• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Obat Kutil Kelamin Pria Dan Wanita

Obat Kutil Kelamin Pria Dan Wanita
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

OBAT KUTIL KELAMIN

Obat kutil kelamin untuk pria ataupun wanita dapat dilakukan dengan dua cara atau tipe pengobatannya yang pertama adalah dengan cara topikal dan yang ke dua adalah dengan menggunakan prosedur ablasi.

obat kutil kelamin

OBAT KUTIL KELAMIN TOPIKAL

Untuk obat kutil kelamin topikal dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah yaitu Anda dapat mengoleskan jenis krim, salep atau cairan lain yang di dalamnya mengandung zat-zat tertentu untuk mengobati kutil kelamin. Nantinya Anda dapat mengoleskan salep tersebut di bagian yang terinfeksi. Tapi hal yang harus dan perlu di ingat adalah bahwa jenis obat-obatan untuk mengobati kutil kelamin tersebut yang dijual secara bebas di toko obat atau apotek sebenarnya tidak diperuntukan untuk mengobati penyakit kutil kelamin. Obat tersebut melainkan di gunakan untuk mengobati kutil biasa yang mungkin tumbuh di area sekitaran tangan, kaki ataupun wajah. Oleh karena itu jika Anda mengalami penyakit jenis kutil kelamin sebaiknya Anda segera pergi ke dokter agar nantinya dokter dapat memberikan obat kutil kelamin yang tepat untuk Anda. Berikut di bawah ini adalah jenis obat-obatan topikal untuk penyakit kutil kelamin :

 

  • Asam trikloroasetat

Obat jenis ini adalah obat yang berfungsi untuk menghancurkan protein-protein yang terdapat di sel-sel kutil. Selanjutnya setelah Anda selesai mengoleskan asam trikloroasetat, Anda mungkin akan merasakan rasa seperti panas pada kulit untuk beberapa waktu yang sesaat. Di anjurkan untuk Anda agar menggunakan obat jenis ini sesuai aturan dan petunjuk yang ada karena jika Anda salah dalam melakukan cara penerapannya mungkin hal tersebut dapat merusak kulit Anda nanti. Obat kutil kelamin Asam trikloroasetat biasanya diresepkan oleh beberapa dokter untuk mengobati kutil yang tumbuh dan berukuran kecil, tapi memiliki atau bertekstur keras.

  • Podophyllotoxin.

Obat kutil kelamin yang satu ini adalah obat yang bekerja dengan cara meracuni sel-sel pada kutil. Jenis obat ini pada umumnya digunakan oleh orang untuk mengatasi penyakit kutil kelamin yang berukuran kecil dan berkelompok. Obat kutil kelamin jenis ini tidak cocok untuk wanita atau ibu hamil.

 

  • Imiquimod

Obat kutil kelamin imiquimod ini dapat bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan yang ada pada tubuh manusia untuk melawan infeksi pada kutil. Jenis obat kutil kelamin yang hadir pada bentuk krim ini umumnya digunakan untuk mengatasi kutil yang memiliki ukuran besar. Walaupun begitu begitu jenis obat kutil kelamin imiquimod ini tidak disarankan untuk kaum wanita yang sedang hamil. Obat imiquimod ini juga bisa menyebabkan iritasi ringan.


Penting sekali untuk Anda pria ataupun wanita agar menggunakan obat-obatan tipe topikal ini sesuai dengan aturan dan juga petunjuk yang telah diberikan oleh dokter ataupun yang tertera pada kemasan obat tersebut. Adapun petunjuk yang diberikan adalah mencakup dosis ataupun takaran dan frekuensi pemakaian. Proses penyembuhan untuk waktu penyembuhan kutil Anda dapat di katakan bervariasi. Hal terpenting adalah agar Anda selalu disiplin dan teratur dalam menjalani pengobatan untuk kutil Anda. Selama proses pengobatan, disarankan untuk Anda agar tidak menggunakan jenis losion atau parfum karena dikhawatirkan nantinya dapat menyebabkan iritasi yang terjadi pada kulit.

OBAT KUTILl KELAMIN ABLASI

obat kutil kelamin pria wanita

Obat kutil kelamin dengan cara ablasi ini pada umumnya dapat dilakukan dengan cara jika kutil tersebut tidak bisa ditangani dengan cara obat-obatan jenis topikal. Untuk cara ini juga dapat dilakukan untuk wanita hamil yang memiliki kekhawatiran pada bayinya dapat tertular kutil tersebut pada saat proses melahirkan. Dibawah ini adalah beberapa cara ablasi, diantaranya yaitu.

  • Eksisi

Tindakan seperti ini hampir sama seperti tindakan seperti bedah ringan, untuk prosedur eksisi pada kutil akan dilakukan tindakan pemotongan lalu akan dibuang, selanjutnya kulit tersebut akan dijahit. Maka dari itu sebelum melakukan prosedur ini, dokter mungkin akan memberikan bius lokal pada pasien di sekitar area yang telah terinfeksi oleh kutil kelamin. Adapun efek samping dari eksisi adalah kemungkinan adanya bekas luka yang ditimbulkan setelah pasien sembuh. Maka dari itulah tindakan prosedur ini hanya untuk mengobati kutil yang berkelompok dan skala kecil,

  • Bedah listrik

Tindakan ini pada umumnya dapat dikombinasikan dengan prosedur eksisi. Kemungkinan setelah prosedur eksisi atau pemotongan permukaan kutil, nantinya sisa dari jaringan kutil yang masih tersisa akan dibakar dengan sejenis kawat yang panas. Benda kawat tersebut memiliki panas karena adanya suatu arus yang dialiri oleh listrik. Biasanya untuk prosedur atau tindakan ini dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil yang terdapat dan terletak pada bagian anus dan vulva.

  • Cryotherap

Cara ini adalah tindakan seperti pelepasan kutil dengan cara pembekuan yang menggunakan cairan nitrogen. Tindakan cryotherapy dasarnya harus dilakukan dengan berkala sampai kutil hilang secara total dan tertutup oleh kulit baru. Dalam prosedur ini nantinya akan diterapkan untuk mengobati kutil dengan kelompok kutil kecil yang terdapat pada bagian sekitar penis dan di bagian vulva. Untuk pasien yang melakukan tindakan ini selama menjalani prosedur cryotherapy di sarankan agar menghindari hubungan seksual dengan pasangan sampai kutil dan area kulit yang sudah di obati betul-betul sembuh secara total.

  • Bedah laser

Persis dengan nama dan sebutannya, cara bedah laser ini yaitu dengan menggunakan energi laser untuk mengatasi kutil di kulit pasien. Tindakan bedah laser umumnya dilakukan sebagai pilihan terakhir jika prosedur atau tindakan ablasi lainnya tidak bisa untuk mengatasi kutil kelamin. Adapun efek samping dari prosedur dan tindakan seperti ini mungkin akan muncul rasa nyeri untuk beberapa minggu dan mungkin juga efek samping yang akan muncul  lainnya dapat berupa iritasi.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan