• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Menghentikan Gejala Penyakit Sipilis

Menghentikan Gejala Penyakit Sipilis
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )



Gejala-gejala penyakit sipilis memiliki perbedaan disetiap tahapannya, setiap tahapan atau fase dari penyakit sipilis bisa dirasakan oleh pria dan wanita dan juga terkadang mungkin Anda tidak harus mengalami gejala penyakit sipilis yang sesuai tahapan untuk dikatakan memiliki terinfeksi. Apa yang dapat memicu Anda untuk mendapatkan gejala penyakit sipilis?

o Aktif dalam berbagai kontak seksual

o Memiliki lebih dari satu pasangan seksual

o Kondisi gaya hidup yang lebih cenderung berisiko

o Riwayat penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya

o Melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi sipilis

Kondisi tersebut merupakan faktor pemicu dari penyebaran bakteri sipilis, bakteri treponema pallidum adalah penyebab utama penyakit sipilis yang dapat masuk melalui jaringan kulit Anda. Dalam beberapa kasus infeksi sipilis, penyakit ini juga dapat menyebar melalui kontak tidak langsung yang dilakukan sehingga Anda mungkin tidak akan menyadari kondisi infeksi bakteri tersebut.

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang mudah ditransmisikan melalui kontak langsung bahkan tidak langsung. Jika Anda didiagnosis dengan penyakit sipilis berarti Anda bisa menyebarkannya kepada orang lain, setiap pria maupun wanita bisa mengembangkan penyakit ini. Selain itu gejala penyakit sipilis juga dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama hingga Anda berfikir jika keluhannya telah sembuh.

Apa Saja Gejala Penyakit Sipilis Yang Bisa Didapat

Sebelumnya Anda tentu tahu jika penyakit sipilis memiliki beberapa tahapan atau fase ketika menginfeksi tubuh? Dan pada setiap tahapan penyakit sipilis yang Anda alami akan memiliki gejala yang berbeda-beda. Berikut adalah tahapan dan juga ciri-ciri gejala penyakit sipilis yang bisa terjadi pada Anda:

o Tahap I

Sipilis tahap I atau sipilis primer yaitu tahap awal dimana gejalanya akan muncul setelah bakteri penyebab sipilis masuk. Dalam tahap ini seseorang akan memiliki sebuah luka berbentuk bulat (chancre) yang tidak menimbulkan rasa sakit, ketika ditekan akan terasa lebih keras. Sama seperti gejala luka pda umunya, chancre ini juga akan hilang meskipun tanpa dilakukan pengobatan.

o Tahap II

Tahap sekunder adalah tahapan setelah chancre hilang namun tidaklah sembuh tetapi justru masuk kedalam tahapan selanjutnya. Gejala penyakit sipilis pada tahap ini mungkin akan berlangsung lebih lama setelah infeksi awal, biasanya akan mengembangkan ruam atau kemerahan yang terasa kasar pada telapak tangan atau kaki dan akhirnya hingga seluruh tubuh.

o Tahap III

Ini adalah tahap atau fase akhir dari penyakit sipilis, dimana gejala pada tahap ini mungkin akan berlangsung hingga hitungan tahun. Kebanyakan orang tidak akan bisa menyadari kondisinya dan pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan permanen pada sistem organ tubuh Anda. Ciri gejala penyakit sipilis ditahap ini adalah ketika Anda mulai mengalami penurunan fungsi otak atau masalah kardiovaskular.

Baca Juga: Apa Itu Sipilis? Apakah Penyakit Yang Berbahaya?

chat

Jika Gejala Penyakit Sipilis Dibiarkan

Jika infeksi penyakit sipilis tidak diobati pada fase awal dan fase sekunder maka Anda akan mengembangkan fase akhir yang mana kondisi ini tentu akan lebih berbahaya bagi kondisi kesehatan Anda. Sipilis merupakan penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri dan termasuk sangat berbahaya jika dibiarkan tanpa pengobatan.

Komplikasi atau bahaya penyakit sipilis dapat meliputi:

o Kerusakan otak

o Masalah kardiovaskular atau masalah pada jantung dan pembuluh darah

o Hilangnya indera penglihatan dan pendengaran

o Cacat mental atau psikologis

o Komplikasi persalinan dan kehamilan

o Gangguan sistem saraf

o Penularan HIV

o kematian

Sangat penting bagi semua pasangan Anda untuk bisa melakukan pemeriksaan dan pengujian bersama guna menghindari adanya penularan infeksi yang berbalik atau terus menerus. Bahkan setelah Anda mendapatkan perawatan dari dokter tentunya Anda juga tidak bisa langsung melakukan segala bentuk kontak seksual.

Dalam perkembangan infeksi dari bakteri penyebab penyakit sipilis juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang bersifat permanen. Segala kerusakan yang disebabkan oleh penyakit sipilis mungkin tidak akan bisa dikembalikan ke kondisi semula. Tetapi pengobatan dilakukan untuk meminimalkan kerusakan dan mencegah bahaya kesehatan serius yang bisa muncul.

Pengobatan Yang Sesuai Di Setiap Gejala Sipilis

Pengobatan yang sesuai akan sangat penting bagi Anda disetiap tahapan penyakit sipilis, karena setiap tahapan sipilis memiliki gejala yang berbeda dan begitu pula dengan pengobatan yang akan Anda butuhkan. Setiap orang bisa mengembangkan penyakit sipilis yang sesuai dengan urutan tahapannya, namun ada juga yang tidak. Dan untuk memastikannya tentu dokter Anda akan membutuhkan pemeriksaan agar hasil diagnosisnya tepat.

o Pemeriksaan fisik

o Pengambilan sampel pada luka atau area yang terinfeksi

o Tes darah secara laboratorium

Semua jenis pemeriksaan tersebut bisa Anda dapatkan pada penyedia layanan kesehatan yang tepat, karena tidak semua layanan kesehatan dapat menangani keluhan tersebut secara tuntas. Mendatangi dokter atau klinik khusus untuk kesehatan organ reproduksi adalah pilihan tepat yang bisa Anda lakukan guna menghindari adanya pengobatan yang dilakukan secara sembarang.

Selain melakukan pengobatan secara medis, cara yang paling tepat untuk menghindari gejala penyakit sipilis muncul adalah dengan tidak melakukan aktifitas seksual berisiko tinggi misalnya seperti berganti pasangan, atau memiliki lebih dari satu pasangan seksual. Beberapa orang dengan keluhan penyakit sipilis juga dapat berkesempatan lebih untuk mendapatkan jenis penyakit menular seksual (PMS) lainnya seperti HIV.

Karena secara tidak langsung, riwayat infeksi menular seksual yang Anda dapatkan juga bisa mempermudah Anda untuk memiliki lebih dari satu PMS pada waktu yang sama. Hindari aktifitas seksual selama masa pengobatan dan tunggu hingga Anda dapat dinyatakan sembuh oleh dokter untuk memulainya kembali.

Lakukan skrining PMS jika Anda mencurigai adanya gejala penyakit menular seperti sipilis atau lainnya. Klinik Utama Gracia dapat membantu setiap keluhan organ reproduksi Anda dan juga keluhan lainnya dengan tenaga medis yang profesional dan berkompeten. Hubungi kami melalui layanan chat online secara gratis atau telepon di nomor 081336361555 untuk kemudahan konsultasi Anda.

Baca Juga: Cara Mencegah Sipilis Agar Tidak Menginfeksi Orang Lain

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan