• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Mengatasi Keputihan Lengket Dan Berbau Pada Wanita

Mengatasi Keputihan Lengket Dan Berbau Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )



Keputihan lengket dan berbau tidak selalu bisa dirasakan oleh setiap wanita, namun Anda juga harus mewaspadai jika keluhan tersebut muncul dan berakibat fatal bagi kesehatan area organ reproduksi bagian dalam. Keputihan lengket dan berbau memang dapat mengindikasikan adanya keluhan ginekologi atau masalah kesehatan yang cukup serius pada area organ reproduksi bagian dalam wanita.

Bagaimana Anda tahu jika keluhan keputihan yang Anda alami adalah bentuk dari keputihan yang normal atau tidak normal? Anda tentu harus tahu bagaimana kondisinya ketika dapat terus terjadi dan dalam jangka waktu yang panjang. Karena ada beberapa jenis keputihan yang memang seringkali dijadikan sebagai salah satu pedoman indikasi pada seorang wanita.

Apa Itu Keputihan?

Keputihan memiliki fungsi yang cukup vital bagi area organ reprosuksi seorang wanita, yang mana keputihan ini berfungsi untuk menjaga area reproduksi tetap sehat serta membersihkan area organ reproduksi. Keputihan pada wanita tersebut dapat terdiri dari:

o air,

o lendir, dan juga

o sel-sel sisa yang ada didalam area organ reproduksi Anda.

Dalam kondisi yang normal keputihan memang tidak akan menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda, begitu pula dengan sebaliknya. Banyak wanita yang sering mengabaikan kondisi keputihannya hingga jangka waktu yang cukup lama dan tidak melakukan pemeriksaan atau perawatan sedini mungkin. Jika dalam kondisi yang sulit, Anda mungkin dapat memiliki masalah kesehatan yang kompleks akibat keputihan lengket dan berbau maupun keluhan keputihan abnormal lainnya.

Baca Juga: Keputihan Cair Bening? Termasuk Normal Atau Tidak Normal

chat

Cara Mengatasi Keputihan Lengket dan Berbau

Anda tentu akan sangat membutuhkan informasi dan cara mengatasi keputihan lengket dan berbau yang sering muncul pada beberapa saat. Keputihan lengket biasanya adalah tipe dari lendir serviks selama fase luteal (fase akhir setelah siklus menstruasi) yang cukup sering terjadi akibat siklus menstruasi yang terjadi menjelang selesai.

Ada beberapa cara mengatasi keputihan lengket dan berbau yang bisa Anda praktikan, diantaranya dapat seperti:

o Jaga selalu kesehatan dan kebersihan area organ genital Anda

o Bersihkan area organ genital Anda dari arah depan ke belakang

o Jika terjadi rasa gatal sebaiknya jangan pernah menggaruk area tersebut guna menghindari adanya luka

o Hindari penggunaan terhadap bahan-bahan kimia pada area organ genital Anda, seperti obat pencuci vagina maupun lainnya

o Jangan terlalu sering melakukan douching (pencucian vagina dengan menggunakan cairan pembersih atau air yang disemprotkan)

o Lebih sering mengganti pakaian dalam Anda ketika keputihan sedang terjadi atau jangan gunakan pantyliner

o Pastikan area genital Anda selalu dalam kondisi kering dan tidak lembab

o Jangan sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan

Wanita Yang Berpotensi Untuk Memiliki Keluhan Keputihan

Ketika seorang wanita lebih cenderung untuk mendapatkan keluhan yang rumit, Anda mungkin bisa melakukan beberapa langkah seperti diatas tersebut guna meminimalisir gejala dan juga risiko yang mungkin dapat ditimbulkan. Ada beberapa wanita yang mungkin dapat termasuk dalam kondisi normal ketika mengalami beberapa keluhan keputihan yang lengket, berbau, gatal, dan tidak jarang juga memiliki perubahan warna. Hal tersebut dapat terjadi pada wanita-wanita seperti:

o Dalam masa pubertas

o Kehamilan

o Dan juga dalam masa subur atau ovulasi

Jika kondisi Anda tersebut juga tidak didukung dengan kebersihan serta praktik pribadi yang baik, tentunya Anda akan memiliki kemungkinan untuk dapat mengembangkan sebuah infeksi atau peradangan ginekologi pada area organ reproduksi bagian dalam. Sangat penting bagi Anda agar melakukan pemeriksaan atau perawatan langsung dengan dokter guna memastikan kondisinya.

Klinik Utama Gracia dapat memberikan pelayanan konsultasi secara online dan konsultasi secara langsung dengan dokter-dokter serta tenaga medis ahli yang profesional yang siap membantu Anda dalam mengatasi keluhan tersebut. Konsultasi teledokter sekarang di nomor 081336361555 untuk keterangan lengkap tentang informasi keluhan dan reservasi pemeriksaan Anda.

Baca Juga: Keputihan Berwarna Kuning

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan