• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Menjaga Kebersihan Kulup

Tips-Tips Menjaga Kebersihan Kulup Pria
Nilai Rata-rata: 9.9 / 10 (9 orang penilai )

Menjaga Kebersihan Kulup

Penis bersih dan sehat adalah hal yang tentu selalu diinginkan oleh setiap kaum pria. Karena menjaga dan merawat kulup agar selalu bersih dapat mencegah infeksi dan iritasi pada penis. Jika diantara Anda ada yang pernah mengalami iritasi pada kepala penis Anda, tentu Anda tahu itu sangat menyakitkan dan merugikan diri Anda sendiri. Dan jika di antara Anda sekalian ada yang mengalami masalah penis Anda segeralah untuk mengambil langkah cepat dan tepat untuk menjaga kulit penis Anda kembali bersih dan sehat. Karena penis Anda adalah bagian yang sangat penting yang tentu juga harus memerlukan perhatian seperti anggota tubuh Anda yang lainnya.

Dibawah ini adalah cara – cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulup Anda agar selalu bersih dan sehat.
1. Bersihkan kulup Anda ketika Anda sedang mandi, caranya adalah tarik kulit luar penis dan biarkan air mengalir untuk membersihkan kepala penis selama beberapa detik, dan pastikan juga area dibawah kepala penis juga ikut terken air.

2. Anda juga dapat menggunakan sabun untuk membersihkan kulit atas dan bawah kulup beberapa kali. Lakukan dengan menarik kulit dan mendorong kulit sambil bilas dengan air secara menyeluruh.

3. Setelah Anda selesai membersihkan bagian penis, selanjutnya usapkan bedak halus ke bagian luar penis dan oleskan juga di daerah sekitar kemaluan Anda. Karena dengan cara ini kita dapat membuat kulit didaerah kemaluan mengering lebih halus dari pada menjadi lembab dan tumbuh bakteri. Karena dengan bedak halus akan membuat kulup menjadi lebih lembut, dari pada membiarkan kulit menjadi kering dan iritasi karena bersentuhan dengan benda luar yang Anda pakai untuk menutupi penis Anda.

4. Jika Anda masih memiliki masalah kekeringan pada area kelamin dan kulup Anda, coba gunakan air dingin, dan jangan menggunakan celana yang ketat. Karena celana yang sangat ketat dapat membuat area di bagian kelamin Anda mengalami kelembaban.

 

Sedikit Tambahan 

Adapun beberapa penjelasan tentang bagian –bagian penis pada kulup, bisa Anda lihat pada penjelasan yang telah kami rangkum di bawah ini: 

Tongkat Penis

Ketika bayi laki - laki lahir, semua bagian penis telah tertutup oleh bagian kulit luar kelamin yang membungkus penis secara menyeluruh hingga menutupi kepala penis seluruhnya. Pada sebagian orang khususnya di Negara kita sendiri, kulup ini kemudian akan dikhitan atau dipotong sebagian ujungnya untuk menjaga kesehatan penis itu sendiri. Walaupun kulup penis sudah terpotong sebagian namun tugas penis tidak akan berubah setelah menjalani khitan ini. Penis yang tidak dikhitan lebih besar berisiko mengalami masalah dan penyakit seperti fimosis salah satunya, yaitu kondisi dimana kulup atau kulit luar penis tidak dapat ditarik kembali dari ujung kepala penis.

Jaringan Korpus spongiosum

Jaringan yang satu ini adalah satu kolom jaringan berongga yang terletak di bagian ujung penis. Didalam jaringan korpus spongiosum ini dapat terisi dengan darah selama terjadinya ereksi, dan pada bagian ini juga terdapat saluran pembuangan air yang berfungsi untuk membuang urine keluar dari dalam tubuh.

Kepala penis

Pada bagian ini, terdapat lubang kecil atau bukaan uretra di ujung penis untuk membuang urine dan air mani keluar dari tubuh. Untuk penis yang tidak dikhitan, maka kepala penis akan tertutup oleh kulup.

Jaringan Korpus kavernosum

Jaringan ini adalah suatu jaringan yang berada di sepanjang kedua sisi penis. Ketika sebelum terjadinya ereksi jaringan korpus kavernosum ini akan terisi seluruhnya dengan darah, sehingga tongkat penis laki – laki akan segera menegang.

Menurut pakar ahli  kami di bidang ini, mereka berpendapat bahwa ukuran penis pria baru akan terlihat sempurna setelah mencapai usia remaja. Karena ketika sudah memasuki masa remaja ini, penis pria akan ditumbuhi bulu - bulu rambut di sekitar area penis. Dan bagi pria inilah masa – masa pria dapat mengetahui berbagai macam kegunaan dan fungsi dari penis itu sendiri.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan