• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Macam-Macam Gejala Awal Penyakit Kelamin

Macam-Macam Gejala Awal Penyakit Kelamin
Nilai Rata-rata: 8.8 / 10 (5 orang penilai )



Gejala awal penyakit kelamin secara umum memiliki banyak jenis yang mungkin secara tidak sadar Anda juga sudah mengalami atau mengetahuinya. Saat ini semakin banyak bakteri, virus, dan mikroorganisme yang berkembang dan meningkatkan risiko gejalanya saat terjadinya sebuah infeksi dari penyakit menular seksual (PMS).

Penyakit-Penyakit Kelamin Yang Menular

Dalam perkembangannya saat ini penyakit kelamin memiliki lebih banyak peranan dalam menginfeksi, ketika seseorang mendapatkan keluhannya dengan sering berganti pasangan seksual atau seringnya melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan bersih. Sebagian besar orang baik pria maupun wanita tentu akan berisiko untuk mendapatkan keluhan dan gejala awal penyakit kelamin.

Pria dan wanita dengan riwayat seksual yang aktif akan berkesempatan untuk mendapatkan, ataupun menularkan infeksinya dari satu orang ke orang lain melalui kontak kulit ke kulit yang dilakukan secara langsung. Adanya kemungkinan penyebaran juga bisa terjadi ketika Anda mendapatkan kontak tidak langsung dengan media ataupun orang yang terinfeksi penyakit kelamin.

Jenis Dan Gejala Awal Penyakit Kelamin

Setiap orang tentu akan memiliki kondisi yang berbeda-beda ketika gejala awal penyakit kelamin menginfeksi atau mulai masuk kedalam tubuhnya. Apa saja penyakti kelamin yang Anda ketahui dan bagaimana gejala awal penyakit kelamin tersebut muncul? Berikut adalah beberapa jenis dan gejala yang umum dari penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) yaitu :

Baca Juga : Kenali Ciri-Ciri Penyakit Kelamin Yang Umum Terjadi

chat

• Gonore Atau Kencing Nanah

Sesuai namanya, gonore atau kencing nanah muncul gejala awal dengan rasa sakit saat buang air kecil (BAK) dan disertai dengan adanya pengeluaran cairan atau sekresi berwarna kuning kehijauan seperti nanah pada area organ genitalnya. Pada wanita gejalanya akan lebih menimbulkan keputihan abnormal dan juga adanya rasa sakit atau nyeri perut bagian bawah.

• Sipilis Atau Raja Singa

Infeksi bakteri yang bisa muncul menjadi beberapa tahap dalam satu kali infeksi, sipilis atau raja singa ini juga sering disalah artikan menjadi kondisi gonore bagi sebagaian besar masyarakat. Tetapi keduanya adalah kondisi penyakit yang berbeda dan sipilis memiliki gejala yang lebih disebebakan oleh adanya luka (chancre) sebagai tanda munculnya keluhan.

• Kutil Kelamin

Disebabkan oleh virus human papilloma virus (HPV) menjadikan infeksi ini masih berkemungkinan untuk berulang atau muncul kembali bahkan setelah perawatannya dilakukan. Seperti kutil pada umumnya gejala yang muncul adalah adanya pertumbuhan daging pada area sekitar organ genital Anda ataupun sekitarnya.

• Herpes Genital

Sama seperti kutil kelamin, herpes genital juga disebabkan oleh infeksi virus dan akan sangat bergantung pada sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa orang akan merasakan gejala panas terbakar saat gelembung berisi cairan mulai pecah dan menimbulkan luka terbuka pada area genital Anda. Dalam beberapa hari kondisi ini mungkin akan segera hilang, namun hal ini bukan berarti Anda bisa dikatakan sembuh.

• Kutu Kelamin

Kutu kelamin, eksim, dan kudis merupakan beberapa kondisi  yang termasuk dalam penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit. Gejala awal penyakit kelamin ini mungkin akan lebih ditimbulkan pada rasa gatal dan kemerahan yang ditimbulkan oleh organisme tersebut. Kondisi ini akan sangat mudah menular dan ditularkan karena area yang lembab dan juga adanya kontak secara langsung dengan orang yang memiliki infeksi tersebut.

Selain itu masih ada beberapa jenis penyakit kelamin yang mungkin Anda belum ketahui sebelumnya seperti :

• Kankroid
• Klamidia
• Moluskum
• Trikomoniasis
• Hepatitis B
• HIV dan AIDS

Saat ini banyak jenis penyakit kelamin yang muncul dan menyebabkan adanya gejala-gejala awal yang mungkin tanpa Anda ketahui dan disadari itu merupakan kondisi dari adanya infeksi menular seksual. Seseorang yang memiliki keluhan pada area organ reproduksinya tentu akan lebih disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang lebih intensif serta memerlukan beberapa metode yang berbeda dalam penanganannya.

Periksakan Gejala Awal Penyakit Kelamin Anda

Melakukan pemeriksaan dengan mendatangi dokter atau klinik kesehatan seksual atau genital adalah langkah awal yang bisa Anda lakukan, supaya gejala awal penyakit kelamin bisa segera diatasi. Karena keluhan yang Anda rasakan tidak selamanya bisa ditangani dengan baik disetiap pelayanan kesehatan, sehingga dibutuhkan pelayanan kesehatan yang khusus untuk mengatasi keluhan Anda tersebut.

Pemeriksaan tidak harus menunggu Anda untuk mengembangkan gejala keluhan penyakit yang muncul secara fisik, jika Anda memiliki riwayat seksual yang aktif atau memiliki pasangan dengan infeksi menular seksual. Hal ini didukung dengan banyaknya penyakit kelamin yang tidak memiliki gejala awal yang signifikan bisa dirasakan.

Skrining kesehatan organ reproduksi Anda bagi pria maupun wanita yang aktif secara seksual tentu akan sangat membantu Anda untuk bisa mengetahui kondisi kesehatan serta mendapatkan pengobatan yang tepat waktu. Klinik khusus kesehatan seksual akan mengobati masalah dengan alat reproduksi, sistem saluran kemih, dan juga sekitarnya sehingga akan memudahkan perawatan yang Anda butuhkan.

Klinik Utama Gracia memberikan pelayanan medis terbaik untuk setiapa keluhan pada organ reproduksi pria (andrologi), organ reproduksi wanita (ginekologi), dan juga tentunya penyakit-penyakit kelamin menular lainnya. Untuk memudahkan konsultasi Anda segera hubungi 081336361555 dengan dokter-dokter profesional kami atau bisa menggunakan layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Jenis-Jenis Penyakit Kelamin Wanita Dan Pria

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan