• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Mencegah Keputihan Bau Dan Gatal Pada Wanita

Mencegah Keputihan Bau Dan Gatal Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (1 orang penilai )



Keputihan bau dan gatal pada seorang wanita dapat digolongkan dalam jenis keputihan yang abnormal atau tidak biasa. Keputihan pada seorang wanita memang merupakan proses alamiah yang terjadi didalam organ reproduksinya. Namun apakah keputihan bau dan gatal masih dapat dikatakan normal? Hal inilah yang harus Anda segera cari tahu informasinya.

Keputihan bau dan gatal yang disertai juga dengan adanya beberapa kondisi lain misalnya seperti kemerahan, menimbulkan warna yang tidak biasa, bahkan hingga memiliki tekstur atau bentuk yang lebih berbeda itu berarti Anda dapat dikatakan sedang memiliki keluhan keputihan abnormal. Keputihan abnormal yang Anda rasakan dapat termasuk juga dalam gejala dari adanya keluhan atau penyakit ginekologi serius lainnya.

Keputihan vagina adalah cara tubuh Anda untuk menjaga vagina agar tetap dalam kondisi sehat dan bersih. Kelenjar dalam vagina dan leher rahim wanita akan membuat sejumlah kecil cairan, dan cairan yang dihasilkan ini akan mengalir keluar vagina setiap hari dan membawa sel-sel lama atau yang sering disebut dengan keputihan.

Penyebab Dan Macam Warna Keputihan

Keputihan tidak normal keputihan bau dan gatal pada wanita biasanya didasari oleh faktor pendukung atau penyebab tertentu, Anda mungkin akan memiliki beberapa kondisi seperti berikut yaitu:

o Faktor internal

Faktor internal baik secara fisik maupun psikologis seorang wanita tentu akan memberikan pengaruhnya secara tidak langsung hingga menimbulkan adanya keluhan keputihan. Apa yang menjadikan keluhan Anda menjadi lebih serius atau berbahaya adalah ketika Anda juga memiliki kondisi seperti:

• Menopause

• Ketidakseimbangan hormon

• Kehamilan

o Faktor eksternal

Faktor penyebab keputihan yang berasal dari luar tubuh, yang misalnya seperti infeksi bakteri, jamur, ataupun mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan adanya keluhan ginekologi. Wanita mungkin akan lebih rentan untuk mendapatkan keputihan bau dan gatal yang disebabkan oleh adanya infeksi.

Keseimbangan sistem didalam organ reproduksi seorang wanita tentunya harus dijaga, dimana perkembangan jenis bakteri tertentu juga dibutuhkan untuk siklus hormonal yang terjadi dalam sistem organ reproduksi Anda. Perubahan pada keseimbangan tersebutlah yang menjadikannya sebagai keluhan keputihan tidak normal pada seorang wanita dan harus dilakukan pengobatan untuk solusinya.

Perbedaan antara keputihan normal dan tidak normal sebenarnya sangatlah mudah untuk diidentifikasi dari gejala awalnya, yang membuatnya semakin berisiko adalah ketika Anda membiarkan keluhan dalam jangka panjang sehingga menghasilkan beberapa komplikasi keluhan lainnya. Setiap keputihan yang dialami antara satu orang dengan orang lain juga biasanya akan memiliki perubahan warna pada keputihannya.

Perubahan warna-warna keputihan yang Anda alami tersebut juga dapat mengindikasikan pada beberapa kondisi hingga penyakit ginekologi, dan berikut adalah beberapa macam warna-warna keputihan yang bisa Anda alami:

o Putih bersih

Keputihan dengan warna yang cenderung pada putih bersih dan muncul pada waktu-waktu tertentu saja maka keputihan ini masih dalam kondisi yang normal.

o Putih susu atau agak kekuningan

Keputihan yang berwarna lebih pekat hingga menyerupai susu atau lebih kekuningan termasuk dalam kondisi keluhan yang abnormal dan keputihan ini dapat terjadi akibat adanya sebuah infeksi jamur.

o Kuning Kehijauan ( nanah)

Disebabkan oleh bakteri yang umumnya juga menjadi tanda adanya infeksi menular seksual (ISM) seperti gonore atau kencing nanah dan biasanya juga menimbulkan gejala keputihan dan juga buang air kecil yang menyakitkan.

o Coklat atau kemerahan

Warna ini mungkin akan muncul ketika Anda akan selesai menstruasi, tetapi jika kondisi ini muncul diluar siklus menstruasi maka ini dimungkinkan pada keluhan gejala keputihan yang mengarah pada kanker serviks atau radang panggul

Baca Juga: Ketahui 6 Gejala Keputihan Tidak Normal Pada Wanita

chat

Gejala-Gejala Lain Pada Keluhan Keputihan

Keputihan bau dan gatal termasuk dalam gejala keputihan tidak normal atau bahkan gejala dari adanya penyakit ginekologi pada sistem organ reproduksi Anda. Apa saja gejala-gejala lain yang muncul pada keputihan abnormal selain bau dan gatal?

o Memiliki warna yang berbeda dari sebelumnya

o Jumlah atau intensitas dari kepuihan yang Anda rasakan

o Tekstur atau bentuk yang berubah misalnya lebih kental, cair, atau bergumpal

o Kemerahan atau iritasi pada area sekitar vagina

o Rasa sakit atau nyeri pada perut bagian bawah, pinggang, atau saat berkemih

Dapatkah seorang wanita memiliki lebih dari satu jenis infeksi pada saat dirinya mendapatkan keluhan keputihan? Tentu seorang wanita bisa mendapatkan berbagai macam infeksi yang lebih dari satu jenis pada waktu yang bersamaan, hal ini didukung dengan adanya beberapa kondisi gejala yang dialaminya. Sehingga gejala juga bisa menjadi sebuah penanda dari adanya penyebab keluhan secara tidak langsung.

Gejala keluhan keputihan bau dan gatal tentu dapat menyembabkan kondisi yang kurang nyaman atau bahkan hingga mengganggu aktifits keseharian Anda. Dan hal itulah yang mengharuskan Anda agar melakukan beberpa tes dan uji medis lengkap sebagai agar bisa mengetahui kondisi keluhan secara pasti dan diagnosis yang tepat.

Mencegah Dan Menyembuhkan Keputihan Bau Dan Gatal

Keluhan keputihan bau dan gatal dapat disembuhkan secara medis dengan tuntas, dan kondisi ini juga dapat Anda atasi dengan melakukan pengobatan atau perawatan. Apa yang akan dokter Anda lakukan untuk mengidentifikasi penyebab keluhan adalah dengan melakukan beberapa pemeriksaan medis seperti:

o Mengambil sampel keputihan

o Pemeriksaan pap smear

o Budidaya cairan serviks

o Biopsi vulva jika terdapat luka ataupun sejenisnya

o Pemeriksaan urin

o Skrining PMS (penyakit menular seksual)

Pemeriksaan tersebut akan dilakukan dan disarankan oleh dokter Anda menyesuaikan dengan kondisi dan juga kebutuhannya, sehingga setiap orang diharuskan untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. Selain mempermudah pemeriksaan, mendatangi dokter secara langsung juga akan membantu dokter Anda dalam mendapatkan informasi medis secara tepat dari pasiennya.

Apakah keluhan keputihan bau dan gatal dapat dicegah atau dihindari? Berikut adalah praktik kesehatan yang bisa Anda terapkan untuk mencegah keputihan bau dan gatal yang dapat muncul:

o Setelah menggunakan toilet, selalu bersihkan dari depan ke belakang

o Gunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat atau penggunaan celana ketat

o Ubah deterjen atau pelembut pakaian Anda jika itu dapat mengganggu area genital

o Konsultasikan penggunaan alat kontrasepsi yang sesuai untuk Anda gunakan

o Praktik kebersihan yang baik dan benar

o Hindari douching berlebihan

o Hindari mandi busa ataupun produk berbahan kimia lainnya

Dengan pengobatan medis dan praktik kebersihan yang baik maka keluhan keputihan bau dan gatal atau keluhan keputihan abnormal lainnya tentu dapat Anda hindari. Segera konsultasikan jika Anda menganggap keluhan keputihan bau dan gatal yang Anda alami sudah berlangsung lama dan menimbulkan gejala-gejala lainnya.

Konsultasikan dengan Klinik Utama Gracia, klinik khusus kesehatan area genital yang menangani segala keluhan Anda dan pasangan. Hubungi kami di nomor 081336361555 untuk konsultasi atau reservasi yang memudahkan Anda.

Baca Juga: Akibat Dari Keputihan Yang Dialami Wanita

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan