• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Media Penyebaran Dan Cara Mencegah Sipilis

Media Penyebaran Dan Cara Mencegah Sipilis
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Cara mencegah sipilis pada dasarnya tentu dengan tidak melakukan aktifitas seksual yang berisiko atau dengan tidak memiliki lebih dari satu pasangan seksual. Karena memang tindakan inilah yang satu-satunya cara yang tepat untuk menghindari adanya infeksi dari penyakit menular seksual (PMS). Akan tetapi saat ini Anda mungkin juga harus memiliki cara mencegah sipilis lainnya, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa Saja Media Penyebaran Infeksi Sipilis?

Sipilis akan mudah menular ketika sebuah luka atau gejala fisik yang trerlihat masih ada pada tubuh orang tersebut. Tetapi apa saja media yang bisa memungkinkan untuk menyebarnya bakteri penyebab infeksi sipilis? Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat memudahkan adanya transmisi bakteri sipilis pada tubuh Anda.

o Terlibat dalam hubungan seksual dengan seseorang yang memiliki luka atau lecet disekitar area genitalnya

o Berhubungan seksual dengan banyak orang atau memiliki lebih dari satu pasangan dalam berhubungan seksual, atau kontak seksual dengan pasangan yang positif sipilis

o Pria yang melakukan hubungan seksual dengan pria (homoseksual)

o Adanya kontak kulit ke kulit dengan area luka sipilis, baik sengaja maupun tidak sengaja

o Memiliki riwayat infeksi penyakit menular seksual (PMS) sebelumnya

o Hindari untuk berbagi dan menggunakan mainan seks secara bersama

o Menggunakan narkoba atau alkohol yang berlebihan

o Lingkungan dan gaya hidup yang buruk

o Tidak adanya perawatan prenatal bagi seorang wanita yang hamil

Secara tidak langsung media penyebaran dari infeksi penyakit sipilis tersebut juga bisa menjadi cara mencegah sipilis yang bisa Anda praktikan untuk mencegah adanya penularan dari penyakit tersebut dari orang lain. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau kecurigaan pada kondisi seperti diatas maupun merasa memiliki sebuah gejala jelas, maka Anda mungkin akan lebih dianjurkan untuk melakukan pengujian atau tes medis lebih lanjut dibawah pengawasan dokter.

Baca Juga: Ini Yang Dibutuhkan Untuk Penyembuhan Sipilis Pada Pria

chat

Tahapan Untuk Setiap Perkembangan Sipilis

Berbeda kondisinya jika memang mungkin Anda sudah terlanjur untuk mengembangkan infeksi bakteri tersebut didalam tubuh dimana cara mencegah sipilis sudah tidak lagi dapat berkerja secara maksimal. Ada 3 tahapan utama pada perkembangan bakteri penyebab penyakit sipilis saat menginfeksi tubuh Anda, dan dalam setiap tahapannya juga dapat menghasilkan gejala yang berbeda-beda. Berikut adalah tahapan atau fase sipilis secara umum yang pada tubuh Anda, yaitu:

o Sipilis primer (sipilis tahap I)

o Sipilis sekunder (sipilis tahap II)

o Sipilis tersier (sipilis tahap akhir atau terlambat)

Infeksi Sipilis Dan HIV atau AIDS

Seseorang yang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh yang ditekan mungkin akan jauh lebih rentan untuk mendapatkan infeksi sipilis. Misalnya saja jika Anda memiliki kondisi medis seperti diabetes atau hipertensi yang mengharuskan untuk konsumsi obat secara teratur, selain itu juga bagi Anda yang memiliki keluhan HIV atau AIDS.

Hal tersebut tentunya akan lebih berisiko bagi Anda untuk mudah mengembangkan adanya keluhan sipilis dikemudian hari. Begitu pula dengan sebaliknya dimana seseorang sudah mendapatkan infeksi sipilis juga akan lebih mudah untuk mengembangkan infeksi HIV. Karena luka sipilis (chancre) akan menjadi media utama virus tersebut masuk kedalam tubuh Anda.

Skrining Sebagai Cara Mencegah Sipilis

Anda mungkin akan tidak akan mengetahui kondisi keluhan secara jelas sebelumnya jika Anda juga tidak melakukan pemeriksaan pada keluhan yang Anda alami. Cara mencegah sipilis tentu tidak dapat memberikan kepastian jika Anda tidak akan mendapatkan infeksi menular seksual (IMS) tersebut. Namun beberapa orang yang menerapkan praktik seksual yang aman juga bisa menurunkan risiko dirinya untuk terinfeksi dari bakteri treponema pallidum.

Skrining saat ini memang menjadi salah satu cara mencegah sipilis dari penyebaran yang tanpa Anda ketahui. Hal ini lebih ditujukan bagi Anda yang mungkin memiliki riwayat kontak seksual tidak aman, atau pasangan yang akan menikah guna mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksinya masing-masing. Sebuah infeksi yang masuk kedalam tubuh Anda tentu tidak dapat diidentifikasi jika hanya melihat gejala fisiknya.

Pemeriksaan disertai pengujian medis akan lebih berperan dalam mendapatkan diagnosis pasti dari sebuah keluhan. Klinik Utama Gracia akan memberikan solusi dan penanganan terbaik bagi setiap keluhan organ reproduksi Anda dan pasangan. Konsultasikan sekarang untuk tahu kondisi Anda via telepon dinomor 081336361555 secara langsung dengan tenaga medis profesional kami.

Baca Juga: Terinfeksi Penyakit Sipilis? Inilah Tanda Awal Sipilis

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan