• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Mengenal Virus Herpes Kelamin Yang Menular

Mengenal Virus Herpes Kelamin Yang Menular
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Virus herpes kelamin? Bagaimana Anda bisa mendapatkan infeksi virus herpes kelamin? Infeksi herpes kelamin atau herpes genital pada pria maupun wanita yang menular dan berbahaya. Penyakit menular seksual (PMS) seperti herpes kelamin ini tentu tidak akan mudah untuk diatasi jika penanganannya tidak dilakukan dengan tepat.

Dalam berbagai kondisi seseorang akan mudah untuk mendapat adanya infeksi ketika dirinya juga memiliki beberapa faktor penunjang lain yang pada akhirnya membuat seseorang tersebut mudah untuk terinfeksi. Secara umum, virus herpes kelamin dapat menginfeksi setiap pria dan wanita yang aktif secara seksual. Beberapa orang mungkin akan memiliki gejala herpes kelamin seperti:

o Adanya gejala atau tanda-tanda seperti flu

o Muncul gelembung berisi air pada area genital

o Sensasi terbakar dan gatal berlebih pada area infeksi

o Membentuk luka ketika gelembung tersebut pecah dan menimbulkan kemerahan

o Sakit atau nyeri pada area kelamin

Selain karena adanya kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus tersebut, herpes kelamin atau herpes genital juga dapat menginfeksi atau ditransmisikan melalui beberapa kontak tidak alngsung yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Dengan kata lain, ketika seseorang berada pada satu lingkungan dengan orang yang didiagnosis dengan penyakit herpes kelamin tentunya dia juga akan berisiko lebih untuk mendapatkan infeksinya.

Klasifikasi Jenis Virus Herpes Kelamin

o Herpes Simplex Virus tipe 1 (HSV-1)

Ada dua jenis virus herpes, dan salah satunya adalah HSV-1. Untuk jenis virus ini biasanya akan lebih cenderung untuk mengakibatkan adanya kondisi keluhan herpes yang terjadi pada area-area tubuh seperti ditangan, kaki, mulut, atau area tubuh lainnya. Kondisi HSV-1 juga lebih umum dan endemik diseluruh bagian dunia, sehingga kondisi ini mungkin juga bisa didapatkan oleh anak-anak.

Sebagian besar infeksi HSV-1 adalah bentuk dari herpes zoster, namun saat ini infeksi dari HSV-1 juga bisa menimbulkan adanya perpindahan menjadi herpes kelamin melalui kontak oral-genital yang dilakukan. akan tetapi seseorang mungkin akan mendapatkan infeksi HSV-1 pada luka, air liur, dan permukaan didalam atau di area sekitar mulut.

o Herpes Simplex Virus tipe 2 (HSV-2)

HSV-2 adalah penyebab utama dari adanya infeksi herpes kelamin Anda yang mana virus ini ditularkan secara seksual. Sebagian besar kasus infeksi herpes kelamin ditransmisikan dari pria ke wanita dibandingkan dengan wanita ke pria. Herpes kelamin termasuk dalam penyakit menular seksual (PMS) yang menyebar melalui kontak kulit ke kulit, dan bahkan ketika Anda mungkin tidak memiliki gejala fisiknya.

Saat ini, untuk kasus herpes kelamin mungkin lebih meningkat dari sebelumnya karena adanya beberapa hal yang menjadikannya sebuah kondisi yang cukup berisiko. Segala bentuk kontak seksual dari vaginal, oral, dan juga anal yang dilakukan dengan riwayat seksual yang berisiko akan menjadikan Anda sebagai kondisi yang lebih serius.

HSV-1 dan HSV-2 adalah dua jenis virus herpes yang mana keduanya bahkan memiliki gejala yang hampir sama. Setiap jenis virus yang masuk kedalam tubuh Anda juga tidak dapat dihilangkan dan akan tetap ada didalam tubuh Anda untuk jangka waktu yang lama selama kehidupan. Penting untuk Anda ketahui adalah ketika seseorang memiliki infeksi HSV-1 dapat berpindah pada area genital dan bisa menyebabkan adanya HSV-2.

Baca Juga: Penyakit Herpes Kelamin Berbahaya Atau Tidak? Cari Tahu Disini

 

chat

Mengapa Virus Herpes Kelamin Sulit dihilangkan?

Infeksi virus yang masuk kedalam tubuh seseorang memiliki perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan infeksi yang disebebkan oleh bakteri. Virus memiliki sifat yang cukup mudah menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya, sehingga akan lebih sulit untuk dihilangkan secara total dari dalam tubuh.

Virus akan melewati satu orang ke orang lain melalui kontak kulit ke kulit yang dilakukan, dan akan lebih berisiko menular ketika luka atau gejala nya masih terlihat secara fisik. Penularan tidak hanya bisa terjadi ketika gejalanya muncul, sebuah virus masih akan bisa menular bahkan ketika tidak memiliki tanda-tanda infeksi yang Anda rasakan.

Virus herpes kelamin akan masuk melalui celah-celah kulit dan muali berjalan sepanjang jalur saraf Anda. Dalam waktu yang sementara virus ini bisa menjadi tidak aktif namun tetap berkembang dalam jumlah yang lebih banyak. Setelah dirasa cukup, virus tersebut akan berubah menjadi aktif kembali dan mulai menimbulkan adanya gejala keluhan tersebut.

Anda akan membutuhkan sebuah pemeriksaan lengkap untuk dapat memastikan kondisiya dimana setiap gejala herpes kelamin yang menginfeksi Anda mugnkin lebih asimtomatik atau bahkan lebih cenderung tidak terasa. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh dari sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh yang baik, dimana sebuah virus akan sangat bergantung pada kondisi sistem kekebalan tubuh Anda sendiri.

Bagaimana Pengobatan Dapat Dilakukan Untuk Menyembuhkan Herpes

Meskipun virus herpes tidak dapat diobati dan tidak ada obat yang dapat menghilangkannya secara total, namun jika Anda tidak melakukan perawatan maka kondisi infeksi yang dialami justru akan lebih bertambah parah. Beberapa orang dapat mengembangkan gejala yang terus berulang, dan kondisi ini mungkin dapat dipicu oleh:

o Tekanan fisik atau psikis

o Menstruasi

o Kondisi medis kronis

o Aktifitas seksual

o Sistem imun yang rendah

Sebuah bahaya akan berkembang ketika penyakit yang disebabkan oleh virus herpes kelamin tidak segera mendapatkan perawatan. Bahaya herpes kelamin atau genital dapat berupa seperti risiko PMS lainnya atau rentan terhadap HIV, meningitis (radang selaput otak), komplikasi kehamilan dan persalinan, bahkan juga dampak psikososial.

Anda akan disarankan untuk melakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti uji laboratorium untuk memastikan kondisinya. Perawatan atau pengobatan mungkin akan dilangsungkan dengan beberapa pilihan yang lebih disesuaikan dan dianjurkan oleh dokter Anda setelah didapatkan hasil pemeriksaannya.

Perawatan untuk virus herpes kelamin haruslah dilakukan secara intensif dan lebih dikhususkan, kerena kondisi keluhan herpes yang Anda alami dapat menimbulkan adanya bahaya yang cukup serius jika pengobatannya dilakukan secara sembarang. Tidak melakukan kotak seksual selama masa pengobatan juga akan disarankan oleh dokter Anda untuk menghindari adanya kondidi yang lebih rumit.

Dimana dan bagaimana Anda bisa mendapatkan pengobatan yang tepat untuk mengatasi keluhan virus herpes kelamin? Klinik Utama Gracia memberikan jawaban untuk setiap keluhan PMS anda maupun pasangan. Lakukan pemeriksaan sekarang jika Anda memiliki gejalanya atau hubungi kami melalui nomor 081336361555 untuk informasi lebih lengkap.

Baca Juga: Obat Penyakit Herpes Zoster Dan Simplexs

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan