• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Anda yang membaca artikel ini sebagai pria mungkin tidak asing lagi dengan sebutan Kulup atau yang biasa kita kenal kulit pada kemaluan pria (penis).

Kulit yang menutupi penis pada klamin wanita ini juga dikenal sebagai preputium, yang merupakan kulit luar yang berfungsi sebagai penutup untuk penis pria. Berlawanan dengan kepercayaan orang awam, kulup tidaklah berlebihan dan benar-benar mempunyai sejumlah fungsi yang sangat penting. Berikut struktur kulup :

Frenulum , pita tipis jaringan ikat di bagian bawah kepala penis .
•  Sebuah lapisan dalam jaringan mukokutan .
•  Sebuah pita frenar yang bergabung dengan lapisan dalam dan luar kulup, pita ini mengencang saat penis lembek untuk mempersempit pembukaan kulup saat menutupipenis dan melebar untuk memungkinkan penarikan dari sarungnya selama ereksi.
•  Lapisan terluar dari kulit yang memanjang dari kulit yang menutupi batang penis.

 

"Kulup Yang Panjang Mempengaruhi Hubungan Seks Manusia". Benarkah ?


Kulup atau yang biasa Anda kenal dengan sebutan Kulit Penis. Pada dasarnya kulup yang panjang adalah kulup yang menutupi kepala penis pria, jika kepala
tidak berukuran kecil, kulup dapat menunjukan kepalanya. Bagi laki-laki yang memepunyai kulup yang panjang, cenderung untuk memainkan kulup , dan pada saat
yang bersamaan hal ini menjadikan rentan terhadap masturbasi. Lalu, apakah kulup yang panjang ini bisa mempengaruhi hubungan seks para kaum pria?

Ya...Tentu saja kulup yang panjang mempengaruhi hubungan intim atau seks, bukan hanya para kaum pria. Namun, hal ini dirasa dapat mempengaruhi kenikmatan
seksual pada kedua belah pihak. untuk Anda kaum pria yang mempunyai kulup yang panjang, kemungkinan akan merasakan gejala-gejala sakit pada saat melakukan
hubungan intim, terlebih sakit nyeri dan linu pada saat hubungan intim berlangsung.

 

Jika Anda telusuri lebih dalam, Kulup ini ternyata memiliki beberpa fungsi untuk kelamin pria. Berikut ini kami berikin sedikit ulasan kulup dan fungsi kulup yang harus Anda ketahui:

Kulit yang menutupi penis manusia adalah kulup yang terdiri dari pembuluh darah, saraf, kulit, dan selaput lendir untuk melindungi saluran kencing pria.Kulit penutup kepala penis yang disebut juga preputium ini bersifat cukup elastis dan berfungsi sebagai pelumas alami. Kulup melekat pada kepala penis bayi saat lahir umumnya belum dapat ditarik. Preputium yang tidak bisa ditarik bukan merupakan suatu hal yang serius kecuali jika ada masalah lain yang menyertainya.

Manfaat kulup yaitu untuk menjaga kelembaban kepala penis, melindungi penis yang masih berkembang saat janin masih berada didalam rahim, meningkatkan kenikmatan seksual pria dewasa karena adanya reseptor saraf pada preputium.

Fungsi-fungsi kulup:

    1.   Pengembangan jaringan mukosa yang menutupi ujung penis dan lapisan dalam kulup.
    2.   Untuk melindungi penis bayi dari efek merusak dari amonia dan kotoran .
    3.   Untuk berperan sebagai pelindung terhadap gesekan dan lecet .
    4.   Untuk menjaga kelenjar agar tidak mengering melalui produksi emolien alami.
    5.   Sebagai pelumas alami dan menghasilkan pelindung seperti lilin untuk glans
    6.   Untuk memfasilitasi masturbasi.
    7.   Untuk membantu foreplay dan penetrasi.
    8.   Untuk menstimulasi G-spot pasangan seksual.
    9.   Untuk memberikan perasaan kenikmatan seksual melalui sejumlah besar reseptor erotis.
 

Jenis-jenis Infeksi Pada Kulup Dan Tips Menjaga Bagian Kulup Agar Selalu Bersih

Pada Kulup yang panjang tentu bisa menimbulkan beberpa penyakit dan infeksi jika tidak di jaga dengan baik kebersihannya.

Di bawah ini sedikit penelasan mengenai infeksi pada kulup.

Jenis-Jenis Infeksi Kulup

•   Aposthia adalah suatu kondisi langka di mana kulup tidak ada saat lahir atau dengan kata lain bayi sudah disunat sejak masih dalam lahir.
•    Posthitis adalah peradangan kulup atau preputium dari penis laki-laki.
•  Paraphimosis adalah kulup ketat yang terperangkap di belakang kepala penis dan membengkak sehingga berbentuk seperti cincin.
•   Phimosis adalah kulup ketat pada bagian ujung penis tidak bisa ditarik melewati kepala penis Anda.
•   Liken lerosus adalah penyakit bercak putih pada kulit yang dapat menyebabkan jaringan parut di kulit kelamin dan daerah sekitarnya.
•   Frenulum adalah suatu jaringan elastis yang menghubungkan kulup dengan kepala penis.


Tips Menjaga Penis laki-laki agar Selalu Sehat. 

Jika Anda mengalami sesuatau yang kurang baik pada kulup Anda, langkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis serta penanganan
yang tepat.

Tindakan pencegahan yang baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan penis bisa nada lihat di bawah ini.

1.   Hindari membubuhkan bedak atau deodoran pada penis, terutama balita. Serbuk bedak dapat tinggal di balik kulit kulup dan menyebabkan iritasi.
2.   Konsumsi banyak air minum tiap hari.
3.   Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan terbuat dari serat alami.
4.   Ganti celana dalam setidaknya 24 jam sekali.
5.  Tidak masalah untuk berhubungan seksual tanpa pengaman dengan pasangan Anda, tapi gunakan kondom jika Anda berhubungan dengan orang-orang yang                berbeda.
6.  Sehari sekali, cuci penis dengan air hangat dan sabun berbahan ringan tanpa aroma, terutama pada area kulup pria yang tidak atau belum disunat. Cuci juga bagian dasar penis, testikel, dan anus. Tetapi hindari terlalu sering mencuci penis karena justru dapat menyebabkan nyeri.
7.   Selalu keringkan penis setelah mandi atau buang air kecil. Organ kelamin pria yang lembap lebih berisiko mendatangkan infeksi.
8.  Ganti popok bayi dan balita sesering mungkin.
9.   Hindari terlalu lama mengenakan pakaian yang basah. Segera ganti pakaian begitu selesai berolahraga.

Jagalah dengan baik bagian kulup, dan utamakan selalu kebersihan di bagian ini jika Anda kaum pria ingin tetap mempunyai kulup di kelamin Anda. Dan jika Anda merasakan ada sesuatu yang kurang baik di bagian kulup ini, segerakan periksa ke dokter dan konsultasikan penyakit Anda.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan