• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Mencegah Herpes Genital Pria Yang Berulang

Mencegah Herpes Genital Pria Yang Berulang
Nilai Rata-rata: 7.7 / 10 (3 orang penilai )



Herpes genital pria memiliki persamaan gejala dengan herpes genital yang terjadi pada seorang wanita, dan keluhan ini mungkin akan lebih umum dirasakan pada sebagian besar orang yang memiliki riwayat kontak seksual yang aktif. Beberapa kondisi mungkin akan lebih didominasi oleh kondisi yang lebih kompleks karena keluhan herpes genital yang disebabkan oleh infeksi virus.

Herpes simplex virus tipe 2 (HPV-2) menjadi jenis utama penyebab adanya keluhan herpes genital. Meskipun ada jenis herpes simplex virus tipe 1 yang juga bisa menyebabkan adanya perpindahan infeksi menjadi herpes genital, namun HSV-1 lebih umum menjadi penyebab keluhan herpes zoster atau herpes yang muncul selain diarea alat kelamin.

Cara Penularan Herpes Genital

Virus HSV akan menyebar, berpindah, atau menular melalui kontak kulit ke kulit maupun selaput lendir (hidung, mulut, tenggorokan, dan alat kelamin). seperti yang telah Anda ketahui bahwa infeksi herpes genital pria ini termasuk dalam infeksi menular seksual (IMS) yang cukup rentan bagi Anda yang memiliki daya tahan tubuh rendah serta praktik seksual yang cukup berisiko.

Seseorang juga bisa mendapatkan infeksinya melalui kontak tidak langsung yang dilakukan baik sengaja maupun tidak sengaja dilakukan, misalnya sentuhan tangan dari area infeksi menuju area lain seperti mata maupun melalui ciuman dari daerah yang lembab atau mukosa. Kondisi saat munculny agejala mungkin akan jauh lebih mudah untuk menular dari satu orang ke orang lainnya, namun tidak munculnya gejala juga masih bisa memungkinkan untuk terjadinya penularan.

Baca Juga: Akibat Infeksi Herpes Genital Pada Wanita

chat

Lakukan Ini Untuk Mencegah Herpes Genital Pria Berulang

Infeksi dari sebuah virus memang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya tetapi dapat diobati dengan baik, Anda akan membutuhkan sebuah perawatan atau pengobatan untuk mengatasinya. Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat atau menyarankan sebuah perawatan guna mempercepat hilangnya gejala, membuat sebuah gejala tidak terlalu menyakitkan, dan menurunkan bahaya atau gejala yang terjadi.

Selain pengobatan secara medis, Anda juga bisa mencegah keluhan herpes genital pria yang berulang dengan menerapkan beberapa praktik seperti berikut:

o Makan makanan sehat dan cukup gizi

o Istirahat yang teratur

o Berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh

o Hindari sesuatu yang dapat menimbulkan tekanan psikis atau stres

o Lakukan praktik kebersihan dengan baik

Setiap jenis dan metode perawatan memang tidak bisa membunuh virus dari dalam tubuh Anda namun Anda dapat mengurangi konsistensi perkembangannya tetap terkontrol dan dikendalikan agar tidak menimbulkan sebuah bahaya kesehatan serius bagi tubuh akibat infeksinya. Bahkan ketika sebuah gejala herpes genital pria tidak muncul, virus masih tetap berada didalam tubuh Anda dalam kondisi yang non-aktif.

Bagaimana Cara Mengatasi Keluhan Herpes Genital  Pria

Untuk bisa mengetahui kondisi Anda dengan diagnosis herpes genital, Anda tentu harus melakukan beberapa pemeriksaan medis guna mendapatkan informasi mengenai gejala yang dialami dan juga pemilihan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan kondisinya. Anda juga harus bisa melakukan beberapa modifikasi gaya hidup sebagai salah satu cara mengatasi keluhan herpes genital pria tersebut berulang atau kambuh kembali.

Hal ini mengingat kemungkinan adanya gejala yang berulang atau kambuh kembali pada keluhan herpes genital, bahkan jika Anda sudah melakukan pengobatan dan perawatan sebelumnya. Hal ini terjadi karena virus yang ada didalam tubuh Anda dapat berubah menjadi aktif kembali, kondisi ini sering dipengaruhi oleh sistem daya tahan tubuh atau sistem imun yang berperan sebagai kendali dari perkembangan virus tersebut.

Semakin baik sistem daya tahan tubuh Anda maka perkembangan dari virus tersebut juga bisa ditekan dan dikendalikan dengan baik oleh antibodi Anda. Dan begitu pula dengan sebaliknya, alasan inilah yang mendorong Anda agar lebih menjaga kondisi kesehatan dengan baik yang disertai dengan pengobatan medis sehingga kemungkinan adanya keluhan berulang dapat diminimalisir atau diatasi dengan baik.

Untuk tahu lebih banyak tentang keluhan herpes genital pria dan wanita, coba lakukan pemeriksaan atau konsultasi secara langsung dengan mendatangi Klinik Utama Gracia. Klinik kesehatan khusus organ reproduksi untuk pria dan wanita dengan pelayanan medis terbaik. Silahkan klik layanan chatdokter kami atau teledokter di nomor 081336361555 yang siap membantu Anda.

Baca Juga: Inilah Cara Penularan Herpes Yang Jarang Orang Ketahui

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan