• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Mengenal Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita

Mengenal Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Tentunya kebanyakan orang sudah tidak asing dengan kutil kelamin, namun bagaimana dengan penyakit jengger ayam pada kelamin wanita? Ya ternyata penyakit jengger ayam adalah nama lain dari penyakit kutil kelamin.

Kutil kelamin atau pada wanita sering disebut penyakit jengger ayam, dan dalam bahasa medis disebut Condyloma Acuminata dan penyakit tersebut diberi julukan sebagai penyakit jengger ayam karena berbeda dengan kutil pada umumya, pada kasus ini kutil tumbuh di area kelamin yang bisa berukuran besar sehingga menyerupai jengger ayam.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui penyakit jengger ayam ini, namun jangan dipandang sebelah mata penyakit jengger ayam termasuk penyakit menular yang cukup berbahaya, karena bila tidak segera ditangani maka akan timbul berbagai komplikasi seperti kanker serviks, penyakit ini disebabkan virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV).

 

Bagaimanakah Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita Tersebar?



Tahukah Anda bahwa salah satu ciri utama yang nampak pada penyakit ini adalah munculnya kutil dalam jumlah banyak dan besar, tumbuh seperti kembang kol biasanya merah seperti jengger pada ayam jago. Pencegahan pada umumnya adalah menjaga kebersihan pada organ intim, Karena penyakit ini tumbuh pada area yang kotor dan lembab.

Hal ini tidak semata-mata berkaitan dengan hubungan seksual namun pola aktifitas seksual itu sendiri. Penyebarannya tidak hanya melalui kontak seksual namun kontak secara fisik juga dapat berpengaruh seperti pada mulut dan jari.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa penyakit jengger ayam pada kelamin wanita ini umumnya ditularkan secara langsung melalui berbagai macam hubungan seksual seperti seks vaginal, anal maupun oral dengan seseorang yang sudah terinfeksi.

Sehingga dapat dikategorikan sebagai penyakit menular seksual dan biasanya pertumbuhan kutil ini sangat kecil terkadang tampak menyerupai kembang kol, yang tumbuh secara individu atau berkelompok.

Inilah Gejala Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita

Pada wanita jengger ayam ini akan tumbuh secara banyak dan besar menyerupai jengger pada ayam jago, pertumbuhannya biasanya pada dinding vagina, vulva, daerah antara kelamin dan anus, bahkan pertumbuhannya bisa sampai ke leher rahim. Dan pada wanita hamil ini akan berbahaya pada proses persalinan bahkan dapat menular pada bayinya.

Pada laki-laki kutil kelamin ini bisa tumbuh pada daerah ujung penis, testis bahkan tumbuh antara batang kelamin dan anus. Ada beberapa kasus yang dijumpai pertumbuhan jengger ayam ini bisa dapat tumbuh pada tenggorokan dan mulut.  Penularan ini biasanya pada mereka yang sering melakukan sex secara oral.
 

chat

Tanda-tanda yang Sering Muncul Akibat Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita:

- Rasa gatal dan tidak nyaman pada area kelamin.

- Tumbuh benjolan berwarna abu-abu pada daerah kelamin.

- Pertumbuhan kutil kelamin yang secara berkelompok dan pertumbuhannya secara cepat menyerupai kembang kol.

- Perdarahan pada saat melakukan atau setelah hubungan seksual.

- Perdarahan diluar waktu menstruasi.

Pencegahan Penyakit Jengger Ayam Pada Kelamin Wanita dan Pria, Diantaranya:


- Menjaga kebersihan organ genital dan sekitarnya.

- Hindari berganti-ganti pasangan yang belum kita ketahui apakah pasangan kita sudah terkena virus HPV.

- Menggunakan kondom, penggunaan kondom biasanya dianggap dapat meminimalisir penularan virus HPV namun penggunaan kondom tidak dapat menjamin seratus persen keamanannya, kutil kelamin dapat tumbuh pada area sekitar genital.

- Tidak melakukan hubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh atau benar-benar tidak ada penyakit jengger ayam lagi.

Pengobatan Penyakit jengger Ayam Pada Kelamin Wanita:
Dalam pengobatan jengger ayam banyak metode yang dapat dilakukan untuk menghilangkan, namun menurut penelitian virus HPV tidak dapat disembuhkan secara permanen dan total, pengobatan biasanya menggunakan pencegahan, vaksinasi dan tindakan.

Biasanya dokter akan menanyakan tentang riwayat kesehatan anda, lalu dokter akan memeriksa secara fisik dan mencari kutil kelamin.
Ada 4 metode yang biasa digunakan untuk menghilangkan kutil kelamin atau jengger ayam pada kelamin wanita:

1. Eksisi
Pada metode eksisi dokter biasanya akan memberikan bius lokal pada area kutil, lalu akan dilakukan eksisi, diambil, dan dibuang lalu dilakukan penjahitan pada bekas eksisi. Efek yang sering ditimbulkan seperti bekas luka yang ditimbulkan akibat pada eksisi setelah luka sembuh.

2. Bedah Listrik
Metode ini biasanya akan dikombinasikan dengan teknik eksisi, setelah kutil dieksisi bekas kutil akan dibakar dengan kawat panas yang dihasilkan dari aliran listrik, metode ini biasanya digunakan pada area vulva dana anus.

3. Cryotherapy
Metode ini merupakan cara pelepasan kutil dengan metode nitrogen, metode ini biasanya dilakukan secara bertahap sampai kutil hilang. Efek samping yang kerap timbul diantara adalah nyeri, iritasi dan kulit melepuh.

4. Bedah Laser
Metode ini menggunakan laser untuk menghilangkan kutil. Namun metode ini menjadi pilihan terakhir karena hanya menghilangkan kutil pada bagian luar, dan efek yang ditimbulkan bisa nyeri selama berminggu-minggu.

chat

Nah, itulah tadi artikel penjelasan mengenai penyakit jengger ayam pada kelamin wanita maupun pria dan jika misalkan Anda aktif secara seksual dan merasa memiliki penyakit tersebut maka sudah saatnya Anda dan pasangan untuk berobat di Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan