• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Mengenal 4 Akibat Keputihan Abnormal

Mengenal 4 Akibat Keputihan Abnormal
Nilai Rata-rata: 7.6 / 10 (5 orang penilai )

Keputihan abnormal merupakan keputihan yang terjadi karena adanya gangguan-gangguan yang menyerang area kewanitaan. Akibat keputihan abnormal ini bisa berbagai macam, dan tentunya bukan suatu hal yang bisa Anda remehkan. Hal inilah yang membuat Anda juga tidak boleh meremehkan keberadaan keputihan abnormal yang Anda alami.

Sebelum mengetahui apa akibat keputihan abnormal, maka sebaiknya Anda mengetahui apa penyebab keputihan abnormal. Berikut ini penjelasannya.

Penyebab Keputihan Abnormal

1. Penyakit Menular Seksual

Gonore ataupun klamidia merupakan dua jenis penyakit menular seksual yang akan membuat wanita yang merupakan penderitanya mengalami keputihan abnormal. Keputihan karena penyakit menular seksual akan memiliki gejala warnanya kekuningan, berbau busuk dan juga menyebabkan gatal pada area kewanitaan.

2. Infeksi Bakteri

Pada area kewanitaan sebenarnya terdapat bakteri baik yang akan menjaga keseimbangan pH vagina. Namun bila keseimbangan pH ini rusak, maka bakteri baik akan digantikan dengan bakteri jahat, yang membuat terjadinya keputihan abnormal. Umumnya keputihan abnormal karena infeksi bakteri akan memiliki gejala keluar secara berlebihan, warnanya abu-abu, dan berbau amis. Wanita juga akan sering merasakan sensasi seperti terbakar dan gatal pada area kewanitaan.

3. Infeksi Jamur

Keputihan abnormal juga akan terjadi bila area kewanitaan mengalami infeksi jamur. Infeksi karena tumbuhnya jamur ini bisa terjadi karena area kewanitaan yang cenderung lembab dan menjadi tempat favorit jamur untuk hidup. Keputihan abnormal karena jamur akan memiliki gejala keluar secara berlebihan, kental, warna putih, berbau tidak sedap dan disertai gatal.

chat

Akibat Keputihan Abnormal

1. Hormon Menurun

Keputihan abnormal yang keluar secara berlebihan membuat area kewanitaan menjadi lebih asam, bahkan berbau amis. Hal ini dapat membuat menurunnya hormon kewanitaan sehingga berefek pada wanita yang menjadi mudah stres dan malas beraktivitas.

2. Rentan Pada Penyakit Menular Seksual

Terjadinya keputihan abnormal menjadi tanda bahwa area kewanitaan memiliki kondisi kesehatan yang tidak dijaga dengan baik. Hal ini dapat membuat Anda lebih rentan terkena penyakit menular seksual seperti klamidia, infeksi candida, ataupun trikomoniasis.

3. Hubungan Seksual Menjadi Tidak Nyaman

Saat melakukan hubungan seksual, maka akan terjadi gerakan seperti gesekan. Bila kondisi area kewanitaan yang sedang mengalami infeksi sehingga terjadi keputihan yang berlebihan, maka akan terjadi iritasi ataupun peradangan. Menyebarnya peradangan yang semakin meluas akan membuat organ reproduksi dapat mengalami gangguan. Bahkan bisa saja terjadi munculnya rasa nyeri dan bercak darah ketika berhubungan seksual.

4. Gangguan Kehamilan Dan Janin

Keputihan yang terjadi pada wanita hamil bisa mempengaruhi kondisi kehamilan ataupun janin yang dikandung. Bayi bisa saja lahir prematur, tertular keputihan ataupun bahkan janin mengalami kematian.

Hindari akibat keputihan tersebut dengan memperhatikan perubahan yang terjadi pada keputihan. Bila ada perubahan warna, konsistensi, bau, dan juga gejala lain yang menyertai, maka segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi yang sedang terjadi. Bila Anda mengalami keputihan abnormal, dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan penyebab yang melatarbelakangi kondisi Anda tersebut. Klinik Utama Gracia dapat membantu permasalahan keputihan abnormal yang Anda alami dengan menggunakan layanan konsultasi online yang sudah tersedia, atau Anda bisa menghubungi kami melalui telepon di 081336361555.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan