• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Macam Macam Keputihan dan Cara Membedakan yang Normal dan Berbahaya

Macam Macam Keputihan dan Cara Membedakan yang Normal dan Berbahaya
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (2 orang penilai )



Tahukah Anda bahwa pada umumnya terdapat banyak macam macam keputihan ataupun jenis keputihan pada wanita dan masing-masing jenis keputihan memiliki ciri-ciri yang berbeda-beda, mulai dari perubahan warna, intensitas cairan keputihan serta gejala yang ditimbulkan bisa saja berbeda, lalu bagaimanakah cara membedakan keputihan yang normal dan tidak normal?

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bahwa meskipun timbulnya cairan keputihan yang berlebihan sering membuat wanita cemas akan tetapi faktanya cairan keputihan memiliki banyak manfaat bagi kaum wanita dan salah satu manfaatnya adalah untuk melindungi Miss V wanita dari bakteri-bakteri jahat penyebab infeksi.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa nyatanya terdapat banyak macam macam keputihan ataupun jenis keputihan, akan tetapi umumnya cairan keputihan terbagi menjadi dua jenis, jenis keputihan yang pertama adalah keputihan normal dan jenis keputihan yang kedua adalah jenis keputihan berbahaya ataupun keputihan tidak normal.
 

Seperti Perbedaan Keutuhan dan Cara Membedakan Normal dan Berbahaya


Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa pada umumnya keputihan terbagi menjadi dua jenis yaitu keputihan normal dan tidak normal, dan jika Anda mengalami keputihan normal maka Anda tak perlu cemas ataupun khawatir.

Namun jika Anda merasa memiliki salah satu ciri keputihan tidak normal maka ada baiknya segera hubungi dokter ginekologi karena biasanya jenis keputihan tidak normal akan menandakan adanya infeksi pada Miss V dan berikut di bawah ini adalah macam macam keputihan dan cara mudah untuk membedakannya:

1. Ciri-Ciri Keputihan Normal
Macam macam keputihan pertama adalah jenis keputihan normal dan keputihan ini merupakan hal yang wajar ataupun normal terjadi pada wanita dan wanita biasanya akan mengeluarkan cairan keputihan normal dan intensitas nya banyak karena beberapa kondisi seperti: sedang terangsang secara seksual, sedang ovulasi, di saat menyusui bayi dll, lalu seperti apakah ciri-ciri keputihan normal?

- Cairan keputihan tidak berbau, berwarna jernih seperti susu,

- Cairan keputihan tidak menimbulkan rasa gatal dan tidak berubah warna dan tidak berbau amis maupun bau lainnya

- Cairan keputihan teksturnya seperti lendir, kental, lengket, cair dan basah yang berfungsi untuk membuat Miss V agar tetap lembab, bersih dan mencegah adanya infeksi dari bakteri tertentu.

Jika Anda seorang wanita dan memiliki ciri-ciri keputihan tidak normal seperti di atas maka Anda tak perlu khawatir karena merupakan hal yang normal terjadi, selain itu biasanya intensitas (jumlah) cairan keputihan yang dialami setiap wanita juga berbeda-beda dan tergantung dengan masing-masing kondisi tubuh.

Baca Juga: Efek Keputihan Tidak Normal yang Tidak Segera Diobati

2. Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal
Macam macam keputihan yang kedua adalah jenis keputihan tidak normal (abnormal) dan umumnya jenis keputihan ini merupakan suatu kondisi yang memerlukan kondisi medis untuk menyembuhkannya karena umumnya disebabkan oleh adanya infeksi maupun bakteri tertentu dan berikut di bawah ini adalah ciri-ciri keputihan tidak normal.

- Keputihan Tidak Normal Akan Berwarna Kuning
Macam macam keputihan tidak normal yang pertama adalah cairan keputihan yang sudah berubah warna menjadi kuning dan jika Anda merasa memilikinya maka menandakan bahwa terdapat organisme kuman yang tumbuh dan bersarang pada Miss V dan biasanya kuman-kuman tersebut masuk melalui hubungan seksual dengan seseorang yang sudah terinfeksi penyakit menular seksual.

Salah satunya adalah penyakit gonore dan biasanya cairan keputihan akan berwarna kuning yang akan ditandai dengan perdarahan antar periode, inkontinensia air urin, sampai nyeri pada bagian panggul.

Baca Juga: Ternyata Inilah Penyebabnya Keputihan Terasa Gatal Pada Miss V

- Keputihan Tidak Normal Akan Berwarna Coklat
Ciri-ciri keputihan tidak normal selanjutnya adalah keputihan yang berubah warna menjadi coklat yang biasanya timbul saat: periode menstruasi, di saat kehamilan di awal, atau pada masa menopause dan perlu Anda waspadai bahwa jenis keputihan ini bisa menandakan adanya penyakit pada Miss V

Karena pada umumnya keputihan berwarna coklat adalah salah satu tanda bahwa hal tersebut adalah jenis keputihan tidak normal dan biasanya akan dibarengi dengan ciri-ciri seperti: terasa nyeri pinggang, cairan keputihan mengeluarkan bau tidak sedap dan perlu Anda catat bahwa keputihan jenis ini bisa menandakan awal penyakit kanker serviks atau penyakit radang panggul (PID)

- Keputihan Tidak Normal Akan Berwarna Hijau
Ciri-ciri keputihan tidak normal selanjutnya adalah keputihan yang berubah warna menjadi warna hijau dan biasanya dibarengi dengan bau busuk serta terasa nyeri pada Miss V. Selain itu perlu Anda waspadai bahwa hal tersebut bisa saja menjadi tanda bahwa terdapat infeksi pada organ reproduksi wanita.

Perlu Anda ketahui bahwa cairan keputihan berwarna hijau ini bisa disebabkan oleh adanya salah satu infeksi menular seksual (IMS) seperti trichomoniasis yang ditularkan akibat berhubungan seks.

Trichomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya parasit Trikomonas Vaginalisis (TV) dan infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria, dan paling sering terjadi pada wanita yang lebih tua dibandingkan dengan wanita yang lebih muda.

- Keputihan Tidak Normal Akan Berwarna Abu-abu
Macam macam keputihan tidak normal yang terakhir adalah cairan keputihan yang berubah warna menjadi abu-abu dan biasanya disertai dengan rasa gatal-gatal pada Miss V, menimbulkan bau tidak sedap, dan pada area Miss V akan membengkak serta menimbulkan kemerahan pada mulut Miss V.

Jika Anda merasa memiliki keputihan abu-abu yang dibarengi dengan ciri-ciri di atas maka sudah saat nya Anda memerlukan bantuan medis, karena mungkin saja cairan keputihan abu-abu disebabkan oleh adanya bakteri berbahaya atau bahkan disebabkan oleh adanya kanker.

Saya Mengalami Macam Macam Keputihan Tidak Normal, Bagaimanakah Cara Menyembuhkannya?

Jika Anda seorang wanita dan merasa memiliki salah satu ciri-ciri keputihan tidak normal seperti di atas maka ada baiknya segeralah konsultasikan kepada Kami di Klinik Utama Gracia karena Klinik Kami merupakan salah satu Klinik terbaik di bidang ginekologi, andrologi dan penyakit kelamin yang tentunya dapat membantu Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Selain itu perlu Anda ketahui bahwa biasanya untuk menyembuhkan keputihan tidak normal tergantung pada apa yang menyebabkan masalah keputihan tidak normal tersebut, akan tetapi biasanya dokter akan memeriksakan cairan keputihan wanita terlebih dahulu sebelum nantinya akan dilakukan diagnosis untuk penyembuhannya.

Dan masing-masing pengobatan keputihan tidak normal juga umumnya tergantung pada apa penyebabnya, dan sangat disarankan bagi wanita yang mengalami keputihan tidak normal untuk tidak menggunakan obat-obatan untuk mengobatinya karena di khawatirkan bisa memperburuk keputihan tidak normal.

Sehingga salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan melakukan pengobatan langsung dan Anda dapat melakukan konsultasi maupun pengobatan keputihan tidak normal di Klinik Utama Gracia dan Anda juga dapat memanfaatkan layanan konsultasi online Kami di atas ini untuk mempermudah Anda menghubungi Kami atau Anda bisa menghubungi nomor telepon 081336361555 untuk konsultasi via telepon dengan staff medis kami.
 

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan