• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Macam Macam Keputihan Pada Wanita

Macam Macam Keputihan Pada Wanita
Nilai Rata-rata: 8.0 / 10 (1 orang penilai )

macam macam keputihan

Keputihan adalah cairan yang keluar dari dalam vagina. Hal tersebut merupakan hal yang umum terjadi pada wanita. Namun perlu diketahui keputihan tersebut dapat dikatakan normal dan wajar apabila tidak berlebihan, tidak memiliki bau yang tidak sedap, serta tidak memiliki warna yang mencolok.

Pengobatan yang dilakukan dari gangguan kewanitaan ini sangatlah tergantung dari jenis keputihan yang diderita, apakah keputihan tersebut merupakan keputihan normal atau mungkin keputihan tidak normal.

Macam Macam Keputihan

Berikut ini macam macam keputihan yang terjadi pada wanita;

Keputihan berwarna bening

Keputihan berwarna bening merupakan keputihan yang normal dan tidak berbahaya. Umumnya, keputihan ini terjadi pada masa subur. Untuk membuktikannya ambilah lendir keputihan tersebut menggunakan jari. Jika berwarna bening dan elastis, berarti anda berada di masa subur. Apabila anda mengalami kondisi ini melakukan hubungan intim maka kemungkinan besar mengalami kehamilan. Sebab kondisi ini dapat membantu menarik sperma ke dalam rahim.

Keputihan berwarna putih

Umumnya keputihan berwarna putih ini terjadi saat sebelum atau sesudah menstruasi. Kondisi keputihan yang mengeluarkan cairan berwarna putih merupakan salah satu keputihan yang normal atau fisiologis. Namun, kamu perlu mewaspadai jika keputihan putih ini memiliki rasa gatal serta berbau tidak sedap.

Keputihan berwarna putih yang juga disertai rasa gatal dan berbau tidak sedap dapat menjadi tanda bahwa daerah kewanitaanmu mengalami infeksi jamur. Segeralah untuk berkonsultasi ke dokter jika keputihan berwarna putih terjadi disertai rasa gatal dan berbau tidak sedap.

chat

Keputihan berwarna kuning

Keputihan berwarna kuning merupakan keputihan yang tidak normal. Kondisi seperti ini tidak boleh dianggap ringan. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur klamidia trichomonas dan juga penyakit menular seksual. Jika keputihan ini terjadi, perlu diwaspadai untuk timbulnya gejala penyakit gonore.

Keputihan berwarna coklat

Umumnya keputihan berwarna coklat terjadi pada awal periode menstruasi, awal kehamilan, dan ketika memasuki masa monopause. Namun apabila keputihan berwarna coklat ini terjadi diluar periode tersebut, maka anda perlu waspada. Hal tersebut dikarenakan kanker serviks dan juga penyakit radang panggul dapat menjadi penyebab keputihan berwarna coklat. Terutama apabila keputihan berwarna coklat disertai dengan rasa nyeri pada pinggang dan memiliki bau yang tidak sedap.

Keputihan berwarna hijau

Keputihan berwarna hijau disebabkan oleh trichomonas vaginalis. Jika cairan keputihan memiliki volume dalam jumlah yang besar atau banyak dan disertai aroma yang tidak sedap pada organ kewanitaan, maka anda perlu waspada keputihan nini menjadi gejala infeksi organ reproduksi. Apabila keputihan semakin parah, anda akan mengalami rasa panas serta gatal pada sekitar area kewanitaan. Penyebabnya adalah Nisseria gonorrhea atau GO.

Demikian tadi pembahasan mengenai macam macam keputihan. Apapun warna keputihan yang anda alami, apabila memiliki tanda yang tidak wajar seperti memiliki bau yang tidak sedap, rasa panas atau nyeri, dan rasa gatal, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter kewanitaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika hal tersebut terjadi dan terus dibiarkan, makan dapat menyebabkan beberapa penyakit yang serius dikemudian hari.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan