstruasi dapat menyebabkan anda mengalami masalah pada menstruasi. Pulihkan sakit anda, maka menstruasi yang anda alami pun akan kembali pulih.

chat

Sedang Mengkonsumsi Obat-Obatan

Mungkin saat ini anda tengah mengkonsumsi obat-obatan. Terdapat beberapa jenis obat yang memiliki efek samping menyebabkan haid tidak lancar. Termasuk pil KB yang mungkin sedang anda konsumsi dapat mempengaruhi siklus menstruasi yang anda alami. Jika obat tersebut memang harus anda konsumsi, maka konsumsilah. Jangan hindari mengkonsumsi obat, jika obat-obat tersebut sangat penting bagi anda.

Pola Hidup yang Tidak Sehat

Penyebab lainnya dari menstruasi tidak lancar adalah gaya hidup yang anda lakukan tidak menunjukan gaya hidup sehat. Mulailah merubah pola hidup anda, agar bisa kembali dalam pola hidup yang sehat seperti melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan selalu menjaga berat badan.

Obat Pelancar Haid Alami

Konsumsi Buah - Buahan

Pada saat haid terasa sering telat dan tidak lancar, hal yang terbaik yang dapat Anda lakukan dengan mudah adalah Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan, Buah yang dapat Anda pilih untuk di konsumsi adalah buah pepaya dan juga buah nanas. Karena kandungan zat dari dua buah tersebut memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang tinggi sehingga sangat baik  untuk membantu proses melancarkan haid atau menstruasi Anda.

Jeruk Nipis

Banyak sekali vitamin C, kemudian fosfor, zinc, lemak protein dan juga mineral yang terdapat di dalam buah jeruk nipis ini. Kandungan tersebut tentu sangat bagus untuk menjaga kesehatan Anda sehari-hari. Selain itu jeruk nipis juga beguna untuk  obat pelancar haid yang alami.

Asam Jawa

Asam jawa adalah nama yang tidak asing dan dapat kita temukan dengan mudah di lingkungan kita. Selain rasanya yang enak asam jawa ternyata dapat digunakan untuk obat pelancar haid yang alami untuk para kaum wanita.

Nanas

Anda pasti sering mendengar bahwa nanas bisa menyebabkan keguguran kandungan, padahal bukan itu. Tetapi buah nanas mampu merangsang rahim agar meluruhkan sel telur. Konsumsilah nanas, agar anda bisa mendapatkan menstruasi secara teratur dan lancar.

Jahe

Jahe sudah dikenal sebagai herbal alami sejak dahulu kala. Dengan meminum jahe setiap hari, maka dapat membantu anda melancarkan haid secara lancar. Obat pelancar alami ini cukup nikmat di minum ketika cuaca dingin atau saat malam hari. Jahe salah satu obat pelancar haid yang cukup baik.

Kayu Manis

Herbal lainnya yang bisa anda jadikan obat pelancar haid yang cukup efektif adalah kayumanis. Kandungan insulin dalam kayumanis dapat membantu anda dalam melancarkan menstruasi dan juga dapat mengobati haid. Caranya cukup mudah, anda hanya cukup mencampurkan bubuk kayumanis ke dalam setiap minuman yang anda konsumsi.

Biji Wijen

Obat alami untuk pelancar menstruasi lainnya yakni biji wijen. Anda pasti hanya sering menemukan biji wijen pada onde-onde saja. Anda bisa mencampurkan biji wijen ke setiap makanan yang anda konsumsi. Biji wijen mampu menyeimbangkan hormon yang mengatur menstruasi.

Lidah Buaya

Kandungan lidah buaya ternyata tidak hanya mampu untuk mempercantik wajah saja. Tetapi lidah buaya atau aloe vera sangat baik digunakan untuk melancarkan haid. Caranya cukup mudah, anda cukup mencampurkan gel lidah buaya dengan madu dan coba rasakan efek dari kedua bahan alami tersebut terhadap tubuh anda dan menstruasi yang anda alami.

Pepaya Mentah

Pepaya mentah atau papaya mengkel sangat baik untuk membantu otot rahim berkontraksi dan dengan mudah akan meluruhkan dinding rahim yang sudah cukup menebal. Anda bisa mengkonsumsi papaya mentah sebagai jus, namun yang perlu anda ingat jangan mengkonsumsi papaya mentah ketika menstruasi berlangsung.

Kunyit

Selain jahe, ada kunyit yang cukup efektif membantu melancarkan darah menstruasi. Kunyit memiliki kandungan yang dapat membantu aliran darah dapat keluar secara lancar, serta kandungan anti inflamasi pada kunyit bisa mengurangi rasa sakit saat haid. Konsumsilah kunyit dengan mencampurkannya pada madu, susu, atau minuman lainnya selama beberapa hari ke depan.

Biji Ketumbar

Biji ketumbar memang lebih dikenal sebagai bahan masakan. Namun siapa sangka, biji ketumbar juga bisa menjadi obat untuk melancarkan darah menstruasi. Anda cukup merebus biji ketumbar dengan dua gelas air, biarkan air mendidih hingga tersisa sekitar satu gelas. Setelah itu saring, dan minumlah air saringan tersebut. Konsumsi air biji ketumbar bisa anda lakukan selama tiga kali sehari, selama satu minggu sebelum memasuki periode haid.

Daun Mint

Daun mint akan membantu anda dalam menyegarkan tubuh. Daun mint ternyata juga cukup efektif dalam memperlancar haid. Dan bisa menjadi obat pelancar haid pilihan anda selanjutnya. Anda bisa mencampurkan daun mint dengan madu tiga kali sehari dalam beberapa minggu menjelang menstruasi. Daun mint akan membantu anda dalam melancarkan haid.

Itulah obat pelancar menstruasi alami yang dapat Anda temukan dan Anda konsumsi sebagai alternatif Obat Pelancar Haid Anda. Selain mudah di temukan bahan-bahan tersebut juga bisa kita olah dan konsumsi sendiri di rumah secara mudah. Karena memang bahan obat pelancar haid di atas adalah bahan yang sering kita jumpai dan lihat di sekitar kita. Itulah di atas tentang Obat Pelancar Haid yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Kunjungi Klinik Utama Gracia untuk berkonsultasi berkaitan dengan masalah menstruasi yang sedang anda alami.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan