• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Mengapa Penyebab Vaginitis Pada Wanita Dapat Berulang?

Mengapa Penyebab Vaginitis Pada Wanita Dapat Berulang?
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (1 orang penilai )



Vaginitis adalah bagian dari penyakit organ reproduksi pada wanita atau disebut juga dengan keluhan ginekologi, namun penyebab vaginitis pada wanita tidak selalu dapat diidentifikasi secara pasti. Dimana kondisi ini akan ditandai dengan adanya peradangan dan pengeluaran sekresi dari dalam vagina wanita. Keluhan vaginitis akan lebih mempengaruhi area vulva atau area eksternal secara fisik dari organ kelamin wanita.

Apa Penyebab Utama Vaginitis Anda

Penyebab vaginitis pada wanita yang paling sering ditemukan adalah adanya sebuah infeksi, baik infeksi akibat faktor internal dari dalam tubuh maupun faktor eksternal dari luar tubuh Anda sendiri. Anda mungkin akan mendapatkan sebuah infeksi dari salah satu seperti:

o Bakteri

o Ragi atau jamur

o Virus

Beberapa jenis infeksi juga bisa disebabkan oleh adanya iritasi dari penggunaan bahan kimia, tingkat kebersihan personal yang buruk, serta kontak secara seksual. Sehingga ada banyak kemungkinan yang menjadikannya sebagai penyebab vaginitis pada wanita. Anda tentu harus memperhatikan beberapa tindakan-tindakan yang bisa menghasilkan sebuah risiko munculnya keluhan vaginitis atau peradangan pada vagina tersebut.

Baca Juga: Inilah Infeksi Vaginitis Pada Wanita Secara Umum

chat

Gejala Umum Pada Keluhan Vaginitis

Gejala umum pada keluhan vaginitis wanita diantaranya dapat berlangsung seperti:

o Keputihan abnormal (berbau, gatal, berwarna, tekstur tidak biasa, jumlah yang meningkat)

o Adanya keluhan sakit kencing atau sensasi terbakar saat baung air kecil (BAK)

o Pembengkakan, iritasi, dan kemerahan pada area luar vagina

o Ketidaknyamanan saat melakukan kontak seksual

Secara umum tentu kondidi gejala tersebut masih dapat berlangsung secara lebih spesifik, hal ini terjadi karena adanya perbedaan penyebab vaginitis pada wanita dan juga jenis keluhan yang Anda miliki. Anda mungkin akan memiliki gejala yang terasa ringan hingga menyakitkan ketika sebuah gangguan kesehatan sedang berlangsung. Namun Anda juga harus melihat secara teliti gejalanya agar dapat terdeteksi pada tahap awal.

Vaginitis Yang Berulang

Keluhan Vaginitis adalah ketika vulva atau vagina Anda meradang atau teriritasi. Ini bisa terjadi ketika ada perubahan keseimbangan kimia normal vagina Anda, atau jika Anda memiliki reaksi sensitif terhadap produk-produk tertentu sehingga mudah untuk mengiritasi ulang area organ reproduksi Anda. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab vaginitis pada wanita, dan terkadang ada lebih dari 1 penyebab yang ditemukan.

Sebagian besar wanita memiliki kesempatan untuk menderita vaginitis, jika Anda menderita vaginitis 4 kali atau lebih dalam setahun itu berarti vaginitis berulang atau kambuhan. Anda bisa mendapatkan vaginitis berulang jika Anda memiliki kondisi seperti diabetes atau HIV yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lemah. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan vaginitis berulang jika Anda tidak menyelesaikan perawatan vaginitis hingga tuntas dan dilakukan dengan benar.

Pilihan Pengobatan Dalam Diagnosis Anda

Pilihan pengobatan memang akan sangat menentukan proses kesembuhan Anda, dimana pengobatan dan jenis obat yang dibutuhkan akan sangat bergantung pada jenis vaginitis dan jenis penyebab vaginitis pada wanita. untuk menentukan diagnosis sebuah keluhan, biasanya Anda mungkin akan disarankan untuk melakukan beberapa jenis tes atau uji medis seperti:

o Tes urin

o Pemeriksaan panggul

o Kolposkopi

o Tes swab vagina

o Uji tingkat keasaman atau ph di vagina

Pemeriksaan tersebut tentu dapat Anda lakukan guna mencari penyebab pasti keluhan dan juga menentukan jenis pengobatan apa yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Seorang wanita hamil dan mengalami keluhan peradangan ginekologi tentu lebih disarankan secara intensif dalam melakukan pengobatan dengan tujuan minimalisir risiko gejala yang dapat muncul bagi keduanya.

Klinik Utama Gracia memberikan perawatan kesehatan organ reproduksi pria dan wanita, dengan kemudahan konsultasi kami Anda bisa langsung berkomunikasi dengan dokter melalui chat dibawah ini atau telepon 081336361555 dengan dokter-dokter ahli kami.

Baca Juga: Bahaya Vaginitis Apabila Tidak Segera Ditangani Dengan Benar

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan