• Klinik Utama Gracia adalah klinik terpercaya di Jakarta
Klinik Utama Gracia fasilitas medis telephone

Ketahui, Penyebab Dan Gejala HPV Yang Jarang Di Ketahui

Ketahui, Penyebab Dan Gejala HPV Yang Jarang Di Ketahui
Nilai Rata-rata: 9.0 / 10 (4 orang penilai )



Sebenarnya, apa saja gejala hpv dan apa saja penyebabnya? Sebelum itu, apakah Anda mengetahui apa itu penyakit hpv dan apakah ini penyakit yang berbahaya? Berikut ini informasinya untuk Anda dan segera periksakan diri Anda dengan dokter jika mengalami gejala.

HPV Jenis Penyakit Kelamin Mematikan

Ketahui terlebih dahulu bahwa hpv adalah sebuah singkatan yang berarti human papillomavirus. Ini merupakan jenis virus yang memiliki ratusan jenis virus dan mengakibatkan banyak penyakit yang berbahaya dan salah satunya, yaitu kutil kelamin.

Virus HPV akan menyerang tubuh dan bertahan lama di dalam tubuh penderitanya tanpa menunjukkan gejala apapun. Kondisi seperti ini yang menyebabkan banyak dari mereka yang terinfeksi tidak menyadari bahwa sedang terinfeksi penyakit berbahaya. Ada dua jenis penyakit yang sangat umum disebabkan oleh hpv diantaranya kutil kelamin dan kanker serviks.

Inilah Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus HPV

Kutil kelamin adalah jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh hpv tipe 6 dan 11. Penyakit ini dapat menyerang pria dan wanita dari berbagai macam usia dan biasanya mereka yang sudah aktif melakukan hubungan seksual memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita penyakit ini.

Ini merupakan jenis penyakit kelamin menular seksual yang sangat umum terjadi, namun banyak penderita yang tidak mengetahui gejala hpv dan tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi virus yang mengakibatkan penyakit berbahaya ini. Anda harus waspada dengan gejala hpv dan segala risiko yang dapat meningkatkan Anda untuk terinfeksi penyakit ini.

Faktor Dan Risiko Terinfeksi Virus HPV

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hpv merupakan virus yang menjadi penyebab penyakit kutil kelamin. Jika Anda aktif dalam melakukan hubungan seksual yang tidak aman, seperti memiliki banyak pasangan seksual dan sering berganti-ganti pasangan seks, maka Anda memiliki risiko yang sangat tinggi untuk terinfeksi penyakit ini.

Selain itu, Anda akan meningkatkan risiko infeksi, jika melakukan hubungan seks dengan pasangan yang memiliki pertumbuhan kutil di kelamin. Berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman atau kondom dengan pasangan yang tidak diketahui riwayat seksnya, dapat menularkan infeksi menular yang di deritanya dan Anda berisiko untuk tertular penyakit kelamin.

Ketahui, Inilah Gejala HPV yang Menyebabkan Kutil Kelamin

Virus hpv yang menyebabkan penyakit kutil kelamin akan ditandai dengan beberapa gejala seperti berikut ini, di antaranya:

Muncul Benjolan Daging, penderita kutil kelamin akan ditandai dengan gejala hpv yaitu munculnya benjolan daging berukuran kecil di area kelamin. Benjolan ini dikenal dengan sebutan kutil yang berada di area kelamin. Kutil akan ditemui pada area batang penis, pangkal paha, dan sekitar dubur. Sementara pada wanita, kutil dapat ditemui pada vagina, pangkal paha, dubur, bahkan di area organ reproduksi bagian dalam, yaitu serviks.

Bengkak Dan Gatal, selain pertumbuhan kutil gejala hpv akan disertai dengan rasa gatal dan bengkak pada area kelamin. Seringnya rasa gatal ini muncul disekitar pertumbuhan kutil dan bengkak biasanya di alami akibat benjolan daging yang mungkin meradang.

Gangguan Berkemih, pada beberapa kasus penderita kutil kelamin akan mengalami gangguan saat buang air kecil, seperti terasa sakit dan nyeri ketika buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh kutil yang tumbuh pada area saluran kencing sehingga mengakibatkan rasa sakit yang sangat menyiksa.

Pendarahan, wanita yang menderita penyakit kutil kelamin, akan mengalami pendarahan ketika melakukan hubungan seksual. Biasanya, hal ini terjadi akibat gesekan yang terjadi antara kelamin dengan kutil saat melakukan penetrasi.

Namun, tidak sedikit penderita kutil kelamin yang menyadari gejala penyakit ini, sehingga mereka tidak sadar dan membiarkan kondisi ini terus berlarut hingga mengakibatkan komplikasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan kelaminnya.

Lalu, Apakah Kutil Kelamin Dapat Di Cegah Dan Di Obati?

Penyakit kutil kelamin dapat dicegah penularannya dengan cara menjaga aktivitas seksual agar tetap sehat. Bagi Anda, pria maupun wanita yang aktif dalam hubungan seksual sebaiknya melakukan hubungan intim hanya dengan satu pasangan seks yang bebas dari infeksi menular jenis apapun.

Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penularan infeksi dari satu pasangan ke pasangan lain yang mengakibatkan Anda untuk memiliki penyakit kelamin. Gunakan, kondom sebagai pengaman saat Anda berhubungan seksual dengan pasangan yang baru Anda kenal dan tidak diketahui riwayat seksnya. Kondom dipercaya sebagai salah satu bentuk kecil dalam mencegah penularan infeksi.

Untuk mengobati penyakit kutil kelamin, sebaiknya lakukan dengan bantuan dokter. Saat ini banyak penderita penyakit kelamin yang memilih pengobatan instan demi mendapatkan hasil yang cepat. Namun, mereka tidak mengetahui efek samping dari tindakan pengobatan yang penuh risiko tersebut.

Nah, itulah beberapa informasi mengenaik penyebab dan gejala hpv yang mengakibatkan penyakit kutil kelamin. Jika Anda memiliki pertumbuhan kutil kelamin sebaiknya konsultasikan diri Anda dengan dokter Klinik Utama Gracia. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui tingkat keparahan penyakit dan mengetahui kondisi Anda untuk memberikan tindakan pengobatan yang tepat.

Baca Juga : Gejala Awal Kutil Kelamin Yang Jarang Di Ketahui

Panduan Penting

Setiap artikel atau tips yang kami sediakan di website klinikutama.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.
Konsultasikan kondisi medis yang anda alami dengan dokter yang profesional dan punya pengalaman, agar kesehatan anda bisa terpantau dengan baik.

close
Daftar Online

Silahkan isi form untuk pendaftaran pemeriksaan