• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Memandang Sunat dari Kebudayaan dan Memilih Dokter Sunat

Memandang Sunat dari Kebudayaan dan Memilih Dokter Sunat
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )

Melakukan sunat memang bukanlah sesuatu yang harus dilakukan secara sembarangan. Karena sunat sangat penting, apa lagi sunat dalam bahasa awam dapat dikatakan sebagai cara membersihkan organ kelamin laki-laki. Sehingga pemilihannya pun jangan sampai sembarangan guys, termasuk ketika anda ingin mencari dokter sunat untuk melakukan sunat atau khitan.

Di Indonesia, sunat sudah menjadi hal yang lazim. Bahkan ada tradisi ketika anak laki-laki di sunat pestanya besar-besaran seperti resepsi pernikahan, bahkan ada pesta anak yang di sunat lebih wah daripada sekedar pesta pernikahan. Anda yang akan melakukan sunat pun harus dapat memilih waktu yang tepat.

Sunat dan Kebudayaan

Meskipun ada beberapa keyakinan yang tidak menganjurkan mereka melakukan sunat. Bahkan di Indonesia, sunat hanya identic dilakukan oleh masyarakat kepercayaan tertentu dan sebagai kebudayaan yang sudah turun termurun dilakukan di Indonesia, termasuk di dunia.

Namun, kini sunat tidak hanya dipandang sebagai anjuran satu kepercayaan tertentu saja, banyak orang yang telah memandang sunat sangat baik dari segi medis. Dokter sunat pun bertebaran dimana-mana, dan juga metode sunat pun sangat beragam.

Sunat bahkan telah menjadi teknik pembedahan tertua yang pernah dilakukan di dunia. Perkiraan tersebut, sudah terlihat dari gua yang berada di Negara Mesir, gua tersebut menggambarkan pembedahan sunat yang telah dilakukan sekitar 1360 Sebelum Masehi (SM). Meskipun tidak diketahui secara pasti bagaimana sunat itu berlangsung dan untuk tujuan apa.

Dokter Sunat

Di Indonesia, pemilihan dokter untuk melakukan sunat baru dilakukan sekitar tahun 1990an. Meskipun hanya dilakukan oleh dokter-dokter yang tinggal di perkotaan, karena sebagian besar masyarakat pedesaan lebih memilih untuk melakukan sunat dengan sunat tradisional yakni dengan dukun. Dan sunat tradisional ini dilakukan tanpa pembiusan.

Sunat tradisional sendiri hingga sekarang masih digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia yang tinggal jauh dari sarana kesehatan yang memadai da nada pula masyarakat yang lebih percaya melakukan sunat dengan dukun sunat dibandingkan dengan dokter sunat. Masalah inilah yang sering dan umum terjadi di masyarakat, hingga saat ini pun.

Apakah Sunat Penting?

Mungkin anda yang telah dewasa menganggap bahwa sunat bukanlah sesuatu yang penting. Tetapi sunat sebenarnya jika dipandang dari segi medis adalah sesuatu yang cukup penting. Sunat sangat bermanfaat dalam menjaga kebersihan alat kelamin, menghindari untuk terkena resiko penyakit kelamin, dan sunat dapat mengurangi pasangan terkena kanker serviks. Serta fimosis yakni kulup penis tidak dapat kembali ke posisi awal.

Bahkan banyak orang dewasa yang ketika ia kecil atau memasuki masa pra remaja belum melakukan sunat, pada akhirnya ia melakukan sunat ketika dewasa. Meskipun pada sunat dewasa masa penyembuhannya akan lebih lama dibandingkan dengan sunat anak-anak. Pada anak-anak, sunat yang melakukan teknik pemotongan kulit kulup lebih elastis dibandingkan kulit kulup pada orang dewasa.

Teknik Sunat

Saat ini, teknik sunat sudah semakin maju. Selain menggunakan teknik tradisional terdapat beberapa jenis teknik yang cukup familiar di masyarakat Indonesia. Teknik tersebut yakni sunat klamp dan sunat laser. Keduanya memiliki manfaat yang hampir sama dalam proses pembedahan kulup penis.

Teknik Klamp

Dokter sunat di Indonesia saat ini sudah cukup banyak yang menggunakan teknik klamp. Teknik klamp ini lebih mudah dan sering dilakukan karena lebih cepat dalam masa penyembuhan, dan setelah pembedahan seorang yang melakukan sunat klamp bisa dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Teknik Laser

Selain klamp, terdapat sunat laser. Sunat laser pun menjadi pilihan banyak pria untuk melakukan sunat. Karena sunat laser terbilang sunat yang bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa proses yang cukup panjang dalam pembedahannya. Anda bisa memilih metode sunat apa yang cocok dengan anda.

Dalam memilih dokter sunat dan teknik sunat, sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai teknik yang cocok untuk anda lakukan. Jangan sampai anda memilih metode yang salah dan dapat mengakibatkan kondisi yang fatal bagi anda.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan