• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Macam Macam Penyakit Kelamin Yang Harus Diwaspadai

Macam Macam Penyakit Kelamin Yang Harus Diwaspadai
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (4 orang penilai )

Ada banyak macam macam penyakit kelamin yang termasuk dalam penyakit menular seksual. Penyakit ini dapat dengan mudah ditularkan melalui kontak seksual dengan penderita. Selain itu bisa juga karena terpapar darah, sperma, cairan dari vagina ataupun cairan yang berasal dari bagian tubuh yang lain. Penyakit ini juga bisa menyebar dari penderita yang merupakan wanita hamil pada bayi yang sedang dikandungnya.

Berikut ini adalah macam macam penyakit kelamin yang harus Anda waspadai.

1. Gonorrhea

Penyakit menular seksual yang memiliki nama lain kencing nanah ini terjadi karena adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Banyak penderita yang tidak mengalami gejala apapun sehingga sering terjadi penularan tanpa disadari. Namun gejala yang mungkin akan muncul seperti keluarnya cairan berwarna putih, kekuningan atau kehijauan pada ujung penis, keluar cairan dari vagina yang berwarna kekuningan atau kehijauan dan teksturnya encer, sakit ketika buang air kecil, radang di ujung penis, sakit pada buah zakar, sering buang air kecil, sakit pada perut bagian bawah, pendarahan ketika atau setelah melakukan hubungan seksual, dan juga terasa gatal pada area kelamin.

Untuk mendeteksi gonore pada pria akan dilakukan tes urine, sedangkan wanita dengan memeriksa cairan vagina. Jika memang ada infeksi gonore, maka akan diberikan antibiotik untuk menangani penyakit ini. Bila tidak diobati dengan tuntas, maka gonore bisa menyebabkan kemandulan.

2. Sipilis

Macam macam penyakit kelamin selanjutnya yaitu sipilis atau raja singa. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama Treponema pallidum. Gejala yang muncul pada penyakit ini tergantung pada tahapan yang dilaluinya. Namun gejala awal akan muncul luka di area yang terinfeksi bakteri. Luka tersebut tidak menyebabkan sakit dan akan terus bertahan hingga 1,5 bulan. Jika tidak ditangani dengan baik, maka akan berlanjut pada tahap dimana gejala akan mirip dengan flu, seperti demam, sakit kepala dan nyeri pada persendian.

chat

Jika tidak segera diobati dan sudah memasuki tahap lebih lanjut, maka sipilis akan menyebabkan kondisi yang lebih serius. Untuk mendiagnosis sipilis, dokter akan melakukan tes darah pada pasien, karena terkadang gejala yang terjadi sulit dikenali sebagai sipilis. Sama seperti gonorrhea, sipilis akan ditangani dengan pemberian antibiotik.

3. Herpes Genital

Virus herpes simpleks memiliki dua tipe, yang salah satunya adalah penyebab dari herpes genital. Gejala seperti munculnya luka lepuh kemerahan yang terasa sakit pada area genital biasanya akan muncul beberapa hari setelah tubuh terinfeksi virus herpes simpleks tipe 2 ini. Virus juga cenderung bersifat tersembunyi dengan tidak menimbulkan gejala. Namun bisa kembali menyebabkan luka saat virus aktif kembali.

Mendiagnosis herpes genital akan dilakukan dengan mengambil sampel cairan luka dan juga tes darah. Namun belum ada obat yang bisa menghilangkan virus penyebab herpes genital pada tubuh orang yang pernah terinfeksi. Pengobatan yang diberikan hanya sekedar untuk mengendalikan gejala, biasanya dengan menggunakan obat antivirus.

4. Kutil Kelamin

Human papillomavirus (HPV) adalah penyebab utama dari penyakit yang bernama lain kondiloma akuminata ini. Virus ini juga merupakan penyebab kanker serviks, namun hanya beda tipe dari penyebab kutil kelamin ini. Gejala yang akan muncul karena penyakit ini adalah tumbuhnya kutil pada area genital dan dubur yang berbentuk seperti jengger ayam atau kembang kol. Kutil ini cenderung menyebabkan gatal, walaupun tidak terasa sakit, dan bisa menyebabkan terjadinya pendarahan ketika bagian kutil bergesekan saat melakukan hubungan seksual.

Pemeriksaan fisik akan dilakukan untuk mendiagnosis penyakit ini. Tes khusus juga mungkin akan dilakukan jika kutil berada di bagian dalam tubuh. Penanganan yang umumnya dilakukan pada penyakit ini yaitu dengan prosedur pembekuan, terapi laser, dan juga operasi untuk mengangkat kutil yang ukurannya besar. Untuk mencegah virus ini menyerang tubuh, maka Anda bisa melakukan vaksin HPV, yang juga berguna untuk mencegah kanker serviks pada wanita.

Walaupun bukan jenis virus penyebab kanker serviks, namun pemeriksaan pap smear juga harus dilakukan pada wanita untuk mendeteksi dini kemungkinan terinfeksi virus penyebab kanker ganas tersebut.

Macam macam penyakit kelamin di atas harus selalu Anda waspadai gejalanya, agar segera mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Anda bisa juga berkonsultasi dengan staf medis Klinik Utama Gracia terkait penyakit kelamin yang Anda alami melalui layanan chatting konsultasi online.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan