• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Obat Keputihan Resep Dokter

Obat Keputihan Resep Dokter
Nilai Rata-rata: 9.1 / 10 (31 orang penilai )

Setiap wanita tentu pernah mengalami keputihan. Kondisi ini merupakan kondisi alami yang berfungsi untuk melindungi dan membersihkan organ intim wanita dari berbagai infeksi dan iritasi yang terjadi, terutama bagi wanita yang sedang mengalami kehamilan. Lalu apa sih obat keputihan resep dokter yang biasanya diberikan?

Ketika seseorang mengalami keputihan, maka akan mengeluarkan lendir dari vaginanya. Lendir keputihan ini biasanya diproduksi oleh suatu kelenjar yang berada di dalam vagina, serviks atau leher rahim dan akan keluar sambil membawa sel-sel yang telah mati serta beberapa bakteri sehingga vagina Anda menjadi bersih.

Ciri-ciri Keputihan

Sebelum Anda mengetahui obat keputihan resep dokter, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri keputihan yang biasanya dialami oleh seorang wanita, mulai dari jumlah, warna, serta kekentalan dari lendir keputihan itu sendiri.

Lendir yang normal pada umumnya akan berwarna bening keputih-putihan dan tidak berbau. Lendir ini tidak akan disertai dengan rasa gatal atau rasa perih pada daerah organ intim Anda.

Apabila Anda mengalami keputihan dengan gejala yang berbeda, sebaiknya Anda waspada, sebab hal itu tergolong sebagai keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal pada umumnya dapat mengindikasikan beberapa penyakit tertentu. Misalnya, apabila terdapat perubahan pada kekentalan lendir serta warnanya, selain itu,  jumlah lendir yang keluar berlebihan, lendiri juga berbau tajam, terjadinya pendarahan di luar jadwal menstruasi, serta munculnya rasa gatal diarea seputar organ intim dan timbulnya rasa nyeri pada bagian perut.

Keputihan yang tidak normal sangatlah jarang dialami oleh para remaja putri yang pada umumnya belum melewati masa pubertas dan para wanita berusia lanjut yang telah mengalami masa menopause. Oleh sebab itu, jika hal itu terjadi, maka segera periksakan diri Anda ke dokter agar Anda dapat segera memastikan jenis keputihan yang Anda alami.

chat

Obat Keputihan Resep Dokter

Untuk mengobati keputihan, terdapat beberapa jenis pengobatan yang dapat Anda lakukan. Hal ini dikarenakan pengobatan keputihan sangat bergantung pada penyebabnya, seperti jamur atau bakteri. Oleh karena itu jangan sampai Anda menggunakan obat yang tidak sesuai dengan penyebab terjadinya keputihan, sebab hal itu dapat membuat keputihan yang Anda alami bertambah parah.

Seperti keputihan yang terjadi akibat jamur, maka harus segera diatasi dengan menggunakan anti jamur atau antiseptik kewanitaan, atau ketika keputihan yang Anda alami disebabkan oleh bakteri, maka cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat antibiotic atau antiseptik kewanitaan. Obat keputihan resep dokter biasanya beragam, mulai dari pil hingga salep dan cairan yang dioleskan pada bagian dalam organ intim Anda.

Obat keputihan resep dokter lainnya selain antijamur dan antibiotik adalah larutan antiseptik yang dikhususkan bagi organ kewanitaan Anda yang didalamnya terkandung povidone-iodine yang mempunyai sifat bactericidal (membunuh bakteri) serta fungicidal (membunuh jamur) juga dapat menjadi langkah awal untuk mengatasi penyakit keputihan.

Larutan antiseptik khusus organ kewanitaan ini dapat mengatasi berbagai penyakit keputihan yang disebabkan oleh jamur dan bakteri seperti keputihan yang disebabkan oleh protozoa Trichomonas vaginalis, bakteri Gardnerella vaginalis, serta jamur Candida albicans.

Untuk menghindari penyakit keputihan, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara mudah, antara lain yaitu dengan membersihkan bagian luar organ intim wanita Anda secara rutin dan teratur terutama ketika Anda mengalami menstruasi dan setelah Anda berhubungan seksual. Adapun caranya adalah dengan memulai membersihkan dari arah depan ke arah belakang. Hal ini bertujuan agar bakteri tidak dapat masuk ke dalam vagina Anda. Selalu gunakan pakaian dalam dengan bahan yang nyaman agar tidak lengket dan lembap serta jangan pernah memasukkan benda asing ke dalam vagina Anda tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Jika keputihan yang Anda alami berulang, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan antiseptik kewanitaan yang di dalamnya terkandung povidone-iodine selama dua kali sehari dalam lima hari secara berturut-turut. Berdasarkan penelitian, povidone-iodine mempunyai beberapa kelebihan, antara lain yaitu, mampu mempertahankan kadar bakteri baik yang terdapat di dalam vagina, termasuk untuk mengatasi iritasi, gatal serta bau tidak sedap pada vagina Anda.

Permbersih kewanitaan yang Anda gunakan sehari-sehari belum tentu dapat mengatasi keputihan atau infeksi yang terjadi pada area kewanitaan Anda, seperti iritasi, gatal, dan bau yang tidak sedap.

Apabila keputihan yang Anda alami terus berlanjut setelah Anda mengobatinya dengan menggunakan obat keputihan resep dokter, sebaiknya Anda segera berkonsultasi kembali kepada dokter Anda agar dapat diberikan penanganan yang lebih intensif lagi. Atau Anda dapat berkunjung ke Klinik Utama Gracia yang terletak di jalan Cideng barat dalam No. 73, Cideng, Jakarta Pusat, atau Anda dapat segera berkonsultasi dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan