• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Khitan Dewasa: Solusi Terhindar Dari Penyakit

Khitan Dewasa: Solusi Terhindar Dari Penyakit
Nilai Rata-rata: 10.0 / 10 (5 orang penilai )

Taukah Anda bahwa pria yang tidak melakukan sunat dapat menyebabkan pasangannya mengalami kanker serviks yang merupakan pembunuh wanita nomor satu di dunia? Bukan hanya itu saja, karena kesehatan area genital pria juga akan terganggu bila tidak melakukan sunat. Sudah banyaknya kesadaran akan hal tersebut, membuat banyaknya pria yang belum sunat memilih untuk melakukan khitan dewasa atau sunat dewasa.

Khitan dewasa adalah prosedur menghilangkan kulit kepala penis atau kulup yang dilakukan pada pria dewasa. Hal ini dilakukan pada pria yang belum pernah khitan atau sunat ketika masih anak-anak, dengan beragam alasan. Sebenarnya saat ini, sunat bukan lagi dilakukan hanya karena ajaran agama saja, namun sudah banyak juga para orang tua ataupun pria dewasa yang melakukan sunat dengan alasan kesehatan. Karena bagi pria yang sudah khitan, akan mendapatkan banyak manfaat sunat terkait kesehatan diri sendiri dan juga pasangan.

Melakukan Khitan Dewasa

Sebelum melakukan sunat atau khitan, pria dewasa harus terlebih dulu memeriksakan diri ataupun berkonsultasi pada dokter. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan Anda mengapa prosedur tersebut harus Anda jalani. Anda pun menjadi paham mengenai apa saja yang harus Anda lakukan bila akan menjalani prosedur ini. Konsultasikan juga metode sunat mana yang tepat dilakukan untuk pria dewasa. Namun umumnya, dokter akan menyarankan untuk melakukan sunat laser.

chat

Dokter kemungkinan akan menyarankan Anda melakukan berbagai pemeriksaan bila diperlukan guna meminimalisir kemungkinan resiko atau komplikasi yang terjadi.
Sebelum prosedur sunat dilakukan, Anda akan diberikan anestesi lokal. Lalu dokter akan menggunakan lempengan besi yang sudah dialiri listrik hingga panas untuk memotong dan membuang bagian kulup. Setelah itu, luka akan dijahit.

Tips Setelah Khitan Dewasa

Bila setelah khitan Anda diberikan obat, maka konsumsi obat sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh dokter. Umumnya obat ini adalah jenis obat penghilang nyeri atau rasa sakit dan juga antibiotik. Setelah sunat, Anda harus selalu menjaga kebersihan luka, dan juga menghindari luka terkena basah yang bisa saja membuat iritasi terjadi. Bila belum diizinkan untuk luka terkena air, maka jangan dulu mandi atau bahkan berendam, sampai dokter memperbolehkan hal tersebut. Pemulihan yang dibutuhkan pria dewasa mungkin akan sedikit lebih lama dibandingkan anak-anak. Perhatikan pula pakaian yang Anda gunakan, seperti jangan menggunakan celana yang terlalu ketat.

Bagi pria dewasa, mungkin akan mengalami kesulitan, ketika penis mengalami ereksi karena hal-hal tertentu. Hal ini harus bisa Anda hindari dengan menjauhi segala hal yang dapat merangsang Anda untuk ereksi. Bagi Anda yang sudah menikah, sebaiknya jangan melakukan hubungan seksual sampai masa pemulihan selesai, atau sekitar 1 bulan. Kedua hal ini penting diperhatikan, agar jahitan tidak lepas yang malah akan membuat pemulihan semakin lebih lama.

Bila Anda mengalami demam, nyeri saat buang air kecil, menggigil ataupun urine bercampur dengan darah, ada baiknya segera hubungi dokter. Walaupun hal tersebut jarang terjadi, namun kewaspadaan tetap harus dilakukan. Tapi tak perlu khawatir, karena khitan yang dilakukan pada pria dewasa ini termasuk prosedur yang aman.
Konsultasikan beberapa hal mengenai sunat pada staf Klinik Utama Gracia dengan melalui layanan konsultasi online.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan