• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Memperlancar Haid Dengan Makanan-Makanan Ini

Memperlancar Haid Dengan Makanan-Makanan Ini
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )

Haid biasanya akan terjadi sebulan sekali, dengan siklus haid yang normal berkisar 21 hingga 35 hari. Namun kebanyakan wanita sering mengalami masalah seperti haid yang tidak lancar. Permasalahan ini membuat para wanita membutuhkan cara untuk memperlancar haid. Penyebab dari kondisi ini bisa karena banyak hal, seperti stres, penyakit, kelelahan, berat badan, dan lainnya.

Memperlancar haid sendiri bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya adalah konsumsi makanan-makanan tertentu. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu wanita untuk mengatasi permasalahan haid yang dialaminya. Makanan apa saja yang dimaksud? Ini penjelasannya.

1. Makanan Asam

Makanan asam akan merangsang lapisan dinding rahim untuk meluruh, dan terjadilah haid. Ada banyak sekali makanan asam yang bisa Anda pilih, namun disarankan untuk mengonsumsi asam jawa yang kadar asamnya tidak berbahaya, dan lebih alami. Asam jawa juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

2. Cuka Sari Apel

Sama seperti asam jawa, cuka sari apel juga akan merangsang dinding rahim untuk meluruhkan sel telur, sehingga terjadi haid. Karena hal inilah, banyak yang mengatakan bahwa cuka sari apel bisa digunakan sebagai makanan untuk memperlancar haid.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti memperlancar metabolisme tubuh. Hal ini tentunya akan membuat haid juga berjalan dengan lancar. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan tinggi zat besi dan vitamin B ini bisa Anda konsumsi setiap hari untuk kesehatan tubuh.

chat

4. Nanas

Menjadikan nanas, terutama nanas muda, sebagai buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil bukanlah tanpa alasan. Hal ini dikarenakan nanas akan merangsang rahim agar sel telur meluruh, dan terjadilah haid. Namun jika hal ini terjadi pada ibu hamil, maka bisa saja terjadi keguguran.

5. Kacang-Kacangan

Melancarkan haid juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Bahan makanan ini memiliki kandungan omega 3 dan juga lemak yang akan membantu rahim untuk lebih peka, sehingga haid bisa terjadi lebih lancar.

6. Daging Merah

Zat besi dan lemak dalam daging merah dapat membantu wanita agar tidak mengalami anemia. Karena jika Anda mengalami anemia, maka akan selalu merasa lelah dan fungsi tubuh menjadi tidak maksimal. Hal ini akan membuat haid menjadi tidak lancar.

7. Jamu

Jamu memang sudah dipercaya sebagai cara melancarkan haid yang terbilang cukup ampuh. Jamu yang biasanya digunakan adalah campuran dari kunyit, ketumbar, pala, sringaning dan juga air. Bahan-bahan tersebut harus dimasak terlebih dahulu. Baru Anda bisa mencoba jamu tradisional tersebut.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu wanita memperlancar haid. Sebaiknya ketahui dulu penyebab haid tidak lancar yang Anda alami tersebut. Agar Anda tahu penanganan apa yang sesuai dengan permasalahan yang Anda alami. Namun untuk mengetahui penyebabnya, maka Anda disarankan untuk terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter. Dokter tentunya lebih mengerti tentang kondisi yang Anda alami, daripada Anda menebak-nebak apa penyebab kondisi tersebut.

Anda juga bisa berkonsultasi pada staff Klinik Utama Gracia melalui layanan chatting yang bisa Anda gunakan secara online.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan