• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ketika Selaput Dara Robek, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika Selaput Dara Robek, Apa yang Harus Dilakukan?
Nilai Rata-rata: 8.7 / 10 (3 orang penilai )

Masih banyaknya kepercayaan dan budaya masyarakat yang meyakini bahwa selaput dara robek hanya disebabkan oleh penetrasi penis ke dalam vagina atau berhubungan seks. Selaput dara memiliki arti yang cukup ‘fanatik’ bagi sebagian orang yang meyakini selaput dara setiap wanita akan selalu utuh hingga ia melakukan hubungan seks pertama kali.

Padahal jika kita melihat lebih jauh, dan mencari berbagai informasi mengenai selaput dara maka anda akan dikejutkan dengan pernyataan bahwa ‘robeknya selaput dara’ tidak melulu dikarenakan akibat hubungan seks yang pernah dilakukan oleh si wanita tersebut.

Mungkin, tanpa si wanita itu sadari, selaput daranya pun telah sobek. Karena umumnya wanita mudah tidak menyadari kapan selaput dara yang mereka miliki robek. Mungkin mereka pun tidak paham, bahwa robeknya selaput dara bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tidak hanya karena hubungan intim.

Memandang Selaput Dara dari Kebudayaan Sosial

Beberapa kalangan masyarakat di dunia, mereka memiliki kepercayaan bahwa selaput dara merupakan symbol keperawanan terhadap seorang wanita. Karena selaput dara selalu dikaitkan dengan virginitas atau keperawanan. Jika selaput dara robek maka dapat dikatakan si wanita sudah tidak lagi perawan.

Kondisi tersebut pernah ‘booming’ di Indonesia, ketika seorang pejabat Negara yang menikahi seorang gadis, setelah menikah beberapa hari kemudian sang gadis diceraikan. Alasannya bahwa saat malam pertama si gadis tidak mengeluarkan darah dari vaginanya ketika berhubungan seks.

Pemikiran seperti itu, tentunya harus segera dirubah. Karena tanda seorang gadis masih perawan atau tidak, tidak bisa hanya dilihat dari keutuhan selaput daranya saja. Untuk itu, hal inilah yang harus menjadi pembelajaran bagi masyarakat luas, termasuk masyarakat di Indonesia yang umumnya masih memegang keyakinan terhadap permasalahan tersebut.

chat

Sebenarnya Apa Selaput Dara?

Selaput dara adalah membrane kulit yang mengelilingi lubang vagina. Semua wanita memiliki selaput dara. Selaput dara ini adalah yang menutupi secara keseluruhan, ada pula yang hanya menutupi sebagian lubang vagina. Umumnya selaput dara tidak menutupi lubang vagina secara keseluruhan dan memiliki bentuk seperti sabit.

Setiap wanita pun memiliki bentuk dan jenis yang berbeda-beda. Bahkan meskipun anda memiliki saudara kandung perempuan, maka selaput daranya pun belum tentu memiliki bentuk yang sama. Dan ketebalan serta elastisitasnya pun belum tentu sama satu wanita dengan wanita lainnya.

Ketika Selaput Dara Robek Apa yang Harus Dilakukan?

Selaput dara tidak hanya robek karena melakukan hubungan intim dengan melakukan penetrasi penis kedalam vagina. Sehingga banyak wanita yang tidak pernah menyadari, apakah selaput dara yang mereka miliki sudah robek atau belum.

Jika anda menyadari bahwa selaput dara milik anda sudah robek karena aktivitas yang anda lakukan, maka anda tidak perlu panik akan kondisi tersebut. Jika anda mengetahuinya, dan melihat adanya pendarahan pada vagina di luar siklus menstruasi, maka sebaiknya anda kompres vagina dengan es. Dan hindari menggunakan tampon.

Penyebab Selaput Dara Robek Selain Hubungan Seks

Hal yang kini harus anda ketahui adalah apa yang menjadi penyebab selaput dara robek. Karena robeknya mungkin tidak anda sadari, bahkan anda pun tidak pernah mengetahui kalau selaput dara yang anda miliki sudah robek.

• Sepeda
• Berkuda
• Melakukan kegiatan atletik
• Bermain jungkat jungkit
• Masturbasi dengan memasukan jari ke dalam vagina
• Operasi pada vagina
• Kecelakaan

Hal-hal tersebutlah yang menjadi penyebab robeknya selaput dara yang anda miliki. Jika anda menyadari selaput dara anda robek, dan anda ingin berkonsultasi dengan dokter mengenai selaput dara anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan