• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis 081336361555

Ketahui Secara Jelas Gejala Herpes Kelamin Anda

Ketahui Secara Jelas Gejala Herpes Kelamin Anda
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (2 orang penilai )



Gejala herpes kelamin memang tidak memiliki banyak perbedaan ketika gejala herpes tersebut berlangsung pada area bagian tubuh lainnya. Dan kebanyakan orang mungkin juga akan merasakan gejala yang terasa ringan hingga berat pada awal infeksinya. Herpes kelamin menjadi bagian dari penyakit menular seksual (PMS) yang berbahaya dan cukup banyak berkembang saat ini.

Hal ini disebabkan oleh adanya herpes simpleks virus tipe 2 (HSV-2) yang memang menjadi penyebab utama dari adanya penyakit herpes kelamin atau herpes genital. Meskipun virus herpes sendiri memiliki 2 jenis, nanum HSV-1 cenderung lebih menimbulkan kondisi yang mengarah pada herpes tubuh atau herpes zoster. Meskipun dalam perkembanganya HSV-1 juga bisa menyembabkan keluhan herpes kelamin.

Tanda Dan Gejala Herpes Kelamin Anda

o Muncul benjolan atau gelembung yang berisi cairan

o Buang air kecil (BAK) yang menyakitkan jika keluhan muncul pada area sekitar utretra

o Gejala tambahan seperti orang flu, demam, menggigil, sakit kepala dan lainnya

o Sensasi terbakar bahkan terasa sakit atau nyeri pada area infeksinya

o Biasanya muncul secara bergerombol atau lebih dari satu gelembung

o Dalam beberapa hari atau gelembung akan mudah pecah dan menimbulkan rasa gatal

o Setelah pecah biasanya mengering dan akhirnya keropeng seperti pada umumnya luka

o Luka yang dihasilkan juga bisa menghilang baik dengan atau tanpa pengobatan

Untuk gejala awal dari infeksi herpes kelamin ini mungkin bisa menghasilkan gejala ringan atau bahkan gejala yang lebih parah, namun biasanya setiap orang kaan memiliki baerbagai macam kondisinya masing-masing yang mana berperan pada perkembangan sebuah infeksi dan juga gejalanya. Banyak orang yang secara tidak sadar mungkin akan lebih menganggap bahwa gejala keluhan herpes yang dialaminya adalah kondisi yang disebabkan oleh kondisi lain, misalnya:

o Gigitan serangga

o Luka atau lecet

o Infeksi jamur

o Kondisi eksim atau masalah kulit

Baca Juga: Mengenal Virus Herpes Kelamin Yang Menular

chat

Area-Area Timbulnya Gejala Herpes Pada Pria Dan Wanita

Lebih banyak orang yang mengalami gejala herpes kelamin biasanya berkembang pada area-area seperti:

o Vagina

o Vulva vagina

o Serviks

o Penis

o Skrotum atau testis

o Bokong atau anus

o Monspubis

o Selangkangan

Gejala herpes kelamin juga mudah untuk berulang atau menimbulkan gejala ulang bahkan dalan jangka waktu yang cukup lama setelah infeksi atau gejala awal berlangsung. Gejala ulang ini terjadi karena reaktifasi virus yang ada didalam tubuh Anda. Biasanya tanda dan gejala herpes kelamin yang berulang akan lebih cenderung lebih ringan dan memiliki masa kelangsungan atau penyembuhan yang lebih cepat dari sebelumnya.

Jika Gejala Herpes Kelamin Terus Terjadi

Setelah gejala awal yang sembuh, kemungkinan gejala tambahan atau ulangan memang dapat terjadi pada beberapa orang untuk jangka waktu yang cukup lama. Dimana kondisi ini akan lebih sering dirasakan pada orang-orang dengan tingkat kekebalan tubuh yang lemah atau memiliki kondisi-kondisi yang bisa berisiko terhadap infeksi berulang.

Gejala asimtomatik juga bisa berlangsung dalam jangka panjang ketika Anda masih mengembangkan keluhan herpes kelamin tanpa adanya tindakan perawatan atau pengobatan yang tepat. Jika semakin sering gejala terjadi maka hal ini dapat memandakan adanya kondisi yang serius pada sistem tubuh Anda. Ada banyak faktor yang dapat menjadi pemicu aktifnya kembali HSV, baik faktor internal maupun faktor eksternal dari tubuh Anda sendiri.

Segera kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis pasti dari keluhan dengan melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara langsung. Klinik Utama Gracia dapat menjadi solusi untuk kebutuhan medis Anda dalam mengatasi keluhan herpes kelamin Anda. Teledokter kami di nomor 081336361555 secara langsung untuk informasi dan konsultasi yang Anda butuhkan dengan dokter-dokter ahli kami sekarang!

Baca Juga: Ciri Ciri Herpes Kelamin Dan Cara Mengobatinya

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan