• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Mengenal Uretritis Dan Uretra Pada Pria Dan Wanita

Uretritis Dan Uretra | Klinik Utama Gracia
Nilai Rata-rata: 9.2 / 10 (5 orang penilai )

uretritisUretritis adalah iritasi dan peradangan pada uretra, sedangkan uretra itu adalah saluran di dalam tubuh manusia yang membantu untuk mengeluarkan cairan urin atau air seni dari dalam tubuh manusia. Penyebab uretritis sendiri biasanya disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih. Virus herpes seperti herpes simpleks dan sitomegalovirus juga dapat menyebabkan terjadinya uretritis.
Uretritis, biasanya dikenal juga dengan sebutan uretritis non-spesifik atau uretritis non-gonokokal adalah suatu kondisi medis yag ditandai dengan peradangan pada uretra yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Pada beberapa kasus penyakit urethritis, urethritis tidak disebabkan oleh infeksi, tetapi disebabkan oleh iritasi atau kerusakan pada uretra karena pemakaian sabun, masturbasi atau penggunaan kateter pada kandung kemih. Uretritis seringkali ditemukan pada laki-laki berusia antara 30 dan 40 tahun. Urethritis ini juga bisa terjadi pada pada kaum hawa atau wanita, tetapi lebih sulit untuk didiagnosis karena pada wanita biasanya tidak menunjukan banyak gejala. Ketika gejala timbul baik pada pria ataupun pada wanita akan merasakan gejala sakit dan nyeri saat berkemih, keinginan untuk sering berkemih dan sekret abnormal keluar dari vagina atau penis pada alat kelamin.
Pada saat berhubungan seksual atau ejakulasi pria juga bisa merasakan nyeri dan rasa sakit pada ujung penis. Biasanya wanita juga mengalami nyeri di sekitar perut dan demam tinggi. Untungnya, penyakit urethritis ini bukan merupakan kondisi yang mengancam keselamatan jiwa dan dapat diobati dengan mengkonsumsi antibiotik dan obat penghilang rasa sakit. Namun, ketika tidak diobati secara cepat dan tepat, uretritis dapat menyebabkan komplikasi, seperti infeksi testis dan kelenjar prostat pada pria, dan infeksi pada servik dan organ reproduksi penyakit radang panggul pada wanita.
Mengenal Uretra

uretra adalah

Klinik Utama Gracia Indonesia

Lebih Lanjut Tentang Uretra

Uretra adalah tabung yang membawa cairan urin manusia dari kandung kemih sehingga dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Catatan  bahwa semen juga melewati bagian uretra pada laki-laki .
Karena penyebab utama dari uretritis biasanya infeksi dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan uretra menjadi iritasi dan meradang .

Menurut Dokter dan para staff terahli kami, pria dan wanita dapat berkemungkinan terjangkit  penyakit uretritis. Namun, laki-laki memiliki kesempatan lebih besar terjangkit kondisi dibandingkan dengan perempuan. Ini mempengaruhi orang dari segala usia. Uretritis dapat terjadi dari trauma uretra selama prosedur medis (tsitoskopiya, kateterisasi), saluran, reaksi alergi, penyempitan akut sphincter atau dinding uretra, kemacetan panggul penyakit.Sangat sering, uretritis non-menular menjadi menular, yang mengakibatkan aktivasi saluran organisme patogen dan infeksi sekunder meradang dari dinding uretra.
Biasanya faktor utama terjangkit penyakit ini adalah karena infeksi dari hubungan seksual dengan orang yang terjangkit uretritis. Ketika terkena penyakit ini biasanya disertai dengan nyeri rasa kurang yamanan da nada sedikit rasa nyeri. Kebanyakan orang yang merasakan hal-hal tersebut biasanya tidak menduga bahwa ia terjangkit penyakit uretritis.
Setelah terinfeksi, gejala dari uretritis dapat muncul setelah beberapa waktu bisa cepat dalam  beberapa jam atau lama dalam beberapa bulan. Hal ini tergantung dari masa inkubasi pada besaran infeksi dan pertahanan imune tubuh.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan